CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
CFD Kembali Ditiadakan Setelah Banyak Dikritik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef2c2a5e83c722213155a9f/cfd-kembali-ditiadakan-setelah-banyak-dikritik

CFD Kembali Ditiadakan Setelah Banyak Dikritik

CFD Kembali Ditiadakan Setelah Banyak Dikritik


Setelah tiga bulan ditiadakan, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) diadakan kembali pekan lalu. Namun usai menimbulkan banyak kritik, CFD diputuskan untuk kembali ditiadakan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membenarkan keputusan untuk meniadakan kembali CFD.

"Benar, HBKB Sudirman-Thamrin ditiadakan," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Rabu (24/6/2020).

Belakangan gelaran CFD memang menuai banyak polemik karena kerumunan yang dihasilkan. Syafrin sendiri mengatakan 40 ribu orang langsung memadati kawasan itu.

Para peserta CFD itu terdiri dari para pejalan kaki dan pesepeda. Meski pejalan kaki masih lebih banyak, jumlah pengendara sepeda meningkat drastis.

"21.200 jalan kaki masuk tentu ada beberapa juga yang mereka keluar dari gedung gedung sekitarnya itu tidak identifikasi kemudian sepeda sekitar 18.800 (orang)," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Selasa (23/6/2020).

Jumlah ini diperkirakan masih lebih banyak lagi. Sebab, terdapat banyak warga yang memang tidak terdata saat mengikuti CFD.

Selama penerapannya di hari pertama, Syafrin mengakui masih ada sejumlah pelanggaran aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terjadi. Mulai dari tak menggunakan masker, berkerumun, dan lainnya.

"Kan kita mengimbau untuk warga tidak membawa anak kecil, ibu hamil, lansia orang usia lanjut yang di atas 60 tahun, untuk saat itu kemarin ada beraktivitas di HBKB, tapi masih ditemukan beberapa pelanggaran itu," jelasnya.

Selain itu, ada juga temuan lima orang reaktif terjangkit corona Covid-19 meski belakangan setelah dites swab negatif saat CFD. Segala pelanggaran dan bentuk potensi penularan akan dievaluasi untuk pelaksanaan selanjutnya.

"Itu bakal kami lakukan evaluasi untuk hari ini kita akan laporkan akan laporkan ke ketua gugus tugas sebagai dasar pengambilan kebijakan ke depan," pungkasnya.


SUMUR:
https://www.suara.com/news/2020/06/2...anyak-dikritik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yosrio.id dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6

Ada Warga Reaktif Covid Saat CFD, Pemprov: Bukan Hanya Warga DKI yang Hadir

CFD Kembali Ditiadakan Setelah Banyak Dikritik


Temuan lima orang reaktif Covid-19 usai mengikuti tes cepat atau rapid test saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) menjadi sorotan. Lantaran aktivitas tersebut mendatangkan banyak orang di satu tempat saat merebaknya Virus Corona.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menilai, jika ada potensi penularan Virus Corona, penyebabnya karena banyaknya warga yang bukan berasal dari Jakarta datang ke CFD.

"Kita tahu bahwa CFD itu bukan hanya warga DKI saja yang hadir. Beberapa memastikan ke saya bahwa warga sekitar DKI pun hadir," ujar Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/6/2020).

Karena itu, ia menyatakan akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah lain sekitar Jakarta yang warganya masih datang ke CFD.

"Kami tentunya harus bekerja sama berkoordinasi dengan wilayah lain," jelasnya.

Saat itu, Widyastuti mengaku masih belum mengetahui hasil swab test terhadap lima orang yang reaktif itu. Ia masih menunggu hasil pemeriksaannya untuk mengambil tindakan.

"Saya belum dapat laporan secara utuh karena ini di bawah koordinasi teman-teman Polri. Kami kerja sama. tapi sedang dalam proses," pungkasnya.

Kekinian, Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Brigjen Pol Rusdiyanto menyampaikan, hasil tes swab terhadap lima warga yang sempat dinyatakan reaktif Covid-19 saat hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) pada Minggu (21/6/2020) telah keluar. Hasilnya, kelima orang tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

Rusdiyanto mengatakan, kelima warga tersebut telah melakukan uji swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) di RS Polri Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Alhamdulillah, kemarin dirapid 600 orang, yang reaktif lima orang, lanjut di (tes) swab dengan PCR di RS Polri Sukanto dan hasilnya negatif semua," kata Rusdiyanto saat dikonfirmasi, Senin (22/6/2020).


SUMUR:
https://www.suara.com/news/2020/06/2...dki-yang-hadir
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan topantita memberi reputasi
Diubah oleh Update.Berita

Dinamika Ramainya CFD Jakarta: Anak Ikut Serta, Pemerintah Pasang Mata

CFD Kembali Ditiadakan Setelah Banyak Dikritik


Car free day (CFD) pertama di Jakarta setelah sekitar 3 bulan ditiadakan menunjukkan dinamika. Ramainya CFD yang berlangsung tanpa protokol jaga jarak menjadi sorotan pemerintah.

Di awal, Pemprov DKI Jakarta menerapkan aturan berupa pedagang belum boleh berjualan hingga anak-anak di bawah usia 9 tahun dilarang diajak. Ada pula kebijakan untuk memisahkan jalur untuk pesepeda, pelari, dan pejalan kaki.

Sejak pagi, kawasan Bundaran HI dipenuhi warga. Petugas gabungan dari kepolisian, dinas perhubungan dan satpol PP berjaga di lokasi. Mereka sesekali menertibkan dan memberikan peringatan jika ada warga yang kedapatan ke luar jalurnya.

Ternyata, ada pula warga yang masih mengajak anak di bawah usia 9 tahun ke CFD. Warga itu pun kemudian diminta pulang.

Selama CFD, warga seharusnya selalu memakai masker. Tapi, tetap saja ada yang melanggar. Akhirnya mereka diberi sanksi sosial berupa menyapu jalan.


Kata Pemprov DKI
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya akan menyiapkan regulasi terkait warga yang membawa anak di bawah 9 tahun untuk berolahraga di car free day (CFD). Hal ini didasarkan adanya temuan warga yang nekat membawa anaknya meski sudah ada pelarangan.

"Ya tentu kita akan coba pikirkan untuk regulasi ke depannya," kata Syafrin.

Syafrin menyebut pihaknya sudah berulang kali mengimbau dan melarang warga untuk membawa anak di usia 9 tahun ke bawah. Mengingat, kata Syafrin, anak-anak usia tersebut masuk kategori rentan terhadap penularan virus Corona (COVID-19).

"Ya memang dipahami bahwa kami juga sudah mengimbau dan melakukan pelarangan terhadap warga yang tetap membawa anak kecil, Tapi ada juga satu, dua yang lolos dan tentu kembali lagi pada saat ini kami mengimbau pada warga yang akan beraktivitas di HBKB agar tidak membawa anak kecil," ucapnya.


Pemerintah Pasang Mata
Pemerintah pusat ternyata mengamati ramainya CFD di Jakarta kemarin. Berdasarkan hasil pemantauan, ada warga yang melupakan physycal distancing atau jaga jarak.

"Hari ini kami melakukan pemantauan di beberapa tempat seperti pelaksanaan car free day di Jakarta, masih kita lihat beberapa masyarakat lupa bahwa physical distancing penting," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto lewat kanal Youtube BNPB, Minggu (21/6/2020).

Yurianto meminta hal ini menjadi evaluasi. Lagi-lagi, dia mengingatkan pentingnya menjaga jarak di mana pun kita berada.

"Ini kami mohon jadi evaluasi kita bersama. Physical distancing, menjaga jarak adalah sesuatu yang mutlak kita laksanakan," ungkapnya.


CFD Diminta Dievaluasi
Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta meminta Pemprov DKI mengevaluasi gelaran car free day (CFD) yang kembali diberlakukan lagi hari ini. NasDem menilai masih adanya permasalahan dalam gelaran CFD.

Permasalahan yang dimaksud yakni terkait physical distancing atau jaga jarak. Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino yang pagi ini turun langsung ke lokasi CFD menemukan masih banyaknya masyarakat yang tak jaga jarak.

"NasDem meminta Pemprov DKI segera melakukan evaluasi dan penyempurnaan dan pengetatan agar CFD berikutnya bisa aman dan sehat untuk warga DKI," kata Wibi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/6/2020).


SUMUR:
https://news.detik.com/berita/d-5062...-pasang-mata/2
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Diubah oleh Update.Berita
CFD Kembali Ditiadakan Setelah Banyak Dikritik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
CFD Kembali Ditiadakan Setelah Banyak Dikritik
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan eggnostick memberi reputasi
Tentu pemimpin yg baik harus bisa mendengarkan kritik dan saran apalagi kritik dan saran tersebut membangun.

Pemimpin yg baik juga menerima semua suara masyarakat yg baik maupun buruk tanpa memberikan sanksi pidana.

Kita semua tahu bahwa bapak anies baswedan bekerja untuk kebaikan seluruh masyarakat DKI Jakarta tanpa melihat suku, ras, agama dan budaya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gasmal dan 5 lainnya memberi reputasi
Goodbenernya macam mukidi plonga plongo emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
lebih baik CFD memang ditiadakan dulu, sebab kegiatan itu malah ngumpulin orang, jumlah kasus positif corona juga masih meningkat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Berarti kemaren uji coba dgn mwngorbankan rakyat emoticon-Najis


Take beeremoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
hahahahahahaha, ironis
d batalkan krn d kritik,bkn krn kena covid semua, kok ngambekan
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Bodo amat. Yg fenting seimin. Maju kotanya kena corona warganya emoticon-Imlek
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Ya Allah gusti.. negoroku kok isine guyonan tok yo... Paringono sabar -_-
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan nowbitool memberi reputasi
blm pernah ngerasain yg namanya cfd emoticon-Ngakak

TinggL didaerah emang cfd tiap hari emoticon-Ngakak
profile-picture
yurikaede memberi reputasi
Lah yg ngebolehin sopo?

Di luar sana new normal tapi tetap membatasi kebijakan soal kerumunan... (klo gak salah)
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
nah ini keputusan yy benar, patut diapresiasi gan walau mgkn kmaren sempet diadakan
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Takut kritik darimana datangnya?emoticon-Smilie
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
jadi sekarang ini sudah new normal apa belum? kadang gw bingung ama aturan dari pemerintah. gw sendiri dari januari #dirumahaja karena males kena masalah belum lagi yang macet sekarang ga cuma jalanan tapi mau masuk toko juga macet karena antri panjang cek suhu badan. mana pelanggan lapak gw banyak yang pulang kampung karena phk sebelum lebaran kemarin. pusing.😭
Lihat 3 balasan
hayoo ngaku siapa warga kaskus yg minggu kemaren cfd anemoticon-Malu
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Lihat 2 balasan
CFD ditiadakan dulu, kegiatan kegiatan yang mengumpulkan orang lain emng harus di setop dulu
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan Sleipnir9 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waww 40ribu orang emoticon-Ngakak (S)
Pantesan kemaren ada lonjakan rekor harian baru lagi emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di