CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perjalanan John Paul Ivan Menjadi Mualaf
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef2b4648d9b171dfd058a20/perjalanan-john-paul-ivan-menjadi-mualaf

Perjalanan John Paul Ivan Menjadi Mualaf



Perjalanan John Paul Ivan Menjadi Mualaf
Perjalanan John Paul Ivan Menjadi Mualaf
Foto: Muhammad Hafil / Republika



John Paul Ivan memutuskan menjadi mualaf pada 2006.


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama John Paul Ivan tak sudah tak asing di kalangan para pemusik. Khususnya musik rock.

Dia adalah musisi dan gitaris yang telah puluhan tahun berkecimpung di industri musik Tanah Air. Dia pernah bergabung dengan grup band beraliran rock, Boomerang dan menelurkan sejumlah album sejak 1994-2005.

Kemudian, dia juga pernah bergabung dengan band U9 pada tahun 2000-an dan mengeluarkan album solo gitarnya. Sekarang, dia bergabung dengan band beraliran rock bernama Take Over Band.

Penampilannya sebagai rocker sangat kentara. Tubuh kurus jangkung serta rambut gondrong dan berkacamata. Aksinya di panggung juga menunjukkan ciri khasnya sebagai rocker.

Namun, di balik gaya rockernya itu, John Paul Ivan, akrab disapa Ivan, pernah mengalami pencarian spiritual. Pada 2005, saat dia menyatakan keluar dari band Boomerang, dia memiliki banyak waktu yang luang.

Hal itu dimanfaatkannya untuk banyak mencari tahu dengan agama. Walaupun, pada saat itu sebenarnya Ivan juga seorang penganut agama sebelumnya yang taat.

Tetapi, Ivan ingin belajar lebih dalam lagi tentang agama. Hal itulah yang menurutnya harus menjadi dasarnya dalam menganut sebuah agama.

"Saya mulai tertarik cari tahu tentang agama. Ada keinginan untuk cari tahu. Karena saya beragama harus tahu asal usulny," kata Ivan kepada Republika, Selasa (23/6).

Ivan kemudian kembali membaca kitab suci agama yang dianutnya saat itu. Kemudian, sebagai pembanding, dia juga membeli kitab suci Alquran, membaca, dan mempelajarinya.

Tak hanya kitab suci, Ivan juga membeli buku-buku tentang agama. Salah satunya adalah buku yang dikarang oleh Ahmad Deedat.

Selanjutnya, Ivan juga kembali datang ke rumah ibadah agamanya yang terdahulu. Di sana, dia mempelajari lagi tentang konsep ketuhanan di agama itu.

Namun, menurutnya hal itu tidak masuk logika. Misalnya, ada konsep yang diyakini oleh ajaran agama itu bahwa yang diyakini sebagai Tuhan, tetapi ketika akan meninggal, dia berdoa dulu kepada Tuhan di atasnya.

"Jadi, ini tidak bisa dianggap Tuhan," kata Ivan.

Setelah mantap bahwa dalam ajaran Islam yang mengajarkan tauhid, hanya Allah satu-satunya Tuhan yang Esa, Ivan memutuskan untuk menjadi mualaf.  Pada 2006, dia datang sendiri ke Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, untuk menyatakan keislamannya.

Setelah itu, Ivan belajar ajaran-ajaran Islam. Di antaranya, yang berhubungan dengan tata cara ibadah, seperti sholat.

Ivan mengaku, sampai saat ini dirinya mantap dengan keislamannya. Salah satu caranya adalah dengan selalu melaksanakan sholat.

Dalam sholat itu, Ivan selalu berharap dan berdoa kepada Allah. Apalagi, jika dirinya memiliki sebuah permohonan.

"Saya sholat, dan benar-benar minta tolong dan berdoa. Banyak yang dijawab oleh Allah," kata Ivan.

Selain itu, Ivan juga bersyukur menjadi mualaf dan pernah menjadi penganut agama sebelumnya. Hal ini membuatnya lebih tahu dengan sejarah agama-agama dan dia punya alasan kuat memeluk Islam, sebagai agama yang diyakininya sempurna.


source: https://republika.co.id/berita/qceij...menjadi-mualaf

Alhamdulillah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
anon009 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ivan juga membeli buku-buku tentang agama. Salah satunya adalah buku yang dikarang oleh Ahmad Deedat.

ahmed deedat yg menantang, akhirnya struk 9 thn gak bisa gerak, cuma matanya yg bisa gerak

Quote:


@auto.debus666 mati syahid, kapan tahlilan ? @kepala.kombed

nampak bana wa ang tu urang minang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qwerty25 dan 2 lainnya memberi reputasi
mana foto nya setelah mualaf?
profile-picture
profile-picture
Nibrashilmy2 dan entop memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kenapa ya setelah pindah Agama
Rata2 karirnya jadi redup
Wajahnya juga gak bercahaya lagi

Ini jadi pertanyaan besar buat ane

emoticon-No Hope
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 2 balasan
belum jd ustad ya
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Sapa ya?? emoticon-Bingung
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
Lagi-lagi berita dari republika. Kenapa tuh media sering ngangkat tema mualaf ya?

emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Yang penting asal tidak jadi bomber
emoticon-Ultah
semoga istiqomah dalam agama pilihannya, Ane beragama warisan orang tua, cuman sempet juga ada pencarian spiritual, ya balik-balik lagi cocok nya sama agama warisan orang tua hehe
profile-picture
eckosz memberi reputasi
ahmad ivan namanyaa yaa....haha...

gak perlu digantii gpp bro
Ya masalah agama mah emang masalah masing-masing dah ya.. emoticon-Smilie
menjadi mualaf atau berpindah ke agama manapun tidak masalah. Perjalanan spiritual masing2 orang tentang agama dan keyakinan adalah hal yang sangat pribadi dan hak setiap orang Indonesia.

Yang penting beliau tidak menjelek2 an agama lain atau agama yang dianut sebelumnya.
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan gigbuupz memberi reputasi
sudah lewat brp hari? sudah ad yg nawarin 100M atau 200M utk balik ke agama yg lalu?, atau lgs dibully dipaksa kembali ke agama yg lalu? emoticon-Mad
faedahnya apaan? emoticon-Smilie
biarkan mereka menemukan alur yang seharusnya sebagaimana air mengalir dari hulu ke hilir...santai saja. tak perlu dipaksa, diancam, dan intimidasi atau dengan ceramah bernada keras.

emoticon-2 Jempol
jadi mualap yang benar ya
jangan seperti mualap yang ngaku lulusan s3 vatikan and mualap yang ngaku disogok duit puluhan miliar
Karena teknologi komunikasi semakin berkembang, jumlah murtadin meningkat, jumlah atheist meningkat, jumlah mualaf meningkat, jadi siapa sebenarnya yang makin banyak?
Lihat 1 balasan
bahas ginian bagaikan KUCING sama BEBEK berantem
kagak nyambung

gak usah maksain ato bangga2in kucing utk jadi bebek ato bebek utk jadi kucing.
kalo itu membuat dia menjadi lebih baik dari sebelumnya, kenapa tidak.

Dahulu saya juga punya pertanyaan yang sama seperti mas Ivan. Tetapi saya tidak mencari tahu ke christian prince atau zakir naik.

Saya baca bible dalam berbagai versinya, versi LXX, versi masoratic, versi ethopia, versi syria aramaic. Terakhir versi gua qumram, baik dari terjemahan ibrani, english, old english, greek, dan Indonesia.

begitu juga kitab budha, hindu, zen, konghucu, tao.

untuk Islam, saya pelajari di quran.com dengan berbagai translation baik ke inggris ataupun indonesia, berbagai versi juga misalnya sahih international.

termasuk juga atheist.

Ini terjadi selama periode 2000 sd 2019. Hampir 19 tahun saya setiap malam mempelajari itu, bayangkan berapa quota internet yang terbuang.
______________________________________

Selebihnya saya melihat pendapat arkeolog2 baik versi arkeolog kristen maupun atheist.

Maaf sebelumnya, dari semua agama, hanya bible yang
bisa memenuhi 3 syarat arkeologi ini:

When + Where + Who
LOKASI + WAKTU + TOKOH

LOKASI bible semua ada penemuan arkeologinya baik penemuan oleh arkeolog Muslim, Yahudi, Atheist. dan Kristen. lokasi tersebut tepat 100% sesuai apa yang dideskripsikan di bible.

WAKTU bible semua sesuai penemuan arkeologinya baik penemuan oleh arkeolog Muslim, Yahudi, Atheist. dan Kristen.

TOKOH bible semua sesuai penemuan arkeologinya baik penemuan oleh arkeolog Muslim, Yahudi, Atheist. dan Kristen.

asal tahu saja, kisah penyaliban Mr.J ditemukan di lenih banyak referensi sejarah yang ditulis bukan hanya oleh penganut Kristen tetapi oleh para lawannya misalnya penulis sejarah Yahudi dan Romawi. Kisah Mr J lebih memiliki banyak referensi bahkan dibanding dengan kisah Julius Caesar sendiri.

Dengan bukti-bukti arkeologi dan torah milik orang yahudi serta penemuan2 bible versi lain seperti scroll di gua qumran maka bisa dipastikan bible memang benar dan valid.

_______________________________________

PERTANYAAN PERTAMA:
Sebutan Tuhan di alkitab Indonesia, tetapi kenapa di kitab english hanya Lord??
Ternyata, versi orang bule, Mr.J itu Lord, atau semacam tuan/raja.
berbeda dengan kamus bahasa Indonesia yang menaruh kata Tuhan equal dengan kata Allah tetapi ada juga kata Dewa, Dewata, Mahadewa.

PERTANYAAN KEDUA:
Kalau Mr.J bukan "Allah" maka siapakah dia?
pertanyaan ini kalau ditanyakan kepada Kristen yang belum memahami, pasti menganggap dia bukan "Allah" tetapi bagi yang sudah diberi pemahaman oleh "Yang Maha Kuasa" maka pasti akan menyadari bahwa Mr.J ini adalah "Firman Allah.", yang berarti masih satu dengan Allah itu sendiri.

1Yoh 4:2  Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus TELAH DATANG SEBAGAI MANUSIA, berasal dari Allah, 

Definisi "sebagai manusia" berarti Mr. J sebelumnya bukan manusia.

PERTANYAAN KETIGA:
Jadi apakah Kristen agama polytheist?
Dalam Kristen diyakini hanya ada satu Pencipta alam semesta, dia disebut BAPA. BAPA yang sama inilah yang mengutus Mr.J untuk menjadi "Allah" di dunia HANYA bagi pengikut2nya saja.
Begitu besar Allah ini sehingga dia mampu menciptakan dan mengangkat seseorang menjadi Tuhan. Ini dibuktikan di kitab keluaran:

Exo 7:1  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu. 

PERTANYAAN KEEMPAT:
Jadi kenapa Kristen menyembah Mr.J?
Ini karena Mr.J sendiri adalah Firman Allah, dan mr J sendiri memberi kesaksian bahwa dia adalah satu dengan Allah Bapa, tetapi mr J tetap berada dibawah Allah Bapa. Disini kehendak Allah Bapa adalah menjadikan mr J sebagai iman besar dan sekaligus korban penebus sehingga tradisi telah dilakukan untuk selamanya dimana tidak perlu lagi melakukan tradisi penebusan dosa seperti perintah Musa.
Ini berarti hubungan Allah Bapa dan manusia pendosa yang dulu putus jaman Adam dan Hawa telah terjalin kembali melalui MR.J. Melauli mr.J, yang percaya kepada mr.J sebagai raja dan mesias akan mendapat apat kesempatan membina hubungan kembali dengan Allah yang Maha Tinggi, karena Allah itu kudus dan manusia itu tidak kudus tetapi melalui penebusan mr.J, maka manusia menjadi kudus dan mendapat kesempatan menyembah Allah yang Maha Tinggi dalah kekudusan.

Joh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 
Joh 1:2  Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 
Joh 1:3  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. 
Joh 1:4  Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. 
Joh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. 
Joh 1:14  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Joh 1:18  Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. 

Mat 10:32  Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga. 
Mat 10:33  Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga." 

Joh 20:17  Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu." 

Luk_10:22  Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak ada seorangpun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu."

Joh_5:21  Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.

Joh_5:22  Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,

Joh_5:23  supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.

Joh_6:40  Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

Joh_6:44  Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

__________________________________________


sementara tentang agama islam, masih banyak pertanyaan seperti yang dikemukakan Jay Smith:



Salah satu pertanyaan Jay Smith:
1. Penyebutan kata mecca hanya satu kali dalam quran, sementara kata yang sring diucapkan untuk referensi masjid adalah kata "bakkah" sebagai masjid pertama. (posisi video di 1:10:00)

2. Lokasi mecca disebutkan berarda di sebuah lembah, ada aliran sungai, ada reruntuhan dan tiang garam, ada ladang, ada pepohonan, ada buah-buahan, ada pohon zaitun, ada gunung. Sementara lokasi mecca yang sekarang berbeda.

3. Kiblat mengalami perubahan arah, arah awal ke arah kota petra, sementara kiblat berikutnya ke arah mecca. ini ada masjid di medina yang terkenal sebagai masjid dua kiblat. di berbagai negara juga ditemukan arah kiblat mengarah ke kota petra. (Posisi video di 1:35:00)

2. Ada 65 lokasi sesuai namanya di quran dan semuanya 600miles terlalu jauh ke utara dari lokasi yang diyakini sekarang sebagai mecca. Sementara di injil Lukas saja, ada 110 lokasi dan smeunya berada sesuai lokasi sekarang.

Mohon maaf sebelumnya.





profile-picture
pamungkasratih memberi reputasi
Diubah oleh c4tboo
Lihat 1 balasan
Boomerang yang ane ingat cuman vokalisnya doang : si Roy Jeconiah.emoticon-Big Grin

Soal agama, itu mah urusan pribadi si John Paul-lah,

Peace bro!emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di