CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Hati – hati, Penggunaan Tear Off Pada Helm Harian Ternyata Bahaya Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef1eb9a4601cf3b456228c2/hati--hati-penggunaan-tear-off-pada-helm-harian-ternyata-bahaya-gan

Hati – hati, Penggunaan Tear Off Pada Helm Harian Ternyata Bahaya Gan!


Belakangan ini helm bukan hanya sebagai alat pelindung diri ketika berkendara, tetapi sekarang sudah menjadi tren bahkan menunjang penampilan pengendaranya. Nah, berbagai aksesori helm banyak dijajakan oleh pedagang untuk mendongkrak tampilannya, salah satunya adalah tear off. Tear off pada helm sejatinya digunakan oleh pebalap untuk melindungi visor dari debu dan kerikil. Tujuannya untuk mencegah visor lecet atau kotor yang bisa mengganggu visibilitas pebalap.

Hati – hati, Penggunaan Tear Off Pada Helm Harian Ternyata Bahaya Gan!

Berbeda dengan pebalap, pengendara biasa menggunakan piranti ini pada helm harian. Mereka menggunakan ini karena ingin terlihat lebih gaya. Padahal jika dilihat lebih detil lagi, penggunaan tear off untuk helm harian sangat tidak direkomendasikan. Pada siang hari, dampak penggunaan tear off mungkin gak terlalu berasa, tapi kalau pas malam hari, biasanya akan menyebabkan pandangan ke depan bias.

Bias ini dikarenakan adanya lecet pada permukaan depan visor. Pemasangan atau kualitas tear off yang buruk akan membuat banyak debu dan kotoran mengendap di sela-sela antara visor dan tear off. Satu hal lagi yang salah dari penggunaan tear off, pemilik helm gak pernah mengganti tear off. Mereka hanya membersihkan tear off jika kotor.

Ketika digunakan untuk balap profesional, pemasangan tear roff biasanya terdiri dari 5 lapis. Jadi, ketika tear off paling depan kotor pebalap tinggal melepas dan otomatis pandangan kembali bagus. Visibilitas yang minim ketika berkendara bisa memicu terjadinya kecelakaan. Apalagi jika kualitas dan warna tear off tidak sesuai standar penggunaan.

Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk hindari penggunaan tear off yang gak sesuai dengan kondisi penggunaannya. Jika helm digunakan untuk harian, lebih baik tetap biarkan helm dalam kondisi standar.


profile-picture
profile-picture
fergusonredarmy dan davecchio memberi reputasi
pasang gorilla glass aja
profile-picture
gpandita memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pasang Anti crack sekalian
pasang wiper saja emoticon-Big Grin
Kalau harian, apakah butuh tear off? Lagian, lgs dibuat, jadi nyampah
Kalo disini mah kan gaya no.1 lainnya mah no.10
profile-picture
jenggalasunyi memberi reputasi
bagus juga sih sebenernya biar visor jadi agak awetan dikit.. tapi kalo pembalap gitu kan modalnya gede, pasti perawatannya juga lebih teliti hehehe emoticon-Toast
haklah lecet beli lagi gan wkwkwkw
Ga usah pake visor
buat sampah aja kecuali pas berhenti di warung baru di lepas lalu di buang sih ga masalah
menggunakan yang SNI aja gan lebih aman
Baru tau ada beginian, lagian kalo emg pemakaian di malam hari itu mengganggu kenapa pada nekat pake sih. Mungkin yg pada pake lebih lindungin kaca helmnya biar gak gores kena debu ato kerikil ya, cuman kalo tujuannya hanya untuk dongkrak tampilan.. yaelaaa emoticon-Cape d... (S)
menurut ane yg pake ginian gk guna buat harian, apalagi yg pake tear off itu kebanyakan yg pake helm INK CLMAX, NHK RX biar keliatan keren, padahal yg punya helm harga jutaan aja kgk gitu, malah keliatan NORAK pake gituan ahahah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di