CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Nutrisi yang Dibutuhkan Saat Melawan Virus Berbahaya Seperti Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef1d2d8337f93549418adaa/nutrisi-yang-dibutuhkan-saat-melawan-virus-berbahaya-seperti-covid-19

Nutrisi yang Dibutuhkan Saat Melawan Virus Berbahaya Seperti Covid-19

Halo gan, giman nih keadaannya? Masih sehat secara fisik dan jiwa kan? Aku yakin agan mengharapkan selalu sehat ya apalagi demi kebaikan bersama. Gak mau kan orang sekitar kita terdampak penyakit serius? Kalau gitu, yuk mulai dari sekarang menjaga daya tahan tubuh kita. Salah satu cara menjaga tubuh tetap prima adalah mengetahui nutrisi apa saja yang di butuhkan di tubuh kita, dan makanan apa saja yang bisa kita konsumsi. Untuk itu simak artikel di bawah ini ya gan! Jangan lupa cendolnya! 

Nutrisi untuk tubuh yang primaNutrisi yang Dibutuhkan Saat Melawan Virus Berbahaya Seperti Covid-19

Nutrisi yang Dibutuhkan Saat Melawan Virus Berbahaya Seperti Covid-19
Suplemen

Faktanya mengonsumsi vitamin, mineral, atau suplemen lain membantu melindungi Anda dari COVID-19. Hal ini tentu saja dapat di pahami banyak orang belakangan ini. Maka sebab itu aku bakalan kasih agan info tentang suplemen tertentu yang dilaporkan memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C

Selama beberapa dekade, Vitamin C telah digunakan untuk membantu mencegah flu biasa. Di antara fungsi-fungsi lain, vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit yang menyediakan penghalang bagi kuman dan penyerbu berbahaya lainnya. Selain itu, beberapa - tetapi tidak semua - studi menunjukkan itu dapat meningkatkan fungsi sel darah putih tertentu yang melawan infeksi.9 Selain itu, ada bukti yang bertentangan tentang manfaat kematian potensial dari vitamin C dosis tinggi untuk pasien dengan sepsis, yang paling bentuk infeksi sistemik yang parah.10

Meskipun tidak jelas apakah mengonsumsi suplemen Vitamin C bermanfaat untuk COVID-19, bagi sebagian besar orang, tidak ada salahnya mengonsumsi hingga 2.000 mg per hari (batas atas yang ditetapkan oleh National Academy of Medicine).

Untuk perokok dan individu berisiko tinggi, itu layak dipertimbangkan. Vitamin C larut dalam air, sehingga tubuh Anda akan mengeluarkan apa pun yang tidak Anda butuhkan ke dalam urin Anda. Namun, pada dosis yang sangat tinggi, Vitamin C dapat menyebabkan diare atau meningkatkan risiko batu ginjal (terutama pada pria), jadi pastikan untuk tidak melebihi 2.000 mg setiap hari.

Vitamin D

Baik sebagai hormon dan vitamin, Vitamin D memainkan sejumlah peran penting dalam kesehatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, orang memiliki kebiasan mengonsumsi vitamin D dosis sangat tinggi dengan tujuan meningkatkan imunitas. Tetapi apakah ini taktik yang efektif? Sebuah tinjauan sistematis pada tahun 2017 dari 25 percobaan acak menemukan bahwa mengonsumsi suplemen Vitamin D tampaknya memiliki efek perlindungan ringan terhadap infeksi saluran pernapasan pada kebanyakan orang, tetapi memberikan perlindungan yang lebih besar pada mereka yang sangat kekurangan vitamin D.12

Jika kadar Vitamin D Anda rendah, Anda mungkin memiliki peluang lebih baik untuk tetap sehat jika Anda menambah 2.000 IU per hari (atau lebih, dengan pengawasan medis). Banyak - mungkin bahkan kebanyakan - orang kekurangan vitamin D.13 Jadi mungkin bijaksana untuk mengambil suplemen Vitamin D sekarang, terutama jika Anda berisiko lebih tinggi untuk COVID-19.

Tentu saja, tubuh Anda dapat membuat Vitamin D sendiri ketika kulit Anda terkena sinar matahari, jadi cobalah untuk mendapatkan sinar matahari kapan pun Anda bisa. Berapa banyak matahari tergantung pada waktu tahun dan lokasi Anda. Titik awal yang baik adalah 15 menit paparan ke bagian tubuh yang besar (seperti dada atau punggung). Ingatlah untuk menghindari sengatan matahari, karena paparan sinar matahari yang berlebihan membawa risikonya sendiri.14

Seng

Seng adalah mineral yang terlibat dalam respons sel darah putih terhadap infeksi. Karena itu, orang yang kekurangan seng lebih rentan terhadap flu, virus flu, dan lainnya. Satu meta-analisis dari tujuh percobaan menemukan bahwa suplementasi dengan seng mengurangi panjang flu biasa dengan rata-rata 33% .\

Mengkonsumsi zinc tambahan mungkin merupakan strategi yang baik untuk orang tua dan orang lain yang berisiko tinggi. Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi seng, pastikan untuk tetap di bawah batas atas 40 mg per hari, dan hindari pemberian melalui hidung, karena risiko komplikasi penciuman.16

Kunyit

Kunyit adalah rempah yang biasa digunakan dalam masakan India dan Asia, termasuk kari. Ini mengandung senyawa kuning-cerah yang dikenal sebagai curcumin, yang menurut penelitian baru muncul dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.17 Namun, belum ada bukti meyakinkan yang menunjukkan bahwa itu membantu melawan infeksi virus.

Di sisi lain, menambahkan kunyit ke dalam makanan Anda menambah rasa, dan mengonsumsi suplemen kurkumin tidak akan menyebabkan bahaya pada orang sehat. Jika Anda memiliki kondisi medis - terutama jika Anda menggunakan pengencer darah - tanyakan kepada dokter Anda sebelum menambahkan dengan curcumin.

Echinacea

Echinacea adalah ramuan yang dilaporkan dapat membantu mencegah flu biasa. Tetapi apakah reputasi ini memang pantas? Tinjauan sistematis terbaru dari uji coba acak menemukan bahwa echinacea mungkin memiliki efek perlindungan ringan terhadap infeksi saluran pernapasan atas tetapi tampaknya tidak mengurangi panjang atau beratnya penyakit.18 Meskipun tidak mungkin untuk mengatakan apakah itu mungkin menawarkan perlindungan terhadap COVID -19, tampaknya aman untuk dikonsumsi dalam jangka pendek. Jika Anda berisiko tinggi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya selama beberapa minggu ke depan.

Bawang putih

Bawang putih, ramuan populer dan pedas dengan aroma khas, secara luas diyakini memiliki efek antibakteri dan antivirus, termasuk membantu memerangi flu biasa.

Sebuah uji coba terkontrol secara acak 2014 menemukan bahwa orang yang menggunakan suplemen bawang putih memiliki lebih sedikit pilek dan pulih lebih cepat dari pilek daripada orang yang tidak menggunakan bawang putih.19 Meskipun ini menggembirakan, ini hanya satu studi. Uji coba berkualitas tinggi lainnya diperlukan untuk memastikan apakah bawang putih benar-benar bermanfaat untuk flu biasa atau infeksi saluran pernapasan atas lainnya. Untuk saat ini, nikmati bawang putih karena rasanya yang enak dan aroma yang tidak diragukan daripada mengandalkannya untuk meningkatkan kekebalan Anda selama pandemi coronavirus.


Nutrisi

Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian
Mendapatkan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian adalah rekomendasi umum yang terlihat di banyak situs, tetapi bukti tidak meyakinkan jika itu benar-benar membantu. Dalam sebuah penelitian yang sering dikutip, para sukarelawan lanjut usia diacak untuk kurang dari dua atau lebih dari lima porsi harian buah dan sayuran. Mereka menemukan bahwa kelompok dengan konsumsi buah yang lebih tinggi memiliki respon imun yang lebih baik terhadap vaksin pneumonia tetapi tidak terhadap tetanus. vaksin.

Klaim lain adalah bahwa "memakan pelangi" dan mendapatkan "fitonutrien yang memadai" meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi. Sayangnya, "memakan pelangi" dan mendapatkan "fitonutrien yang memadai" adalah istilah yang tidak jelas, dan pesan seperti itu biasanya dikompromikan dengan didasarkan pada studi epidemiologi gizi yang sangat dipengaruhi oleh diet yang mendasarinya (yaitu sebagian besar dalam diet tinggi karbohidrat) dan pengguna yang sehat. Bias.21

Karena itu, tidak dapat disimpulkan bahwa salah satu makanan tertentu akan meningkatkan fungsi kekebalan Anda. Namun, seperti banyak manfaat kesehatan potensial lainnya, masuk akal untuk tetap berpegang pada diet yang menyediakan nutrisi esensial yang cukup dan kaya akan makanan alami yang diproses secara minimal. Mungkin tidak lebih rumit dari itu.

Karbohidrat dan gula halus

Bukti laboratorium menunjukkan bahwa gula dapat merusak fungsi sel darah putih, tetapi tidak ada bukti yang dapat dipercaya menunjukkan bahwa memakannya membuat Anda mendapat lebih banyak infeksi.
kenaikan akut gula darah dapat meningkatkan risiko infeksi dan komplikasi.23 Oleh karena itu, masuk akal jika kita ingin membatasi peningkatan gula darah ini. Karbohidrat olahan dan gula sederhana adalah dua pelanggar terbesar untuk lonjakan gula darah dan karenanya harus dihindari.

Ini berbeda dengan mengatakan penelitian menunjukkan bahwa menghindari makanan ini menghasilkan lebih sedikit infeksi. (]belum terdapat bukti .) Plus, seperti yang telah disebutkan berkali-kali, sulit untuk mengisolasi efek dari satu makanan karena efek makanan apa pun harus dipelajari dalam konteks diet yang mendasarinya (yaitu standar diet Amerika vs. diet rendah karbohidrat).

Namun, satu solusi sederhana adalah dengan menggunakan pengukuran gula darah Anda sendiri sebagai panduan. Jika gula darah tinggi dikaitkan dengan lebih banyak komplikasi, masuk akal jika kita ingin membatasi itu.

Mengukur gula darah dengan glukometer biasa atau, bahkan lebih baik, dengan glukometer terus menerus (CGM) jika Anda memiliki akses ke itu. Jika makanan yang Anda makan menyebabkan gula darah Anda naik di atas 140mg / dl (7,8mmol / L), pertimbangkan untuk makan sesuatu yang berbeda.

Studi menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat, protein sedang, tinggi lemak secara efektif mengurangi gula darah dan bahkan dapat membalikkan diabetes tipe 2. Belum terdapat bukti bahwa ini akan "meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda," tetapi itu dapat membantu menjaga gula darah. di cek yang dapat dikaitkan dengan penurunan risiko infeksi.

Sup ayam / kaldu tulang

Mengobati pilek dan flu dengan sup ayam mungkin merupakan mitos urban paling populer sepanjang masa. Anehnya, itu mungkin bukan 100% mitos.

Satu studi menunjukkan sup ayam "menghambat migrasi neutrofil," yang penulis sarankan dapat meningkatkan kemampuan kita untuk pulih dari infeksi.25 Namun, ini adalah salah satu contoh di mana temuan laboratorium mungkin tidak diterjemahkan ke perbaikan klinis seperti infeksi yang kurang atau kurang serius. Tetapi sulit untuk berdebat dengan sup buatan sendiri yang lezat dengan ayam, beberapa sayuran rendah karbohidrat, dan banyak garam asli. Penguat kekebalan tubuh atau tidak, itu kedengarannya seperti makanan enak untuk hari musim dingin dengan isolasi sendiri. 

Sumber : Blog Nutify Indonesia.
Diubah oleh sasiok


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di