Kaskus

Hobby

boby33Avatar border
TS
boby33
Pembukaan Trek MTB Bukit Pertapaan Sumur di Kabupaten Kendal.
1. Analisis teks, menurut Roland Barthes, akan menghasilkan makna denotatif, yakni makna tanda yang bersifat eksplisit, dan makna konotatif, yaitu makna tanda lapis kedua yang bersifat implisit. Jika di analisis menggunakan semiotic menurut Roalnd Barthes, teks dalam iklan tersebut memiliki makna eksplisit adalah Dr. Pepper membuat sebuah iklan yang bertuliskan bahwa Dr.pepper bukan untuk wanita, tapi untuk para lelaki macho, dengan 23 rasa dan hnayamengnadung 10 Kalori. Makna implisitnya adalah bahwa Dr. Peppper lebih sehat dari cola lain yang biasnay amengandung 37 kalori, dari kalimat "just 10 manlt calories". Yang kedua dari pembentukan pesan iklan ini, membetuk sebuah padangan bahwa lelaki jantan harus minum produk cola merek Dr Pepper. Tapi, secara eksplisit saya juga melihat ini juga sebuah iklan yang pesanya mlaha menntang para wanita untuk mengonsumsinya, sepertinya ini merupakan majas ironi yang ingin menyampaikan bahwa Dr.Pepper bukan hanya untuk kaum laki-laki saja, namun perempuan pun dapat mengonsumsinya, dikarenakan rendahnya kalori ynag di kandung.
2. Bisa, karena analisis teks yang saya lakukan diatas pun juga merupakan proses resepsi. Karena, Teori Resepsi adalah berfokus pada peran khalayak memroses pesan yang didapat bukan pada peran pengirim pesan (Danesti). Analisis ini mencoba memahami bagaimana khalayak memaknai pesan yang disampaikan oleh media sehingga khalayak tersebut menerima dan mengikuti pesan yang didapatkannya. Misal dari desain logo "Dr Pepper", saya memiliki pandangan ynag kuat bahwa ini minuman para lelaki, coab saja dilihat desainya, seakan membentuk kata "MR. P", karena P ynag besar dan DR hang besar. Ini merupakan proses resepsi yang dipengaruhi pengalaman dan pengetahuan hidup saya. Iklan ini dapat dikaji dengan analisis resepsi, karena setiap susunan kata atau kalimat pasti akan menimbulkan makna atau arti yang berbeda oleh individu yang berbeda.
3. Analisis resepsi merupakan suatu alternatif pendekatan Dalma rangka mengkaji khalayak, bagaimana memaknai pesan. penelitian ini diawali dengan adanya asumsi bahwa makna di media massa bukna hanya padaa teks. Analisis resepsi merupakan salah satu bentuk penelitian kualitatif, dimana dibutuhkan narasumber dan proses pengolahan dan pencerapan dari informasi yang didapat saat penelitian. Langkah oprasional yang harus dilakukan dalam analisis resepsi teks adalah menentukan teks atau rangkaian teks hang ingin di teliti dan lalu mencari narasumber untuk di wawancarai mengenai pemaknan dia mengenai sebuah teks atau rangkaina teks, contoh iklan. Analisis ini bukna untuk membuktikna suatu teori atau pandangan, anlaisis ini siftanya natural tidak boleh terpaku pada sutau teori. Untuk itu setelah mendapat informasi dari sebuh wawancara, pengolaha data musti benar-benar netral
Diubah oleh boby33 01-07-2021 19:32
0
704
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan