CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RESMI! Sri Mulyani: Dana Penanganan Corona Naik Jadi 905 Triliun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef18446337f932110453d4d/resmi-sri-mulyani-dana-penanganan-corona-naik-jadi-905-triliun

RESMI! Sri Mulyani: Dana Penanganan Corona Naik Jadi 905 Triliun

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksi dana penanganan penyebaran virus corona dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) melonjak hingga Rpp905,1 triliun. Jumlahnya naik signifikan dari sebelumnya yang ditetapkan sebesar Rp677 triliun.

Hal ini diungkapkan Sri Mulyani dalam akun Instagram pribadinya. Ia menyatakan kenaikan dana penanganan penyebaran virus corona dan pemulihan ekonomi nasional ini akan membuat defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 semakin membengkak.

"Program penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional diperkirakan memakan biaya sebesar Rp905,1 triliun telah menimbulkan pelebaran defisit yang cukup dalam pada APBN 2020," tulis Sri Mulyani dalam akun Instagram pribadinya.

Untuk itu, ia meminta dukungan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), otoritas moneter dalam hal ini Bank Indoensia (BI), pemerintah pusat dan daerah, pemangku kepentingan, dan seluruh elemen masyarakat dalam memulihkan ekonomi dalam negeri. Dengan dukungan dari berbagai pihak, ia optimistis ekonomi Indonesia akan pulih dan aktivitas ekonomi kembali normal.

"Tetap optimis dan berusaha yang terbaik karena optimisme merupakan semangat kami dalam menjaga negeri," jelasnya.

Diketahui, dana penanganan penyebaran virus corona sudah naik sebanyak tiga kali. Awalnya, pemerintah hanya mengalokasikan sebesar Rp405,1 triliun, lalu naik menjadi Rp677 triliun, dan awal pekan ini dinaikkan lagi menjadi Rp695,2 triliun.

Dana Rp695,2 triliun itu akan diberikan untuk seluruh sektor yang terdampak penyebaran virus corona. Jika dirinci, pemerintah akan menggunakannya untuk sektor kesehatan sebesar Rp87,5 triliun, perlindungan sosial Rp203,9 triliun, insentif usaha Rp120,61 trililun, UMKM Rp123,46 triliun, pembiayaan korporasi Rp53,57 triliun, dan sektoral kementerian/lembaga serta pemerintah daerah Rp106,11 triliun.

Anggaran penanganan penyebaran virus corona itu akan menambah belanja pemerintah tahun ini. Alhasil, defisit APBN juga akan melebar dari target sebelumnya.

Sri Mulyani sebelumnya menyatakan target defisit APBN 2020 melebar menjadi 6,27 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Ia bilang belanja negara diperkirakan naik dari Rp2.613,8 triliun menjadi Rp2.720,1 triliun. Rinciannya, belanja pusat naik dari Rp1.851,1 triliun menjadi Rp1.959,4 triliun dan Transfer ke daerah dana dana desa (TKDD) naik dari Rp760,7 triliun menjadi Rp762,2 triliun.

Sementara, pendapatan negara diprediksi turun dari Rp1.760,9 triliun menjadi Rp1.691,6 triliun karena perluasan insentif perpajakan dari pemerintah. Rinciannya, pendapatan perpajakan turun dari Rp1.462,6 triliun menjadi Rp1404,5 dan PNBP Rp297,8 triliun menjadi Rp286,6 triliun.


https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...k-jadi-rp905-t


Waduh, jauh sekali ya kalau dibandingkan dengan dana penanganan Amerika..

Dana Covid indonesia: 905 Triliun

Dana covid Amerika Serikat: 32.600 Triliun

bagaikan langit dan bumi
profile-picture
mang.tap memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
bagus lah.artinya indonesia ga ada krisis ts blog

Dibawah masih ada yg triak2 dki lokdon cuma rugi puluhan triliun.
Jakarta bisa jadi kota malang ekonominya hilang 150 triliun kalau lockdon. Pdb indonesia yg hampir 20 ribu triliun pun akan kena imbas nya karna berpusat di jakarta.. pendapatan negara ambyar ribuan triliun, bumn dilikuudasi.
Jakarta rusuh jarah karna krisis sembako,phk dan inflasi tinggi pasti merembet ke daerah lain. Akhirnya daerah lain juga ikut2an nuntut.
Kesehatan=ekonomi sama pentingnya

RESMI! Sri Mulyani: Dana Penanganan Corona Naik Jadi 905 Triliun
Malaysia penduduk cuma 30 juta mah ga masalah kalau lokdon. Pdb malaysia pun kecil gak kayak indo 20 ribu triliun.
profile-picture
yoikukumau memberi reputasi
Diubah oleh ikardus
Lihat 3 balasan
asalkan tepat sasaran aja, dan gak dikorupsi. itu aja udah
insentif tenaga medis cairin doooong
Lihat 1 balasan
Bosen sama komen TS.

Apa-apa dibandingkan dengan Amerika.
Lihat 1 balasan
emang punya duit nya?
Rinciannya untuk apa aja ya itu? Boleh tau dong pembukuannya..emoticon-Malu
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
dana segitu amerika masih ada demo lockdown loh emoticon-Big Grin
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Karena sudah jadi negara maju.
Makanya Indonesia dibandingkan dengan Amerika, Korsel, China, Prancis atau Jepang.
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
diambil 1T aja buat modal kampanye 2024 ya gak bakal ada yg ngongong wong sudah ada perpu kebal hukum yg gak bisa dituntut pidana.... plus kpk yg udah jadi macan ompong sekarang emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
nasgorbabi dan wismangan memberi reputasi
Bandinginnya sama Amerika anjir emoticon-Ngakak
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
hukum mati kalo ada yang sampe menyalahgunakan dana itu
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Masya Allah banyak banget dana nya, semoga tepat sasaran digunakan secara maksimal utk penanganan corona supaya wabah segera berakhie
amiin
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
untuk menolong orang yang mencari penyakit.....warbiasyah.....bikin skema 30:70 subsidi, jangan semua ditanggung lah....biar ada sedikit rasa tanggung jawab
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Kalau dari awal lockdown jakartak, sebaran virus bisa cepat dilokalisir, angka kenaikan penderita bisa ditekan, dan wabah bisa cepat selesai kayak vietnam.

Ongkos Lockdown Jabodetabek & ngasih makan 30 juta penduduknya untuk 2 bulan kira-kira habis 99 Trilyun rupiah (bandingkan dengan kemampuan alokasi dana 400-900 Trilyun pemerintah)

Semakin cepat lockdown, semakin cepat virus bisa ditangani, ongkos penanganan juga gak membengkak.

Sayangnya mau lockdown lokal sekarang juga udah telat.

Dulu mereka yang merekomendasikan lockdown jakarta atas alasan medis selalu di-bully buzzerp & pengkultus sebagai qadrun.
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan nasgorbabi memberi reputasi
bagai bumi dan langit perbandingan dananya,sudahlah realistis saja normalkan kembali semua ke asal emoticon-Big Grin
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
ntar ngutang dulu.....





emoticon-Wkwkwk
Bansos aja gua cm dapet sekali. Temen dah 4x. Malah tetangga sewilayah belon sekalipun dapat.
Tp gua kasih org yg lebih membutuhkan dr gua sih barang yg gua dapet.

Cm MAU kasih tau. Bansos udah di korupsi. Itu negara duit trilyunan masuk laut nge garemin.

emoticon-Traveller
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Diubah oleh bajier
Karena kebutuhan membeli papanza sangat mendesak, dana penanganan koronak kitak naekan jadi 905bTrilyun.
Klean wajib bayar emoticon-Marah jangan ampe ketawan bolos.
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Yakin itu duit tersalurkan semua lumayan keciprat dikit buat pensiunan pejabat emoticon-Bingung
klo dapatnya sih gue tau dari ngutang yg bayar juga rakyat emoticon-Marah
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
tinggal masyarakat mengawasi dengan baik penggunaan dana yang sebesar itu
profile-picture
nasgorbabi memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di