CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Kepulauan Riau /
[COC Reg. Kepulauan Riau] Tidak Tergerus Zaman, Tradisi Basuh Lantai Masih Lestari!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef17d3c68cc957d0530351a/coc-reg-kepulauan-riau-tidak-tergerus-zaman-tradisi-basuh-lantai-masih-lestari

[COC Reg. Kepulauan Riau] Tidak Tergerus Zaman, Tradisi Basuh Lantai Masih Lestari!

Upacara Adat Kepri


Kepulauan Riau adalah provinsi yang mencakup antara Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga. Kepulauan Riau ini berdiri melalui hasil pemekaran dari pulau Riau.

Sama dengan provinsi-provinsi yang ada di Indonesia, kepulauan Riau juga memiliki banyak kekayaan adat, seni dan budaya. Di antara semua adat di kepulauan Riau yang menarik bagiku adalah adat yang berasal dari kabupaten Lingga. Yakni, salah satu kabupaten yang ibu kotanya bernama Daik.




Daerah Daik-Lingga ini memiliki upacara adat yang begitu menarik, yaitu upacara Basuh Lantai. Upacara ini biasanya dilakukan atau digelar setelah bersalin.


Quote:




Ya, itulah sedikit ulasan tentang upacara adat Basuh Lantai ini, jika ada yang kurang tepat mohon dimaafkan dan diberi tahu yang lebih tepat.


Setiap hal-hal atau pengalaman yang kita lalui atau orang lain lalui itu tersimpan sebuah pelajaran yang harusnya bisa kita petik hikmahnya. Begitu juga dalam sebuah adat atau tradisi itu pasti terkandung sebuah pelajaran yang dapat kita petik dan renungkan.


Yang TS dapat dari upacara adat Basuh Lantai ini adalah sebuah nilai kebersamaan, gotong royong dan rasa syukur.


Terlepas dari kepercayaan masyarakat Daik-Lingga akan hal-hal mistis, upacara ini menurutku adalah sebuah ungkapan rasa syukur kepada Sang pencipta akan hadirnya anggota baru dalam keluarga. Dan juga ungkapan rasa terima kasih atas kesehatan dan keselamatan yang diberikan oleh Sang kuasa pada si ibu dan bayinya.


Tidak sampai disitu saja, upacara adat ini juga menyimpan nilai kepedulian tinggi terhadap sesama atau orang-orang sekitar. Terlihat dari bagaimana para kerabat dan tetangga yang ikut membantu dalam menyempurnakan acara ini tanpa memberatkan tuan rumah.


Gotong royong yang terlihat dari upacara adat membuktikan bahwa sesulit apapun masalah ataupun suatu pekerjaan bila dilakukan bersama-sama pasti terasa ringan. Sedangkan nilai dari kebersamaan (duduk bersama saat acara kenduri) dalam upacara adat ini menunjukkan bahwa di hadapan Tuhan kita semua sama. Tidak ada si kaya dan si miskin, tidak ada si jelita atau si rupawan, karena di hadapan Tuhan hanya ketaqwaan dan keimanan kita lah yang menjadi pembeda.

Seperti itulah yang saya pahami dari upacara adat Basuh Lantai ini, sekali lagi bila ada pemahaman TS yang keliru mohon bantuan penjelasannya. Tanpa debat, ya.


Terima kasih dan salam santun.


Referensi: Kemdikbud
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh istijabah
Halaman 1 dari 2
hampir sama dengan tradisi 40 hari di jawa, tapi ini lebih lengkap.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 7 lainnya memberi reputasi
upacara adat suka ada anunya ya bun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngeri ya pas ayam mo matuk si bayii.

Tp keren ni adat. Ane baru tau. Kalo di Cilacap kek semacam cukuran rambut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mirip, di Lampung juga ada😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Senang baca-baca tentang ragam budaya Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Berarti kepercayaan mistisnya masih kuat ya, Mbak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
baca thread agan jadi bangga akan beragam budaya, adat istiadat yang dipunya oleh bangsa kita..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waaaah dsri namanya pun kayaknya ini tradisi yang harus bgt di lestarikan, kesannya filosofis banget gituu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lahhh ... serem kalo yg dipatok bayinya auto kejer ntar yaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Banyak juga perlengkapan yang dibutuhkan ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah rumit juga acaranya ya mbak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nambah pengetahuan nih jadinya adat juga adat seperti itu. Kalau di garut itu ada tradisi nyusur tanah pas ada orang meninggal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Beda tempat beda tradisi. Yang pasti kita ini kaya, dan tradisi harus dijaga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
subhanallah indahnya gunung Daik. ane suka view gunung sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Serem yaa ada pengganggunya
semoga dedek bayi dan ibunya selalu dilindungi Allah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
unik memang tradisi di setiap daerah ya sist.
profile-picture
profile-picture
istijabah dan makola memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah, setelah lahiran nggak boleh keluar 44 hari? 🤭 Nggak betah mungkin kalau aku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
berarti acara basuh lantai dilaksanakan sudah melahirkan ya, unik aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
hampir sama ke tedak siti ya? 🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
adat emang lucu yah, kalau gak dilestarikan ya eman juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di