CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Kepulauan Riau /
[COC Reg. Kepulauan Riau] Kuliner Unik Ini Jadi Ikon Khas Tanjungpinang, Kepoin Yuk!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef171f2f4d695648316f937/coc-reg-kepulauan-riau-kuliner-unik-ini-jadi-ikon-khas-tanjungpinang-kepoin-yuk

[COC Reg. Kepulauan Riau] Kuliner Unik Ini Jadi Ikon Khas Tanjungpinang, Kepoin Yuk!

[COC Reg. Kepulauan Riau] Kuliner Unik Ini Jadi Ikon Khas Tanjungpinang, Kepoin Yuk!

Selamat pagi GanSist!
Pagi-pagi gini udah pada sarapan pagi kah?

Katsu udah sih barusan, lagi pengen makan mie kari jadi sarapan itu deh hehehe.
Ngomong-ngomong soal makanan, ternyata di Kepulauan Riau ada kuliner unik yang jadi primadona di sana. Bahkan dijadikan sebagai simbol pariwisata kota Tanjungpinang. Ada yang tau ga nama kulinernya?

Provinsi yang dahulu dikenal sebagai Negeri Segantang Lada ini memang mempunyai banyak destinasi yang bisa dijadikan wisata kuliner. Kepulauan Riau juga sangat menonjol dengan kuliner lautnya, salah satu yang terkenal adalah Gonggong.

Yaps, kuliner unik yang jadi primadona itu namanya Gonggong. Selain sebagai kuliner, Gonggong ini juga dijadikan sebagai ikon khas dari ibukota Kepulauan Riau, yakni Tanjungpinang. Dan telah menjadi simbol kebanggaan di sana. Hampir semua restauran seafood di wilayah Tanjungpinang tak pernah ada yang melewatkan Gonggong sebagai menu andalannya.

Gonggong adalah jenis siput laut yang banyak terdapat di Kepri, terutama Pulau Bintan. Yang membedakan Gonggong dengan siput sawah adalah bentuk cangkangnya yang lebih panjang dan spiral. Limbah Gonggong yang berupa cangkang juga dapat dipergunakan sebagai hiasan rumah maupun gantungan kunci karena dinilai cukup cantik.
Quote:


Cara pengolahan Gonggong untuk jadi makanan yang siap disantap pun tergolong cukup mudah. GanSist bisa merebusnya dengan garam, serai dan irisan jahe agar bau amisnya hilang. Gonggong yang telah masak memiliki tekstur yang cukup lembut dan kenyal. Kuliner ini dapat disajikan dengan berbagai jenis sambal sebagai cocolan, atau dapat juga diolah sesuai selera, seperti dengan saus pedas/asam manis.
Quote:

Hmm ... sama ga ya rasanya kayak siput biasa atau ga tutut, katsu belum pernah coba sih.

Ada juga loh beberapa orang yang mencari sensasi unik dari cara memakan Gonggong. Cara ini sering disebut dengan seni memakan gonggong adalan, yakni dengan cara mencabut sendiri daging Gonggong hingga terlepas dari cangkangnya. Cara mencabut dagingnya pun tidak bisa main asal cabut/korek sembarangan karena harus mengikuti arah alur cangkang agar daging Gonggong dapat keluar dengan mulus dari cangkangnya. Jika daging sampai terkoyak apalagi putus, maka daging sisanya akan kembali terbenam dalam cangkang dan sulit untuk dikorek lagi.
Quote:

Ada beberapa jenis Gonggong, tapi yang biasa diolah menjadi kuliner adalah jenis gonggong betina baik yang berwarna merah maupun putih. Tidak banyak yang menyukai gonggong jantan karena mengandung banyak pasir dan isinya cenderung lebih kecil dari gonggong betina.

Tak hanya menjadi kuliner andalan. Gonggong pun oleh pemerintah kota Tanjungpinang dijadikan sebagai ikon pariwisata mereka.
Quote:


Gedung Gonggong ini diresmikan pada Oktober 2016 dan diperuntukan sebagai pusat informasi kebudayaan untuk para wisatawan yang berkunjung ke kota Tanjungpinang. Desain eksterior dan interior yang unik membuat gedung ini sempat jadi pusat perhatian khalayak ramai.

Keren kan, tidak sekadar jadi kuliner doank, bahkan dijadikan sebagai simbol kota Tanjungpinang.

~SEKIAN~

[COC Reg. Kepulauan Riau] Kuliner Unik Ini Jadi Ikon Khas Tanjungpinang, Kepoin Yuk!

Refferensi : Kuliner Gonggong Kepulauan Riau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh venomkatsu
Enak ga ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
kalian udah pada jadi aja😌😌😌😌
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ini ajah sama temanya tadi ama si cumi, yarin dah emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin udah terlanjur jadi
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jadi pengen nyoba πŸ˜†
profile-picture
profile-picture
venomkatsu dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Keknya enak tuh. Di sekitaran Batam juga jadi kuliner khas, kata temen ane yg tinggal di sana.

Kalo di Cilacap adanya keong. Dulu ane sering makan waktu kecil. Direbus dulu, habis tu baru dimasak cabe ijo. Mantap bgt, Kabeb. Apalagi pake nasi anget. emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
venomkatsu memberi reputasi
Lihat 7 balasan
ini kaya keong atau siput gt ya kak ??
profile-picture
venomkatsu memberi reputasi
Lihat 5 balasan
gak pernah makan siput atau kerang aku, ntah geli duluan. padahal pengen tau rasanya gimana 🀭
profile-picture
venomkatsu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Cantik banget kerajinan tangannya😍
profile-picture
venomkatsu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gak mudik ke pinang lebaran ini emoticon-Frown
profile-picture
venomkatsu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
enak gak gan? kayak tutut kali ya rasanya wkwkwk ane penasaran jadinya. nice info!
profile-picture
venomkatsu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jadi terlalu fokus ane sama gedungnya, lucu bener ya emoticon-Big Grin
profile-picture
venomkatsu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Rsanya psti enk ni.sya blm prnah mrsakannya.klau didaerah sya biasanya keong emas.nyarinya dipersawahan.diolah jdi sate keong.rsanya g bda jauh sma gepicut.cma klau kbnyaan mkan keong,rsanya bdan jdi pnas.
profile-picture
venomkatsu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Sepertinya sy tidak tertarik sis

Quote:


Emang kamu belum?
Bagus nih boleh lah dicoba dimasukin dilist liburan


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di