CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara Cek Notaris Notaris Asli atau Palsu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef15344c8393a210f3c348f/cara-cek-notaris-notaris-asli-atau-palsu

Cara Cek Notaris Notaris Asli atau Palsu


Spoiler for info:


Sebagai Negara hukum warga Negara Indonesia sering dihadapkan pada formalitas legalitas dari setiap perbuatan baik terhadap diri sendiri maupun terhadap harta kekayaan, pada beberapa tahun terakhir terjadi penipuan dan menimbulkan kerugian hingga milyaran rupiah dengan berkedok sebagai kantor notaris namun ternyata kantor notaris palsu alias illegal.

Jika anda akan menggunakan jasa notaris atau pejabat pembuat akta tanah (PPAT) yang kebanyakan dalam pengurusan tanah, baik jual-beli, turun waris, hibah, dan tindakan hukum lainnya. Anda harus berhati-hati  dalam memilih notaris, tentunya pilihlah notaris yang legal atau asli, jangan sampai tertipu seperti dalam berita banyak terjadi penipuan berkedok notaris, jadi pahamilah cara mengetahui bahwa notaris tersebut asli, tidak perlu notaris terkenal atau notaris yang kantornya besar, yang penting notaris yang diakui oleh Negara.

Sebelum membahas cara mengetahui notaris asli atau palsu kita bahas terlebih dahulu petingnya notaris, kenapa harus lewat notaris? karena peraturan mengatur seperti itu, notaris / PPAT sebagai pejabat umum yang memiliki kewenangan tertentu, untuk melaksanakan legal formal dari perbuatan hukum material oleh masyarakat, karena banyak terjadi di masyarakat telah terjadi peristiwa hukum atau melakukan perbuatan hukum secara materiil namun Negara belum mengakui secara formal karena tanpa melalui legal formal yang ditentukan peraturan-perundang undangan.

Kebutuhan masyarakat untuk memenuhi legal formal akhir-akhir ini diperlukan untuk berbagai keperluan terutama dalam memenuhi alat bukti suatu perbuatan hukum, sehingga terjadi juga pertumbuhan pejabat notaris sehingga masyarakat tidak mengenal dekat apalagi notaris baru. Sehingga diperlukan pengetahuan agar memilih notaris yang asli atau legal, berikut cara mengetahui notaris atau PPAT asli :
- Tanyakan kepada organisasi profesi di daerah anda masing-masing, karena setiap daerah ada pengurus daerah atau wilayah masing-masing, organisasi notaris bernama Ikatan Notaris Indonesia (INI) sedangkan PPAT bernama IPPAT (Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah), untuk mengetahui keaslian notaris / PPAT anda dapat datang ke kantor INI atau IPPAT pengurus daerah dimana anda akan menggunakan jasa notaris.
- Tanyakan (Cross cek) ke Kantor Pertanahan setempat (kantor cabang Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional) setempat, tanyakan kepada petugas kantor Agraria mengenai apakah ada PPAT yang akan anda pakai, dan tanyakan letak kantor nya, jika ada dan alamat sesuai berarti aman karena PPAT tersebut asli namun jika alamat beda anda perlu berhati-hati dan tanyakan lagi kepada petugas kantor pertanahan apakah PPAT tersebut pindah kantor atau tidak.
- Metode paling mudah adalah secara online, dengan menlihat website Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (BPN), anda dapat melihat daftar PPAT di SINI

Jika nama notaris / ppat tersebut ada dan alamat sesuai maka PPAT tesebut terdaftar dan legal.

Nah, sekian info yang singkat ini tentang memilih kantor notaris / ppat agar tidak tertipu penjahat berkedok kantor notaris, karena orang awam jarang memakai jasa ini namun terkadang kita butuh dan memang harus memakai jasa ini untuk keperluan tertentu seperti legalitas perusahaan, pengurusan tanah dan lain-lain, ingat ya gan jangan sampai kena tipu.

sumber :
https://politeaindonesia.blogspot.co...ppat-asli.html
https://metro.tempo.co/read/1239297/...iliar-melayang
profile-picture
profile-picture
novitasari94 dan chisaa memberi reputasi
Nah, ini berita penting.

Notaris itu biasa membawa materai kemana2 tp tdk semua yg mendatangimu dgn membawa materai 6000 itu notaris. Faham ya sampai sini?
profile-picture
momok2002 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
ada kantornya g? minta tunjukan ktp, nah agan cocokin namanya dg plang ddepan kantornya.
Lihat 1 balasan
Gue kebetulan punya temen kerjanya sebagai notaris

Jadi kalau mau sedikit aman pakailah jasa temen yang satu komunitas

Kalau pun nipu gampang untuk nyarinya
Lihat 1 balasan
ribet amat kenapa otoritas notaris tidak membuat online data notatis yg resmi. misalnya ikatan notaris indo buat lah data notaris se indo dan buat online sehingga gampang cek nya
Lihat 1 balasan
Penting sih ini, kalo sampe skip soal beginian bisa membahayakan juga
profile-picture
momok2002 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nice info brehh emoticon-2 Jempol
profile-picture
momok2002 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul emoticon-Xabi
emoticon-Sundul Upemoticon-Om Telolet Om!emoticon-Wowcantik
emoticon-2 Jempol
emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Upemoticon-Leh Uga
emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Upemoticon-Big Kissemoticon-Salam Kenal


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di