CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Cara Membersihkan Telinga Kotor Dengan Benar - Kalau Tidak Benar Bisa Tuli
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef14a09c0cad72c62663a75/cara-membersihkan-telinga-kotor-dengan-benar---kalau-tidak-benar-bisa-tuli

Cara Membersihkan Telinga Kotor Dengan Benar - Kalau Tidak Benar Bisa Tuli

Original Post by : https://aptoideguide.com/cara-membersihkan-telinga-dengan-aman-dan-benar-di-rumah/

Beberapa orang membersihkan telinga mereka dengan cottonbud, dan yang lain mengatakan kotoran telinga akan hilang dengan sendirinya. Mungkin Anda salah satu dari orang-orang yang mengatakan bahwa Anda seharusnya tidak pernah membersihkan telinga Anda.

Bagaimana Cara Membersihkan Telinga di Rumah?

Jumlah kotoran telinga yang dihasilkan tidak selalu sama. Kadang-kadang bisa terjadi bahwa ada terlalu banyak serumen di telinga dan sepenuhnya menyumbat saluran telinga Anda. Tolong jangan mencoba untuk menghilangkan kotoran telinga sendiri.




Dalam hal ini, yang terbaik adalah menemui spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (spesialis THT). Jika telinga Anda hanya tersumbat sebagian atau saluran telinga hanya sedikit kotor, Anda dapat mencoba metode berikut dari video berikut :








Langkah 1

Teteskan air hangat suam-suam kuku atau garam ke dalam saluran telinga Anda. Anda dapat menggunakan kit irigasi telinga. Cobalah metode ini hanya jika gendang telinga Anda utuh dan tidak ada tanda-tanda sakit seperti sakit telinga, nanah atau keluarnya darah.



Dalam beberapa menit, air suam-suam kuku seharusnya sudah melunakkan kotoran telinga sehingga mengalir melalui telinga luar. Metode sederhana lainnya adalah membiarkan air hangat menetes ke saluran telinga Anda saat mandi.



Langkah 2

Oleskan lubang telinga dengan hati-hati dengan kain bersih untuk menyerap cairan. Hati-hati dengan air hangat. Airnya seharusnya tidak panas, cukup hangat.



Kiat lain

Anda bisa mengeluarkan kotoran telinga yang sudah tua dari saluran telinga dengan mengunyah dan menggerakkan rahang. Segera setelah kotoran telinga mencapai lubang telinga, ia bisa mengering dan rontok. Anda juga bisa mengoleskannya dengan kain atau bola kapas dan lepaskan dari telinga Anda.



Apa Yang Harus Anda Hindari Saat Membersihkan Telinga?


Masih ada beberapa kesalahpahaman tentang pembersihan telinga. Tidak semua metode aman, andal, atau cocok untuk menghilangkan kotoran telinga.



Kapas / Cottonbud
Fakta bahwa banyak orang menyikat telinga dengan kapas tidak membuat kapas aman. Tidak pernah merupakan ide yang baik untuk meletakkan benda apa pun di saluran telinga. Berhati-hatilah di sini, terutama jika Anda pernah melakukan operasi di telinga Anda, mengalami robekan gendang telinga, atau mengalami sakit telinga atau kebocoran cairan. 


Kotoran telinga, atau cerumen, meninggalkan tubuh secara perlahan. Mengunyah dan menggerakkan rahang mendorong kotoran telinga dari saluran ke telinga luar. Ketika kotoran telinga dan kulit mati yang dikumpulkannya mencapai telinga luar, kulit itu mengering dan mengelupas.

Hasil Penelitian

Menurut American Academy of Otolaryngology-Bedah Kepala dan Leher (AAO-HNS), kotoran telinga memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu melindungi telinga dari infeksi.

Kotoran telinga, atau serumen, meninggalkan tubuh secara perlahan. Mengunyah dan menggerakkan rahang mendorong kotoran telinga dari saluran ke telinga luar. Ketika kotoran telinga dan kulit mati yang dikumpulkannya mencapai telinga luar, kulit itu mengering dan mengelupas.

Membersihkan telinga terlalu sering dapat menyebabkan telinga menjadi kering dan gatal. Menggunakan benda, seperti kapas, untuk membersihkan kotoran telinga sebenarnya bisa mendorongnya kembali ke telinga. Membersihkan kotoran telinga yang tidak menyebabkan gejala biasanya tidak diperlukan atau direkomendasikan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novitasari94 dan 2 lainnya memberi reputasi
Tq gan, ane slma ini pake cotton bud atau tissue, enak gan geli geli ahh emoticon-Genit
Dicolok2 pake jari trus dicium rasa keju emoticon-Malu
pakai air garam hangat apa ndak perih? 🤔🙏
mungkin kalau pake air hangat masih boleh lah. 🤔
keluar sendiri biasanya gan ga perlu dibersihin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di