CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Kepulauan Riau /
[COC Reg. Kepulauan Riau] Deretan Harta Karun Natuna yang Bikin Gelap Mata, Cek Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef11af5c342bb6ef925ee07/coc-reg-kepulauan-riau-deretan-harta-karun-natuna-yang-bikin-gelap-mata-cek-gan

[COC Reg. Kepulauan Riau] Deretan Harta Karun Natuna yang Bikin Gelap Mata, Cek Gan!

Holla Kaskuser!

Kalian tentu tau dengan salah satu pulau yang terdapat di kepulauan Riau yang biasa disebut dengan pulau Natuna, bukan?

Yups! Pulau terluar paling utara yang terletak di Selat Karimata ini ternyata banyak menyimpan harta karun, dan belum banyak diketahui, Gansist! Dan kali ini, ane bermaksud menyingkap tirai rahasia tentang harta karun tersebut. Tentu saja dalam rangka meramaikan event COC untuk kepulauan Riau.

Masih segar diingatan, beberapa waktu silam, pemerintah NKRI bersitegang dengan RRC tersebab memperebutkan kekuasaan di pulau Natuna. Bahkan pun hingga sampai hari ini.

Bukan hal aneh tentu saja, mengingat kekayaan yang melimpah ruah terdapat banyak di sana. Bukan hanya tentang cadangan terbesar Migas se-Asia pasifik, pun dengan biota laut yang super menggiurkan. Ternyata, pulau Natuna pun menyimpan harta karun yang lainnya dan masih jarang diketahui oleh orang banyak. Apa sajakah itu?

1. Keramik kuno

[COC Reg. Kepulauan Riau] Deretan Harta Karun Natuna yang Bikin Gelap Mata, Cek Gan!
sumber gambar

Di sepanjang pesisir pantai banyak ditemukan keramik-keramik kuno. Keramik-keramik ini diduga berasal dari para pelayar yang singgah di pulau tersebut. Diduga, sebagian besar merupakan berasal dari daratan China. Dimulai dari masa Dinasti Ching,Ming,Yuang, hingga Song.
Duh, kebayang udah berapa lama tuh usia si keramik.

Hal ini diakibatkan olehTeluk Buton di sekitar laut Natuna yang cenderung dangkal dan berkarang, sehingga menyebabkan banyak kapal muatan karam.

Semakin kuno, semakin antik, semakin berharga historinya, akan menyebabkan harga suatu barang akan terus meroket. Oleh sebab itu sudah sejak lama, keramik-keramik tersebut menjadi incaran para pemburu harta karun. Sejak 1970-an banyak masyarakat yang mendatangi pantai tersebut.


Setiap peninggalan berharga patut dilestarikan, oleh sebab itu pemerintah pulau Natuna, kemudian menjadikan sebuah pantai di daerah Klarik untuk menyimpan banyak artefak. khususnya wadah dari porselain atau keramik. Berharap bisa mengamankannya dari tangan para penjarah.

Pantai tersebut kini didaulat menjadi salah satu Cagar Budaya di pulau Natuna yang kaya akan budaya, dan semoga kelestariannya selalu terjaga. Demi warisan untuk anak cucu bangsa.

2. Primata langka

[COC Reg. Kepulauan Riau] Deretan Harta Karun Natuna yang Bikin Gelap Mata, Cek Gan!
sumber gambar

Tak hanya jumlah dan jenis ikan yang menakjubkan. Pulau Natuna juga memiliki hutan mangrove di muara sungai Semitan dan memiliki berbagai fauna di hutan bakau itu.

Selain itu terdapat juga pulau-pulau kecil, salah satunya Pulau Senua yang menjadi habitat primata langka bernama kekah. Presbytis natunae atau kekah ini hanya bisa ditemukan di Natuna, lho, Gansist!

Bisa melihat satwa langka dalam jarak dekat tentu sesuatu hal yang membanggakan, ya, Gansist?

3. Batu Granit

[COC Reg. Kepulauan Riau] Deretan Harta Karun Natuna yang Bikin Gelap Mata, Cek Gan!
sumber gambar

Batu granit yang telah berusia ratusan tahun membentang dari selatan hingga utara. Bahkan menutupi hampir sebagian sisi timur Pulau Bunguran. Bebatuan granit yang terkandung di dalamnya merupakan daya tarik utama dari situs Geopark Natuna yang sedang dibangun oleh pihak pemerintah setempat.

Batu granit yang berusia ratusan tahun sudah pasti memiliki history yang tinggi. Oleh sebab itu sangat menarik untuk diadakan penelitian.

Oleh sebab itu tercetuslah gagasan untuk membentuk Geopark Natuna. Semakin menguat tatkala diketahui pulau tersebut disinyalir memiliki delapan geoside. Terdiri dari, Pulau Akar, Batu Asah, Gunung Ranai, Pantai Gua, Kamak, Pulau Senua, Pulau Stanau, Senubing, dan Tanjungdatuk.

Untuk mendukung status georapk di Natuna. Pemerintah setempat mengklaim bahwa sertifikat penetapan atas status tersebut telah diterbitkan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia di Pongkor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akhir November 2018.

Harapan besarnya, dengan masuknya Natuna dalam gugusan Geopark Nasional. Kehadirannya akan menjadi nilai tambah bagi pariwisata lokal di wilayah itu dan sekitarnya.

Pemerintah berharap ada persamaan persepsi masyarakat di Kepri agar status Geopark Nasional Natuna menjadi Geopark Dunia. Partisipasi masyarakat tentu sangat dibutuhkan sebab akan berimbas pula pada perubahan kesejahteraan khalayak.

Kawasan Geopark Nasional ini diharapkan bisa menguatkan posisi Kepulauan Riau sebagai salah satu destinasi wisata di dunia.

Berwisata sambil menggali ilmu pengetahuan tentu sangat menarik bukan? Jadi, gimana, tertarik berkunjung ke pulau Natuna, Gansist?


Baiklah, sekian thread ane. Semoga menambah wawasan dan juga menambah kebanggaan kita terhadap bumi Nusantara.

Thanks, see you next time, Insya Allah. Papay!


Referensi : Di sini


Kunjungi Kompak Blog Kaskus. Klik banner di bawah ini.

[COC Reg. Kepulauan Riau] Deretan Harta Karun Natuna yang Bikin Gelap Mata, Cek Gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
keren banget ya, Teh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
yg batu granit, cantik banget
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Keramiknya keren2
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan dalledalminto memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wahh unikk ya itu ada satwa langka yang hanya bisa ditemui di natuna keren sihh hewannya lucu ya mirip mirip monyet secara fisik
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan dalledalminto memberi reputasi
Lihat 1 balasan
batu granitnya cakep bangett yak bener bener harus dijaga kelestariannya lihat pemandangan yang sempurna dibelakang hijaunya berjajar pohon kelapa emoticon-2 Jempol pasti bikin betah berlama lama disini
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
suka banget dg pantai yg ada batuan besarnya. unik banget, aneh, pantai biasanya kan hamparan pasir
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
duhh eta nu batu granit, kat endah kitu nya, Teh. 😍
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
makanya banyak yg obok obokemoticon-Traveller
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kekah itu masih spesies monyet bukan?
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mahal tuh ya pasti keramiknya kalo di jual, termasuk barang antik gak sih itu ya?
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
riau di borong nich sisaain buat akyu mom


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di