CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
5 Cara Menyampaikan Kritik yang Baik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0f075337f9317391e465f/5-cara-menyampaikan-kritik-yang-baik

5 Cara Menyampaikan Kritik yang Baik

5 Cara Menyampaikan Kritik yang Baik
Bayangkan saja jika Anda sedang melakukan presentasi, kemudian ada seseorang yang mengkritik Anda mengenai presentasi yang Anda berikan tanpa memberikan alasan yang jelas. Bagaimana perasaan Anda? Tentunya hal ini akan membuat Anda merasa kesal dan jengkel bukan.



Untuk melakukan kritik ada tata caranya agar orang lain atau rekan yang Anda kritik. Sehingga, kritikan yang masuk malah menjadikan motivasi untuk mereka. Tanpa panjang lebar lagi penjelasannya langsung saja berikut ini adalah 



5 Cara Menyampaikan Kritik yang Baik :



1. Pertama


Pujilah ia. Sebelum kita mengkritik seseorang, mulailah dengan menyebut kebaikan-kebaikannya. Tidak ada orang yang tidak mengucapkan terima kasih ketika disebutkan kebaikannya. Ketika kita menyebutkan kebaikan orang lain, secara psikologis hal itu dapat membuat orang tersebut bersedia menerima kritik atau nasehat. Terlebih lagiketika orang yang dikritik atau dinasehati itu mengetahui bahwa orang yang mengkritik lebih baik dari dirinya maka orang itu akan segera menerima kritikan atau nasehat tersebut tanpa menghadapinya dengan kekerasan atau pertentangan.



2. Kedua


Berikan alasan yang logis. Banyak orang yang melakukan kritik hanya untuk menyalahkan orang lain saja, tanpa memberikan penjelasan mengenai kritik dari orang tersebut. Meskipun memang ia memiliki kesalahan, buka berarti Anda bisa mengkritiknya tanpa memberikan alasan yang logis. Berikanlah penjelasan dari kesalahannya, dan berikan juga solusi yang baik untuk orang tersebut. Bayangkan bila Anda di posisi rekan/orang lain yang sedang Anda kritik tersebut yang kemudian orang lain mengkritik Anda tanpa ada solusinya. Pastinya ini akan membuat Anda jengkel sendiri karena seperti mencari-cari kesalahan saja.



3. Ketiga


Pujilah setiap kebaikan yang dimilikinya meskipun kecil. Ketika yang dikritik mengakui kesalahnnya, katakanlah bahwa saya "yang mengkritik" senang dengan hal itu dan akan tetap menyayanginya.



4. Keempat


Sampaikan kritik di waktu dan tempat yang tepat, tak jarang orang yang melakukan kritik tanpa mempertimbangkan waktu dan tempat yang tepat, misalnya di pagi hari. Melakukan kritik di pagi hari tentunya akan mempengaruhi penurunan mood pada rekan Anda. Tetapi apabila sedang melakukan meeting dan kritikan Anda mengenai materi dari meeting, maka sampaikan kritikan tersebut pada saat meeting berlangsung. Jangan pernah melakukan kritik usai meeting berlangsung, karena itu hanya akan membuat rekan Anda kesal.



5. Kelima


Jadikanlah kesalahan tersebut sebagai sarana untuk menuju kebaikan. Janganlah bersandar kepada besarnya kesalahan suatu masalah, atau bahkan membesar-besarkan masalah yang tidak semestinya.







GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di