CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Beauty /
Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Merawat Kulit Wajah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0ebe682d49536bd4d6b56/hal-yang-sering-dilupakan-dalam-merawat-kulit-wajah

Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Merawat Kulit Wajah!

1. Mencuci muka Sering kali

Mencuci muka menjadi rutinitas yang sering dilakukan dalam merawat kulit. Mencuci muka memang hal yang ringan namun tahap ini tidak dapat diabaikan. Mencuci muka dengan facial wash akan membuat wajah menjadi bersih dan mudah menyerap skincare yang akan digunakan. Namun mencuci muka yang berlebihan juga tidak baik, itu akan membuat kulit menjadi over-cleansing. Mencuci muka disarankan dua kali dalam sehari, yaitu saat bangun tidur dan saat malam hari sebelum tidur.
Kebiasaan mencuci muka dengan sering akan menyebabkan kulit menjadi kering biasanya ini ditandai dengan kulit terasa tertarik, sebagian orang mengira kulitnya semakin kencang padahal ini terjadi karena lipid barrier pada kulit mengalami kerusakan. Kulit wajah yang sehat ialah kulit yang memiliki lapisan minyak dengan kadar hidrasi dan sebum yang seimbang sehingga tampak kenyal dan bersinar.
Selain itu ph kulit akan berubah, ph kulit normal antara 4.2-5.5
Jika terlalu sering mencuci muka maka akan mengubah ph kulit karena kandungan ph dalam facial wash juga lumayan tinggi. Untuk menetralkan ph dalam kulit biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Nah kebayangkan kalo terlalu sering mencuci muka, bukan mendapatkan wajah yang sehat malah akan membuat iritasi pada wajah kita

Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Merawat Kulit Wajah!

Sumber : Disini

2. Penggunaan sheet mask yang salah
Sheet mask menjadi hal yang sangat digandrungi untuk mendapatkan kulit yang glowing dan kenyal. Banyak sheet mask yang telah dijual dipasaran dari harga yang murah sampai yang mahal. Namun masih banyak yang salah dalam menggunakan sheet mask ini, apa aja sih kesalahan yang sering dilakukan?
Penggunaan sheet mask dilakukan setelah wajah bersih, jadi harus membersihkan wajah dulu sebelum menempelkan sheet mask pada wajah. Biasanya waktu yang disarankan adalah sekitar 15-20 menit namun banyak orang menganggap semakin lama sheet mask dipakai maka semakin memberikan efek yang lebih banyak, sehingga menggunakan sheet mask berjam jam atau bahkan menggunakan sampai tidur. Kenyataannya lebih dari 20 menit penggunaan sheet mask malah akan menjadikan kulit kering dan akan menyerap kembali kelembapan dari wajah. Kesalahan lain yang dilakukan adalah membilas wajah setelah menggunakan sheet mask, ini sama saja membuang essence yang dibutuhkan kulit dan pemakaian sheet mask menjadi tidak berguna.


Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Merawat Kulit Wajah!

Sumber : Disini

3. Terlalu sering eksfoliasi
Eksfoliasi merupakan langkah untuk menjaga kebersihan wajah dari paparan sinar matahari dan polusi yang menempel. Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel-sel mati (regenerasi kulit). Biasanya kulit wajah akan melakukan regenerasi kulit, pada wanita yang sudah dewasa biasanya proses regenerasi kulit menjadi tidak sempurna sehingga membutuhkan bantuan eksfoliasi. eksfoliasi yang sering digunakan ada chemical eksfoliasi dan fisik eksfoliasi. Chemical eksfoliasi yaitu dari toner atau serum yang mengandung BHA dan AHA sedangkan fisik eksfoliasi yaitu scrub wajah. Namun terlalu sering melakukan eksfoliasi akan membuat kulit wajah semakin tipis dan akan mudah iritasi, kemerahan atau masalah kulit yang lain. Eksfoliasi ini dianjurkan dilakukan 1-2 kali dalam seminggu agar mendapat hasil yang lebih baik.

Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Merawat Kulit Wajah!

Sumber : Disini

4. Salah mengartikan fungsi sunblock
Penggunaan sunblock atau sunscreen memang menjadi tahapan dalam skincare yang penting. Paparan sinar matahari akan membuat kulit iritasi, kemerahan, munculnya flek hitam dan tanda tanda penuaan dini. Karena itu maka diperlukan perawatan yang extra untuk menjaga kulit dari sinar matahari Yaitu dengan menggunakan sunblock. Penggunaan sunblock dilakukan setiap hari dengan minimal SPF 30++, namun jika kegiatannya lebih memungkinkan terpapar sinar matahari lebih lama maka bisa menggunakan SPF 50.
Banyak orang beranggapan sunblock tidak perlu digunakan jika cream sudah mengandung SPF, kenyataannya kandungan SPF berbeda dengan kandungan SPF pada sunblock. Pada malam hari sunblock tidak digunakan karena akan menyumbat pori pori dan mengakibatkan komedo ataupun kulit berjerawat.


Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Merawat Kulit Wajah!

Sumber : Disini


5. Penggunaan skincare yang berlebih
Produk skincare sudah banyak sekali, bisa ditemukan di berbagai tempat dengan brand dan kualitas yang berbeda. Tidak hanya mudah didapatkan namun produk skincare menawarkan berbagai macam kegunaan mulai dari faciah wash, toner, serum, scrub, pelembab, masker dan masih banyak lagi. Tetapi banyak yang tidak mengetahui bahwa terlalu banyak menggunakan skincare juga tidaklah baik untuk kulit. Kelebihan dalam menggunakan produk skincare malah akan membuat masalah bagi kulit seperti ruam dan gatal, bruntusan atau jerawatan yang parah, kulit tampak mengkilap tetapi tidak berminyak, kulit berminyak dan banyak lagi. Penggunaan skincare harus disesuaikan dengan jenis kulit dan apa yang di perlukan oleh kulit, biasakan menghentikan pemakaian skincare jika merasa kulit panas dan gatal. jangan lupa untuk melihat kandungan dalam setiap skincare yang digunakan.

Hal Yang Sering Dilupakan Dalam Merawat Kulit Wajah!

Sumber : Disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
batzforum dan 2 lainnya memberi reputasi
lahhh berlebihan make skincare juga ga baik yakk ternyata..
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pernah banget make skin care berlebihan
muka ane jadi kusem malahan, terus setelah baca-baca ane coba ikutin aturan pakainya
syukurlah jadi kembali normal
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yaaa benar itu semua harus banget dipelajarinnnn karena gak selamanya perawatan yg terlalu intens akan hasilin yg baik, pelan pelannn
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah iya nih yang nomor 2 pernah juga ane lakuin, menggunakan masker wajah lebih dari 30 menit, harapannya sih biar lebih menutrusi kulit wajah tapi setelah dibersihkan kulit malah agak kering jadinya. Oke nice info sist...
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di