CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
10 Mitos dan Fakta Virus Corona Terbaru yang Wajib Diketahui Menurut WHO
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0e7bfa7276860083aa0f6/10-mitos-dan-fakta-virus-corona-terbaru-yang-wajib-diketahui-menurut-who

10 Mitos dan Fakta Virus Corona Terbaru yang Wajib Diketahui Menurut WHO

10 Mitos dan Fakta Virus Corona Terbaru yang Wajib Diketahui Menurut WHO

Kita tahu bahwa virus corona ini mulai muncul di Kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019 lalu dan hingga saat ini virus tersebut terus menyebar hingga belahan dunia. Bahkan Arab Saudi mengeluarkan kebijakan beberapa Negara tidak boleh masuk kawasan Arab Saudi untuk menjalankan ibadah umrah, salah satunya adalah Negara kita tercinta yaitu Indonesia.


Negara Indonesia sendiri akhir-akhir ini sudah banyak yang terpapar virus Covid-19. Berdasarkan situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan bahwa terdapat sejumlah kekeliruan mengenai virus corona atau Covid-19. WHO menyebutkan terdapat 10 kekeliruan tentang virus corona atau Covid-19 tersebut :



1. Virus Corona Menular Dari Gigitan Nyamuk?


Belum ada informasi lebih lanjut yang menunjukkan bahwa virus ini dapat ditularkan oleh nyamuk. Covid-19 adalah virus pernapasan yang menyebar terutama melalui tetesan air liur atau droppled yang hasilkan dari seseorang ketika sedang batuk atau bersin. Untuk melindungi diri, hindari kotak langsung dengan siapa pun yang sedang mengalami batuk dan bersin-bersin.


2. Pengering Tangan Efektif Membunuh Covid-19?


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, pengering tangan tidak efektif dalam membunuh Covid-19. Cuci tangan menggunakan sabun dan air adalah cara terbaik. Setelah tangan dibersihkan, keringkan dengan menggunakan handuuk kertas.



3. Hewan Peliharaan Dapat Menularkan Covid-19?


Saat ini, tidak ada bukti yang tepat bahwa hewan peliharaan seperti kucing atau anjing dapat terinfeksi Covid-19. Cuci tangan pakai sabun setelah kontak dengan hewan peliharaan dapat melindungi dari berbagai bakteri umum seperti E coli dan Salmonella yang dapat berpindah di antara hewan peliharaan dan manusia.



4. Menyemprotkan Alkohol atau Klorin Ke Seluruh Tubuh Dapat Membunuh Covid-19?


WHO menjelaskan bahwa menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh tidak akan dapat membunuh virus yang telah memasuki tubuh. Menyemprotkan semacam itu bisa berbahaya bagi pakaian atau selaput lendir.



5. Lampu Desinfeksi Ultraviolet Dapat Membunuh Covid-19?


Jangan percaya apabila ada seseorang yang mengatakan seperti itu, itu salah total alias HOAX!!!. Lampu UV tidak digunakan untuk mensterilkan tangan atau area kulit karena radiassi UV dapat menyebabkan iritasi kulit, tidak membunuh virus tetapi menambah virus.


6. Cuaca Dingin dan Salju Membunuh Covid-19?


WHO menjelaskan bahwa mitos ini tidak perlu dipercaya. Cuaca dingin tidak dapat membunuh virus. Suhu tubuh manusia normal tetap sekitar 36,5°C hingga 37°C , terlepas dari suhu eksternal atau cuaca. Cara paling efektif untuk melindungi diri dari virus adalah dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air.



7.  Antibiotik Mencegah Covid-19?


Itu salah dan tidak benar, antibiotik tidak bekerja melawan virus dan hanya bekerja melawan bakteri. Covid-19 adalah virus dan oleh karena itu, antibiotik tidak boleh digunakan sebagai sarana pencegahan atau pengobatan. Bisa-bisa kamu yang diserang sama antibiotiknya karena kebinngungan hehehe.



8. Makan Bawang Putih Mencegah Infeksi Covid-19?


Bawang putih merupakan makanan sehat yang mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba. Namun, tidak ada bukti nyata saat ini bahwa makan bawang putih telah melindungi orang yang terinfeksi Covid-19.


9. Vaksin Melawan Pneumonia Melindungi Diri Dari Covid-19?


Vaksin terhadap pneumonia, seperti vaksi pneumokokus dan vaksin Haemophilus Influenza tipe B (Hib), tidak memberikan perlindungan terhadap Covid-19.

Virus ini sangat baru dan berbeda dengan virus-virus lainnya sehingga harus membutuhkan vaksi sendiri. Para peneliti di seluruh dunia sedang berusaha mengembangkan vaksin melawan Covid-19, dan WHO mendukung semua upaya mereka.



10. Mandi Air Panas Mencegah Covid-19?


WHO mengatakan mandi air panas tidak akan mencegah kalian terkena Covid-19. Suhu tubuh normal manusia tetap berada di sekitar 36,5°C hingga 37°C , terlepas mandi atau tidak. Sebenarnya, mandi dengan air yang sangat panas bisa berbahaya bagi tubuh, karena bisa membakar dan menyebabkan iritasi kulit.

Cara terbaik untuk melindungi diri dari Covid-19 adalah dengan sering membersihkan tangan. Dengan melakukan ini, kalian menghilangkan virus yang mungkin ada di tangan dan menghindari infeksi yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung.



bnyak mitos belaka ya gan..
Lihat 1 balasan
Sepertinya lebih banyak mitos dibanding Calon Vaksin Covid-19 itu sendiri,
yah mau gimanapun, semoga Covid-19 segera hilang di muka bumi agar kita bisa hidup normal kembali.

emoticon-Mewek
Diubah oleh riendzy92
Aamiin semoga segera berakhir virus corona


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di