CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Kepulauan Riau /
[Coc Reg. Kepulauan Riau] Yang Unik di Kepri, Klenteng Dililit Akar Beringin!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0e394a2d19550f81299c5/coc-reg-kepulauan-riau-yang-unik-di-kepri-klenteng-dililit-akar-beringin

[Coc Reg. Kepulauan Riau] Yang Unik di Kepri, Klenteng Dililit Akar Beringin!


Jika Agan dan Sista sedang berada di Kepulauan Riau harus ke Tanjung Pinang dan sempatkan untuk berkunjung ke daerah kelurahan Senggarang. Di sini ada satu klenteng yang kalau sekilas dilihat mirip Angkor Wat di Kamboja.

Kemiripan itu bukan dari segi ukuran tapi kondisi tembok klenteng yang terlilit akar pohon beringin raksasa. Klenteng Tien Shang Miao namanya. Biasanya warga lokal sering disebut Klenteng Beringin lantaran bangunannya yang seolah-olah ada di dalam pohon beringin.

Klenteng ini berada hanya sekitar 5 meter dari bibir pantai, berdiri di kawasan rumah penduduk kampung Boyan yang mayoritas adalah etnis Tionghoa. Gak jauh dari kawasan ini juga ada pasar, sekolah dasar dan lapangan yang jadi semacam alun-alun warga setempat.

Menurut informasi, klenteng ini dulunya rumah seorang Kapiten bernama Chio Ch’en pada 1800-an. Setelah Kapiten itu meninggal, warga Senggarang pun menjadikannya rumah ibadah bagi etnis Buddha.

[Coc Reg. Kepulauan Riau] Yang Unik di Kepri, Klenteng Dililit Akar Beringin!
sumber: kompasiana

Ane gak tau gimana awalnya bangunan itu terlilit akar pohon. Pohon beringinnya juga sudah 200 tahun. Itu pohon bukan sembarangan, enggak boleh dipotong.

Lazimnya bangunan tua, klenteng ini pun tak lepas dari cerita mistis. Akar pohon beringin itu setiap tahun selalu bertambah banyak, namun bagian bata tembok yang sudah ratusan tahun itu tidak rusak.

Menurut cerita yang ane tau, pernah ada beberapa pejabat yang mencoba merenovasi bangunan klenteng itu dan memotong akar-akar pohon beringin yang melilitnya. Namun usaha itu selalu gagal konon karena 'penghuninya' tidak mengizinkan.



Dulunya semua tertutup pohon. Ada orang Jakarta mau perbaiki, "dia" enggak kasih. Ada yang mau bangun lagi dia tak mau kasih juga. Lampu juga enggak mau terlalu terang, kalau malam di sini hanya remang-remang.

Hingga kini klenteng tersebut masih digunakan sebagai tempat ibadah. Hio terus dibakar.
Gak hanya warga lokal loh GanSist, banyak turis domestik hingga mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Tiongkok yang datang berdoa dan meminta berkah.

Gimana Agan dan Sista? Keren kan! Yuk setelah pandemi ini berakhir agendakan trip ke Kepulauan Riau dan berkunjung kesini.

sumber: ⛩️⛩️⛩️
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 8 lainnya memberi reputasi
emoticon-Pertamax
mantap terniat..
btw bagus ya klentengnyaemoticon-Matabelo
Wah unik sekali viharanya
Salah satu diantara keindahan dan keunikan Indonesia, patut dijaga.
Dari fotonya saja aura mistisnya kerasa kuat bener
Set dah post jam 00.00 niyat amat
emoticon-Matabelo


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di