CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ceramah Pakai Topi Jerusalem, Penampilan Ustaz Ini Jadi Sorotan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0d30609b5ca0714653af9/ceramah-pakai-topi-jerusalem-penampilan-ustaz-ini-jadi-sorotan

Ceramah Pakai Topi Jerusalem, Penampilan Ustaz Ini Jadi Sorotan

Ceramah Pakai Topi Jerusalem, Penampilan Ustaz Ini Jadi Sorotan


Suara.com - Seorang ustaz menyita perhatian publik setelah membawakan ceramah dengan pakaian yang berbeda dari penceramah pada umumnya. Ia mengenakan topi bertuliskan Jerusalem dan kaos oblong berwarna hitam yang dihiasi tulisan Denim.

Belakangan diketahui, pria itu adalah Ustaz Evie Effendie . Dalam sebuah video yang beredar, ustaz tersebut tampak menyampaikan ceramah mengenai malam Nishfu Syakban.

Namun penampilan Ustaz Evie Effendie justru mendapat komentar pedas dari sejumlah warganet. Terlebih dalam video yang tersebar, pria itu sempat menyinggung soal penampilannya yang memakai topi bertuliskan Jerusalem dan mengaitkannya dengan hadis Nabi.

Ia mengatakan, "Nishfu syakban ini rata-rata hadisnya cacat. Tidak nyambung ke Nabi....qala rasulillah, Rasul bersabda 'Barang siapa memakai topi Jerussalem, dia terancam masuk nerak' pasti laku".

Pernyataan ini kemudian ditanggapi oleh oleh Ustaz Dr. Syarif Hade melalui akun Facebook pribadinya. Ia mempertanyakan dasar acuan penampilan Ustaz Evie Effendie lantaran dinilai tidak mencerminkan seorang penceramah.

"Pakai kaos oblong Denim. Pakai topi Jerusalem. Dalilnya mana? Menyampaikan "ilmu agama" dengan cara dan style seperti ini ikut ajaran siapa? Dalilnya mana?," tulisnya seperti dikutip Suara.com , Selasa (22/6/2020).

Selain itu, menurut Ustaz Dr Syarif Hade semestinya Ustaz Evie Effendie memperbaiki terlebih dahulu isi ceramahnya karena dianggap tak sesuai dengan dasar keilmuan Islam sehingga ia memberikan sentilan.

"Sok-sokan mempersoalkan dalil amaliah nishfu Syakban! Perbaiki saja dulu "qala rasulillah"-mu. Tambah wawasanmu soal hadis agar tak asal bunyi "dhaif nakir". Tolong pensiun saja jadi ustaz! Dakwah boleh, jadi ustaz jangan!," imbuhnya.

Kritik dari ustaz tersebut lantas mendapat sambutan dari warganet lainnya yang sebagian merasa sependapat.

"Ustaz dadakan, ilmu belum memadai tapi pede banget," kata Urip Sobir***.

"Secara adab saja udah kena..ya yai...ilmu juga kacau balau..hadeehhh tapi peminatnya anak-anak muda yang awam agama," timpal Syah***.

Meski begitu, ada pula yang memberikan pembelaan yang mengatakan bahwa gaya ceramah Ustaz Evie Effendie memang memiliki ciri khas tersendiri.

"Cara berdakwah dengan cara ini banyak nilai positif ny...kalo hanya dakwah untuk orang yg solat rajin k mesjid rajin...itu biasa...yg luar biasa mengajak org yg ahli maksiat bisa mengurangi maksiat terlebih lagi hijrah jauh lebih baik....ust evi punyaciti khas tersendiri..," kata Bangja Fir***.

"Ini namanya kang Evie Efendi ustad. Memang yg kek gini yg digemari kang bukan yg kasi tausiah datar dan pakaiannya kaya kemesjid doang ustad,, itulah keadaan masyarakat kita kang. Sudah tugas kita yg memahami lebih untuk mengarahkan," tulis Reza Abd***.

Sementara itu, setelah ditelusuri lebih jauh mengenai sosok Ustaz Evie Efendie, Suara.com menemukan sejumlah fakta.
Ustaz Effendie rupanya bukan sosok asing di kalangan anak muda. Ia merupakan seorang penceramah yang memiliki gaya penampilan kasual seperti milenial.

Meski begitu, Ustaz Evie Effendi sempat menuai kontroversi lantaran sempat menyebut 'Nabi Muhammad sesat' dalam sebuah ceramahnya.

Kala itu ia menafsirkan surat Ad-Dhuha ayat 7 dan menyatakan semua orang di muka bumi ini pernah sesat tak terkecuali dengan Nabi Muhammad.

Akibat pernyataan itu, Ustaz Evie Effendi dilaporkan ke Polda Jabar oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) atas dugaan pelanggaran UU ITE pada 11 Agustus 2018.

Namun, laporan tersebut kemudia dicabut setelah kedua belah pihak sepakat berdamai. Ustaz Evie Effendi pun sempat menyampaikan permohonan maaf kepada publik melalui media sosial pribadinya.


https://www.suara.com/news/2020/06/2...i-jadi-sorotan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyukyunana dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
itu ceramah ato ngelantur...?emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 92 balasan
Barang siapa yang menyerupai....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan 5 lainnya memberi reputasi
ustadnya anak muda kali..
segmennya berbeda..
ceramahnya yg ringan2..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 5 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
kajian internal rupanya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Org.sembarangaN dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bukan urusan saya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
civil war
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
"ustad"
skip aja deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
wajib pake dresscode emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Bener kata Ryu Hasan
Jualan aktivasi otak aja laku pdhl dikibulin

Apalagi jualan agama emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
beberapa kenalan gue sering bet dengerin atau nonton ini.
Gue sih kurang demen
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan entop memberi reputasi
Diubah oleh mubafirs
Quote:


Oke, skip. emoticon-Big Grin
Asal main tafsir sendiri gitu demi mendongkrak popularitas?

Idola ane tetap (Alm.) KH. Zainuddin MZ.
Belum ada yang menggantikan sosok bilau selaku dai hebat di benak ane.
Adem, sederhana, logis, dan humoris.

emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Sengaja bikin kontroversi biar jadi perhatian

Orang2 akhirnya rame nyari di yutub, klik video, dengerin ceramahnya, pesan yg mau disampaikan akhirnya nyampe ke masyarakat luas

Bonusnya ya dapet like, subscribe, ad sense emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bedakan tukang jual bacot tukang ceramah pendakwah ulama kyai....nah yg ini tukang bacot ajah masihan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan entop memberi reputasi
Sekarang yg di sebut ustadz kayak gimana sih..kok banyak banget dikit2 ustadz gitu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.abi dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Dilihat pakaiannya saja bisa menunjukkan orang itu sembarangan atau tidak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
ya akhi, harusnya pemerintah kasih syarat misal kalo mw ceramah musti pake jubah gamis, clana cingkrang, jenggot panjang, jidat item, biar ga menyesatkan umat emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Agan



profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di