CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Yang Namanya Data Pengangguran Itu Enggak Ada, Makanya Ada Program Kartu Prakerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0bf0d337f9313514b6239/yang-namanya-data-pengangguran-itu-enggak-ada-makanya-ada-program-kartu-prakerja

Yang Namanya Data Pengangguran Itu Enggak Ada, Makanya Ada Program Kartu Prakerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengakui sulitnya mengetahui angka pengangguran secara pasti untuk mengikuti program Kartu Prakerja.

"Saya perlu sampaikan ini, yang namanya data pengangguran itu enggak ada. Jadi, data BPS menyatakan angka pengangguran kita 6,88 juta, itu adalah survei bukan sensus. Jadi, tidak ada nama dan alamatnya siapa 6,88 juta itu," bebernya dalam webinar, Jumat (19/6/2020).

"Kemudian, kita juga harus melihat bahwa 74 juta dari 131 juta pekerja Indonesia itu kebanyakan di sektor informal. Kalau di sektor informal, sebagian besar tidak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Peserta BPJS Ketenagakerjaan hanya 22 juta," tambah dia.

Baca juga: Pemerintah: Kartu Prakerja Bukan Lelang Pengadaan Barang dan Jasa

Sehingga sebut dia, yang namanya pengangguran saja itu hanya proksi kalau menggunakan data BPJS Ketenagakerjaan.

"Yaitu mereka yang mengambil JHT atau berhenti mengiur karena dianggap sebagai orang yang kehilangan pekerjaan. Padahal belum tentu," lanjutnya.

Denni kembali menegaskan kesulitan dalam mengetahui secara pasti angka pengangguran. Apalagi program jaringan pengaman sosial (safety net) dalam bentuk pelatihan online memprioritaskan para peserta yang terkena PHK karena dampak pandemi Covid-19.

"Jadi bapak dan ibu, itu situasi data dari kita. Memang tidak ada data. Oleh karena itu, pilihannya adalah menggunakan Kartu Prakerja bagi yang lahir prematur di zaman yang salah," ucapnya.

Denni menyebutkan Program Kartu Prakerja sebagai program yang baru berusia sangat dini. "Ini masih bayi, banyak yang harus dilakukan agar bisa tumbuh kuat. Apakah ada alternatif lain untuk menyelamatkan kalangan menengah saat pandemi ini? Jika tidak ada, apakah status quo lebih baik?" tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Tekan Angka Pengangguran Agar Tidak Tembus Dua Digit

Modifikasi itu, kata dia, dilakukan oleh Pemerintah untuk menyikapi situasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Kartu Prakerja ini menjadi bantuan semi-BLT,” ujarnya.

Karena itu, agar BLT itu tepat sasaran, Misbakhun mengatakan pendaftar yang membutuhkan mendaftar langsung melalui situs daring yang disediakan Pemerintah.

Kemudian setelah mendaftar, mereka yang butuh BLT diharuskan melakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan dalam KTP, dan juga mesti berswafoto bersama KTP-nya untuk diverifikasi menggunakan metode face recognition.

Sistem daring Kartu Prakerja itu juga secara otomatis mengonfirmasi data pendaftar ke situs Kependudukan dan Catatan Sipil, serta situs sistem informasi pendidikan nasional yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengonfirmasi tingkat pendidikan pendaftar.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat memaparkan dari awal dibuka hingga Mei 2020, terdapat 9,4 juta orang yang mendaftar program Kartu Prakerja melalui laman prakerja.go.id.

Sementara untuk jumlah peserta yang lolos gelombang I dan II tercatat mencapai 456.265 orang. Bendahara Negara itu pun memastikan, seluruh peserta yang lolos gelombang I dan II telah mendapatkan pencairan dana insentif yang dijanjikan pemerintah.

Hingga akhir tahun, pemerintah menargetkan 5,6 juta peserta bisa menerima menfaat dari Kartu Prakerja, dengan anggaran sebesar Rp 20 triliun. Dari anggaran tersebut, setiap peserta mendapat insentif totalnya sebesar Rp 3.550.000.

Sumur
https://money.kompas.com/read/2020/0...page=all#page2

Janji kampanye yg sangat populer pas kampanye ya harus ditepati, jgn kyk oke oce si anu antara ada dan tiada emoticon-Ngakak (S) Namanya juga kebijakan pemerintah saat kondisi kaga normal gini pandemi corona..

KPK,BPK juga harus kerja membantu mengawasi, mengevaluasi. Ada yg menyelewengkan tangkap seperti dana desa.

This
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novitasari94 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ikardus
Bener juga prakerja jebakan Batman buat pengangguran emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan galuhsuda memberi reputasi
kalau emang nganggur beneran, kolom pekerjaannya diisi Karyawan Swasta gitu? emoticon-Bingung
Diubah oleh yp9nn
ga paham gua
Ceo, cco bikin konten ?. . Serius?. .
Tp buka usahA sendiri auto ceo sih. .
Diubah oleh eddy03
Lihat 1 balasan
Kartu Prank Kerja akan masuk catatan hitam sejarah kelam bangsa +62 emoticon-Hansip
profile-picture
jangan.lupa memberi reputasi
Ya kalau materi yang dipersoalkan wajar.. Ada sarana yang lebih hemat.. Misalnya lewat TVRI seperti zaman TPI dulu.. Bahkan tidak hanya akan menyasar 5.6 jt calon.. Dan dgn adanya iklan malah bisa jadi profit center..

Lha ini satu orang 1 jt rupiah.. Pemborosan banget apalagi di masa pandemic gini..

Ini baru satu masalah saja..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alisson.13 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ohhh gitu toh penjelasannya, waaaa nice info banget gannn thankyouuu
profile-picture
jangan.lupa memberi reputasi
Cuman nonton video aja mahal bukan praktik langsung
Apalagi liat besaran dananya
profile-picture
batakolonjong memberi reputasi
Prakerja taik ledik!

Program tolol

Seharusnya untuk buat sekolah vokasi yg bener bener skill, jelas kelihatan outputnya nanti, untuk kebutuhan industri dalam negeri, ngk usah pake orang cina anjerrr

Ini malah pelatihan video tolol ngk mutu... emoticon-Wakaka

Anggaranya ngeri kali,,,emoticon-Wow liat video tolol kek gitu buat apa coba anjeng
profile-picture
alisson.13 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di