CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Ini Dia Perbedaan Windows Biasa Sama Windows Server
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0ac5768cc9575fe0f39ad/ini-dia-perbedaan-windows-biasa-sama-windows-server

Ini Dia Perbedaan Windows Biasa Sama Windows Server

Ini Dia Perbedaan Windows Biasa Sama Windows Server
Jika kalian adalah pengguna os Windows biasa, kalian mungkin hanya menemukan versi Windows seperti Home, Pro, Education, dan Enterprise. Tetapi tahukah kalian bahwa Microsoft juga menerbitkan Windows Server dari sistem operasinya. Mari kita lihat perbedaan Windows Server dengan Windows biasa.

Windows Server Memiliki Enterprise Management Software 
Karena Windows Server ditujukan untuk bisnis, ini mencakup banyak software perusahaan. Berikut adalah beberapa peran yang dapat dilakukan server berkat alat-alat ini:

1. Active Directory: Active Directory adalah user management service yang memungkinkan server untuk bertindak sebagai pengontrol domain. Alih-alih masuk ke komputer lokal, pengontrol domain menangani semua otentikasi akun pengguna.
2. DHCP: DHCP, atau Dynamic Host Configuration Protocol, adalah protokol yang memungkinkan server secara otomatis menetapkan alamat IP untuk semua perangkat di jaringan. Di rumah, router kalian mungkin menangani ini. Tetapi dalam pengaturan bisnis, staf IT dapat memanfaatkan fungsionalitas DHCP yang lebih besar di Windows Server. 
3. File dan Storage: Memiliki server file untuk perusahaan kalian adalah penggunaan umum lainnya. Ini memungkinkan kalian menyimpan data penting di lokasi pusat dan mengatur izin untuk mengontrol siapa yang dapat mengakses apa. 
4. Print Services: Jika sebuah bisnis memiliki lusinan printer di seluruh gedung, ini bisa membuang waktu staf IT untuk mengonfigurasinya secara terpisah untuk setiap workstation baru. Menyiapkan print server memungkinkan kalian memetakan printer dengan mudah ke komputer dan mengurangi pekerjaan yang berlebihan. 
5. Windows Update Services: Seringkali, bisnis tidak ingin semua Pembaruan Windows segera datang. Dengan menyiapkan server sebagai Windows Update controller, kalian dapat merutekan semua pembaruan workstation melalui server itu dan mengonfigurasi aturan khusus untuk bagaimana mereka seharusnya bekerja. 

Ini hanya beberapa peran server yang dapat ditangani oleh Windows Server. Seringkali, perusahaan akan memiliki lebih dari satu server dan membagi peran di atas di beberapa perangkat. Sistem operasi Windows biasa tidak menyertakan kemampuan ini. 

Windows Server Memiliki Lebih Sedikit Keterbatasan Hardware 
Kebanyakan orang tidak khawatir tentang jumlah maksimum RAM yang dapat mereka masukkan ke dalam komputer mereka. Windows 10 Pro memungkinkan kalian untuk menginstal hingga 2TB RAM yang sangat besar. Namun, sebagian besar pengguna tidak memiliki lebih dari 32GB RAM di sistem mereka, jadi bahkan menginstal 1TB RAM akan menjadi gila. 

Mengetahui hal ini, dapatkah kalian percaya bahwa Windows Server mendukung hingga 24TB RAM ? Ini juga memungkinkan kalian untuk menggunakan hingga 64 soket CPU, yang jauh lebih besar dari dua soket yang didukung Windows 10 Pro. Ini mungkin terdengar konyol, tetapi ada alasan bagus mengapa menggunakan hardware setinggi ini. Sebuah server dapat memberi daya fungsionalitas penting bagi ratusan orang dalam suatu bisnis, sehingga seringkali harus sangat kuat. Sebagai contoh, server yang menjalankan lusinan mesin virtual membutuhkan banyak RAM agar semuanya berjalan dengan lancar pada saat yang sama. 

Sumur:

Quote:


24 TB RAM.. Amazing
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di