CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
5 Penyebab Windows Sering Crash
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0aa860577a910d735efab/5-penyebab-windows-sering-crash

5 Penyebab Windows Sering Crash

5 Penyebab Windows Sering Crash
Windows crash sering terjadi entah itu blue screen of death atau sistem yang benar-benar terkunci dan itu sangat membuat kita kesal. Ketika crash terjadi, kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana mencegah masalah ini di kemudian hari. Mari kita lihat alasan paling umum penyebab Windows crash, dan apa yang harus dilakukan ketika Windows terus terjadi crash.

1. Masalah RAM 
Karena komputer kalian menyimpan data penting dalam RAM, masalah dengan memori kalian dapat menyebabkan Windows macet. Error seperti Fatal Exception Error biasanya muncul ketika Windows mencoba mengambil data dari memori tetapi tidak dapat melakukannya dengan benar. Jika ini terus terjadi, RAM kalian mungkin gagal. Kalian dapat menggunakan tool gratis seperti MemTest86 untuk melihat apakah ada masalah dengan RAM kalian. 

Kalian juga perlu memastikan bahwa RAM stick kalian ditempatkan dengan benar di slotnya. RAM yang tidak mencukupi dapat menyebabkan sistem kalian berhenti, biasanya tidak akan menyebabkan Windows crash. Tetapi jika kalian yakin bahwa RAM bukanlah penyebabnya, kadang – kadang masalah motherboard dapat menyebabkan hal yang serupa.

2. Masalah Driver 
Driver adalah software khusus yang memungkinkan Windows untuk berinteraksi dengan berbagai hardware yang terhubung ke komputer kalian. Driver seringkali menginstal dan memperbarui secara otomatis ketika kalian menghubungkan perangkat baru atau menjalankan Windows Update. Namun, ketika driver memburuk, mereka dapat menyebabkan masalah serius. 

Menginstal driver yang salah secara manual, atau memperbarui ke versi buggy yang disediakan oleh pabrikan, adalah cara yang umum yang menyebabkan hal ini terjadi. Saat memecahkan masalah error blue screen , perhatikan untuk memeriksa hardware tertentu, karena mungkin itu penyebabnya. Ini juga merupakan ide bagus untuk membuka Device Manager (dapat diakses dengan mengklik kanan tombol Start) dan memeriksa simbol-simbol peringatan, yang mewakili konflik hardware. 

3. Hard Drive Gagal 
Jika drive penyimpanan di komputer kalian rusak, kalian mungkin akan mengalami crash Windows. Ini mungkin bisa terlihat melalui crash yang hanya terjadi ketika kalian mencoba membuka file tertentu, yang menunjukkan bahwa bagian tertentu dari drive ada yang rusak. 

Untuk HDD yang lebih lama, bunyi klik adalah tanda lain dari drive yang gagal. Karena Windows perlu mengakses file di disk penyimpanan kalian agar dapat berjalan dengan baik, Windows dapat macet jika disk tidak dapat membaca file-file tersebut. Baca Juga: Kalian Harus Tahu Perbedaan Warna Hardisk WD 

4. Komputer Yang Terlalu Panas 
Terlalu banyak panas menyebabkan masalah besar bagi komponen sensitif di dalam komputer kalian. Sistem yang berjalan terlalu panas untuk jangka waktu yang lama mungkin menjadi rusak secara permanen. Untuk mengatasi hal ini, komputer kalian akan sering mati dengan sendirinya ketika terlalu panas, biasanya mengakibatkan Windows crash. Masalah overheating dapat memiliki banyak sumber. 

Jika kalian memiliki PC, pastikan casing kalian memiliki ventilasi yang cukup. Kalian juga harus memeriksa untuk memastikan bahwa semua fan di dalam berfungsi dengan baik dan heatsink tidak longgar. Pastikan untuk membersihkan komputer kalian secara teratur untuk menghilangkan debu yang berlebihan juga. Jika kalian menggunakan laptop, cobalah untuk tidak meletakkannya di pangkuan kalian atau di permukaan seperti selimut, yang dapat menghalangi sumber pendinginan sistem. 

5. Infeksi Malware 
Software berbahaya, termasuk virus, Trojans, dan sampah yang tidak diinginkan lainnya, dapat menimbulkan kerusakan pada sistem kalian. Saat troubleshooting Windows 10 crash, ini saatnya kalian untuk menjalankan pemindaian anti-malware. Memindai dengan Windows Defender bawaan adalah opsi pertama yang bagus. Untuk pendapat kedua, admin sarankan untuk menginstal Malwarebytes versi gratis dan menjalankan pemindaian. Jika kalian menemukan malware, semoga crash akan hilang setelah menghapus virusnya.

Sumur:

Quote:




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di