CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef0a410b41d300ec7461653/cara-mencegah-virus-corona-masuk-di-tubuh-kita

Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita

Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita

Mungkin kita tidak asing lagi dengan virus yang satu ini, yak tepat sekali virus corona merupakan virus yang sering dibincangkan hingga sekarang. Virus Corona tersebut pertama kali dijumpai di Negeri Tirai Bambu Tiongkok atau kita sering sebut dengan Cina.

Tahukah kalian, bahwa virus Corona ini menyebar ketika partikel virus dapat masuk melalui mata, mulut, dan hidung. Oleh karena itu, ketika kalian menjumpai orang yang batuk/bersin (salah satu ciri orang terkena virus Corona) maka hindarilah mereka dengan jarak 0,5 - 2 Meter agar menjagamu tetap aman dari jangkauan partikel virus tersebut. Selain itu untuk keamanan kalian, berikanlah mereka masker agar mereka bisa batuk/bersin di dalam masker untuk melindungi orang-orang di sekitar.

Secara umum, bisa jadi kita belum tahu orang mana yang sedang terjangkit virus Corona. Untuk itu demi keamanan, hindarilah keramaian karena orang yang terinfeksi virus Corona bisa jadi tidak menunjukkan gejala apapun baik itu batuk maupun bersin. Namun perlu kalian ketahui meskipun demikian mereka masih dapat menularkan penyakitnya.

Perlu kalian ketahui juga, terkadang air liur orang yang sakit akibat virus corona dapat menempel di berbagai benda seperti tangan mereka, kenop pintu, mouse, pegangan kereta, tisu, gelas, perangkat digital, tombol lift maupun pegangan tangga bahkan kadang juga menempel di bagian luar masker. Jika kalian tidak sengaja menyentuh benda-benda tadi, lalu kemudian menyentuh wajahmu atau temanmu maka bisa jadi kalian bisa terinfeksi oleh virus Corona. Oleh karena itu untuk mengindari hal tersebut alangkah baiknya sebelum kalian menyentuh wajah terlebih dahulu mencuci tangan.


Virus Corona dalam dropped dapat menempel pada permukaan benda lebih dari 24 jam dan satu-satunya cara yang efektif untuk membasminya adalah dengan mencucinya menggunakan sabun. Oleh karena itu kita perlu mengikuti 5 langkah pencegahan agar terhindar dari virus corona.


Pencegahannya sebagai berikut :


1. Menggunakan Masker


Banyak orang yang menggunakan masker kain untuk mencegah infeksi virus Corona, padahal masker tersebut belum tentu efektif. Secara umum, ada 2 tipe masker yang bisa kalian gunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.


Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang digunakan sebagai salah satu alat pelindung diri atau APD untuk petugas medis yang merawat pasien COVID-19. Ketika melepas masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel. 



2. Cuci Tangan Dengan Benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 30 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.


Jika kalian adalah pekerja komputer yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Kalian bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer.  Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman. Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyetuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk/bersin.



3. Menerapkan Physicial Distancing dan Isolasi Mandiri
Pembatasan fisik atau physical distancing adalah salah satu langkah penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Hal ini dapat dilakukan dengan cara tidak bepergian keluar rumah, kecuali untuk keperluan yang mendesak atau darurat, seperti berbelanja kebutuhan pangan atau berobat ketika sakit. Pembatasan fisik juga dilakukan dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan selalu menggunakan masker, terutama saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.



Selama menjalani physical distancing, kalian juga perlu menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit, diduga terinfeksi virus Corona, atau sudah dinyatakan positif Covid-19. Jika kalian memiliki salah satu gejala Covid-19 yang bersifat ringan, memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di daerah yang terjangkit virus Corona dalam 14 hari terakhir, atau pernah kontak langsung dengan orang yang sudah dinyatakan positif Covid-19, kalian dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri.


Selain itu, isolasi mandiri juga dianjurkan untuk dilakukan oleh orang yang berisiko tinggi terinfeksi virus Corona, seperti lansia atau orang yang memiliki penyakit penyerta, misalnya hipertensi, diabetes, atau daya tahan tubuh yang lemah.



4. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, kalian disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti ikan, telur, dan daging tanpa lemak.


Jika bosan dengan makanan yang dimasak sendiri, kalian bisa membeli makanan di restoran yang menyediakan layanan pesan antar, namun pastikan makanan tersebut bersih dan sehat. Bila perlu, kalian juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.


Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.


5. Membersihkan Rumah dan Melakukan Disinfeksi Secara Rutin

Selain kebersihan diri, menjaga kebersihan rumah juga sangat penting dilakukan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Hal ini dikarenakan virus Corona terbukti dapat bertahan hidup selama berjam-jam dan bahkan behari-hari di permukaan suatu benda. Oleh karena itu, rumah harus rutin dibersihkan dan dilakukan disinfesi secara menyeluruh, termasuk perabotan dan peralatan rumah yang sering disentuh, seperti gagang pintu, remote televesi, kran air, dan permukaan meja.


Saat membersihkan atau melakukan disinfeksi, kalian perlu menggunakan sarung tangan dan masker, serta mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah selesai membersihkan rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona yang mungkin saja terjadi. Bila kalian mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 minggu terakhir kalian berpergian ke daerah atau negara yang terjangkit infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SUMBER : Cara Mencegah Virus Corona Masuk di Tubuh Kita
Diubah oleh ranggasss


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di