CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef04f3fc342bb214a444c8e/terlihat-aneh-inilah-sejarah-penampakan-baju-selam-saat-pertama-kali-dibuat

Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat



Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat



Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
Baju selam dimasa lalu


Pernah berfikir bagaimana pakaian selam pertama kali diciptakan?
ya, pakaian khusus para penyelam ketika pertama kali diciptakan memang tidak sesimple seperti yang sekarang kita lihat, dan pembuatan pakaian khusus ini dimulai pada awal abad ke-18.
Pada masa itu, para ilmuwan dan peneliti menciptakan pakaian selam dengan tujuan untuk membantu misi penyelamatan, pada itu saat banyak kapal (pembawa banyak harta karun) yang tenggelam dan hilang di lautan dalam perjalanan. Pakaian selam pertama kali dirancang pada tahun 1710-an dan pada sekitar tahun 1715, penemunya asal Inggris bernama John Lethbridge yang menciptakan pakaian selam tertutup sepenuhnya pertama kali, pakaian selam tersebut terdiri dari lengan kedap air, barel berisi udara yang bertekanan dan juga lubang untuk penglihatan.

Pada 1797 di Polandia, Karl Heinrich Klingert adalah orang pertama yang mulai mengembangkan pakaian selam yang terbuat dari helm logam, korset logam yang lebar, dan celana panjang dan rompi yang terbuat dari kulit tahan air. Dengan menggunakan semacam pompa, udara dapat disuplai ke penyelam melalui tabung panjang dan berbobot.

Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
baju selam klingert

Lompatan terbesar berikutnya dalam teknologi selam terjadi pada tahun 1837 dengan munculnya "Heavy footer" - pakaian selam yang dibuat untuk membungkus para penyelam dengan kulit tahan air tebal, helm logam berat, dan sepatu bot berbobot. Helm selam yang dikembangkan untuk inipun digunakan selama lebih dari seabad. Setelan akhirnya di masa modern ditemukan helm selam yang memungkinkan penyelam untuk bergerak di bawah air lebih bebas.

Pada tahun 1878, Alphonse dan Theodore Carmagnolle di Marseille, Prancis, mengembangkan setelan lapis baja dengan dua puluh lubang intip kecil dan anggota badan yang diartikulasikan, yang akhirnya diberi hak paten. Berat pakaian selam tersebut 838 pound.

Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
baju selam 1878

Ini adalah pakaian selam atmosferik berbentuk manusia (ADS) pertama - yang berarti bahwa tekanan di dalam pakaian itu adalah satu atmosfer sama seperti di permukaan darat dan karenanya penyelam tidak perlu khawatir tentang bahaya dekompresi. Sayangnya, setelan itu tidak bekerja dengan baik dan sambungannya tidak pernah benar-benar kedap air. Baju asli tersebut sekarang dipamerkan di Museum Angkatan Laut Nasional Prancis di Paris.

Pada tahun yang sama, Henry Fleuss dari London menjadi penyelam scuba pertama dengan penemuan alat bantu pernapasan bawah air (SCUBA) mandiri pertama yang menggunakan oksigen terkompresi. Dia diberi paten pada tahun 1878, dan itu menghilangkan kebutuhan penyelam untuk mengandalkan aliran udara yang dipasok permukaan.

Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
baju selam tritonia ADS

Masker karet dihubungkan ke kantung udara karet, tangki oksigen tembaga, dan scrubber untuk menghilangkan CO2 sehingga udara yang dihembuskan dapat dihirup kembali. Perangkat ini awalnya dikembangkan untuk menyelamatkan para penambang yang terperangkap didalam kondisi oksigen yang terbatas, tetapi segera dikembangkan karena potensinya untuk digunakan di bawah air. Meskipun memang membatasi kedalaman penyelam yang bekerja karena bahaya keracunan oksigen, ini adalah desain yang revolusioner.

Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
berbagai baju selam para ilmuwan

Nah gimana gan? ternyata pakaian selam di masa lalu bentuknya cukup aneh ya, mirip pakaian para astronot
tapi ya itulah gunanya ilmu pengetahuan dan penelitian, untuk terus menemukan inovasi-inovasi baru yang bisa memberikan kemudahan di masa yang akan datang emoticon-Smilie

Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat



Penulis : kamaytea
Refensi : 1

sumber foto : google


emoticon-Rate 5 Star emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi emoticon-Rate 5 Star


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kyukyunana dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kamaytea
Halaman 1 dari 5
serem2 banget desain bajunya dimasa lalu emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berita...kaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
kaya alien
Lihat 5 balasan
kaya ikonnya MICHELLIN emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasty.95 dan 2 lainnya memberi reputasi


Kl yg sekarang kayak apa bre
profile-picture
profile-picture
kyukyunana dan jazzcoustic memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
Quote:


Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat

kaya gini gan emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan jazzcoustic memberi reputasi
serem serem baju renang jadul.

ga kebayang beratnya
profile-picture
membuahi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mirip astronout yaah?? emoticon-Wow
Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
Lihat 1 balasan
Kalo malem liat baju gituan kayaknya yaa merinding juga emoticon-Smilie
mirip baju astronot...kayaknya berat juga itu baju selam jaman dulu
profile-picture
krx48 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kaya pakaian astronot

profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan sicknes memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
busyet. keburu tenggelam duluan...berat

emoticon-Ngakak
Kalo ini, baju selam di masa depan

Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
profile-picture
jasakurirjkt memberi reputasi
berasa liat baju tempur gitu kesannya emoticon-Wow
Quote:


itu kalo dereknya putus si penyelam bisa modar tenggelam di laut dalam emoticon-Takut
Ngeri juga yak...
emoticon-Matabelo
Terlihat ANEH! Inilah Sejarah PENAMPAKAN Baju Selam Saat Pertama Kali Dibuat
profile-picture
blezzernet memberi reputasi
Lihat 2 balasan
iya keren jaman dulu uda bisa bikin
Quote:


pasti panasnya bukan maen tuh baju
jaman sekarang malah sempakan doang
sekarang dah canggih
dijamin berat banget nih pasti bajunya
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di