CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Jambi /
[COC Reg. Jambi] 5 Kuliner Yang Bikin Rindu Jambi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eef868a2525c364505bdb27/coc-reg-jambi-5-kuliner-yang-bikin-rindu-jambi

[COC Reg. Jambi] 5 Kuliner Yang Bikin Rindu Jambi

Assalamu'alaikum Agan-Sista, ketemu lagi dengan ane. Kali ini thread Ane membahas mengenai kuliner khas Jambi yang membuat ane rindu. Soalnya ane sudah tidak di Jambi lagi. Ane pulang kampung sejak awal tahun 2017, berarti sudah tiga tahun ane di Jawa.

Masih teringat orang Jambi berkata, "Kau 'lah minum aek Batanghari, kagek bakal balik lagi ke Jambi. " Bisa jadi itu mitos, tapi ane juga memang rindu Jambi.

Suasana Jambi itu tenang, bahkan merupakan kota teraman, menurut ane. Ibarat kata, adem tentrem. Dulu, ane tinggal di daerah Kotabaru-Kota Jambi.

Nah, yang paling ane rindu dari Jambi adalah makanannya. Pernah suatu ketika, kawan ane bilang, "aku tuh malas ke Jawo, kareno di Jawo dak ado makanan enak, hambar galo. " Ketika itu ane sempet bertanya-tanya, masa iya sih makanan khas Jawa tidak ada yang enak, menurut ane enak-enak aja tuh. Sekarang Ane bisa setuju setelah tinggal di Jambi selama kurang lebih delapan tahun. Sudah melekat masakan khas Jambi. Ane balik ke Jawa harus menyesuaikan kembali lidah dengan makanan yang ada.

Ada juga di desa ane rumah makan Padang, dan penjual pempek. Tetapi rasanya berbeda dengan yang ada di Jambi.

Langsung aja deh, Inilah kuliner khas Jambi yang bikin nagih dan rindu Jambi.

1. Nasi Gemuk

[COC Reg. Jambi] 5 Kuliner Yang Bikin Rindu Jambi
sumber

Nasi gemuk adalah kuliner khas dari Jambi. Biasanya dijual pagi-pagi di pinggiran jalan. Ane beli sekalian berangkat kerja, jadi buat sarapan di tempat kerja.

Nasi gemuk juga bisa ditemui di Malaysia dan Singapura, tapi namanya nasi lemak.

Nasi gemuk termasuk ke dalam nasi yang ada rasanya. Dikarenakan dibuat dari nasi, santan, dan bumbu lainnya. Penyajiannya lengkap dengan sambal diberi taburan ikan teri-kacang, irisan telur dadar, dan mentimun. Oiya, tidak lupa ditambah kerupuk.

2. Gulai Ikan Patin

[COC Reg. Jambi] 5 Kuliner Yang Bikin Rindu Jambi
sumber

Gulai ikan patin dimasak menggunakan tempoyak. Tempoyak adalah fermentasi buah durian.

Tempoyak

[COC Reg. Jambi] 5 Kuliner Yang Bikin Rindu Jambi
sumber

Awal mula ane mencicipinya terasa aneh di lidah, "kok ada gulai rasa durian?" pikir ane. Tapi ada rasa pedas, asam, dan rempah yang kuat. Lama-lama nagih. Hehehe.

Gulai ikan patin ini ada manfaatnya loh. Mau tau? Yaitu menurunkan kolesterol jahat, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner, serta mengandung vitamin A, omega 3, DHA, dan EPA.

3. Mie Celor

[COC Reg. Jambi] 5 Kuliner Yang Bikin Rindu Jambi
sumber

Mie celor ini adalah mie dengan suwiran daging sapi dan kuah kaldu yang kental dan gurih. Di atasnya diberi telur rebus yang dibelah menjadi dua. Jadi pengin.

4. Kue Padamaran

[COC Reg. Jambi] 5 Kuliner Yang Bikin Rindu Jambi
sumber

Kue padamaran adalah makanan tradisional khas Jambi. Yang terbuat dari tepung beras dan santan, serta diberi kinca atau air gula merah. Rasanya manis dan gurih. Pokoknya nagih.

5. Jus Pinang

[COC Reg. Jambi] 5 Kuliner Yang Bikin Rindu Jambi
sumber

Jus pinang ini jus yang benar-benar dibuat dari buah pinang yang ditambah jahe merah, gula merah, pandan, cengkih, serai, dan kayu manis.

Jus ini juga dipercaya dapat menambah daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, dan mengobati masuk angin.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai kuliner yang membuat ane selalu rindu pulang ke Jambi. Meski ane pendatang, tetapi bagi ane Jambi juga rumah yang pernah membesarkan ane.

Semoga kelak ane bisa datang ke Jambi lagi. Walaupun hanya melancong, dan silaturahim kepada teman-teman rasa saudara. Mudah-mudahan Allah Swt memberi kesehatan, rejeki, kesempatan, dan umur panjang. Aaamiin Allahumma Aaamiin.

Terima kasih kepada Agan-Sista yang sudi mampir dan komen di mari.


Sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Terima kasih.


Oppri: @inaroses
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pajewan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 6 lainnya memberi reputasi
Rindu Jambi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Satu kata bikin lavar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
malem-malem lho, lihat ginian. Perut jadi meronta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
pempeknya juga bikin kangen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nice info Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
baru tau ada jus pinang, gimana rasanya ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kalau mie celor itu lebih ke pengaruh palembang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ngiler nih yummmieee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Makanan khas jambi hampir sama kayak di tmpatku, ada tempoyak, gulai ikan patin, ama mie celor, enak semua ...emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh uliyatis
Lihat 3 balasan
nomor 4 di makassar ada juga loh sis, tapi lupa namanya 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kayaknya enak-enak dan menggugah selera, nih. Penasaran sama tempoyaknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yang bikin penasaran itunya jusnya . secara belum tau kalo buah pinang bisa dikonsumsi. nice info👍
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan inaroses memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Apa enak itu jus pinang umi?kok liatnya aja aneh ya
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan inaroses memberi reputasi
Lihat 5 balasan
jusnya khas banget yaks

yummy
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan inaroses memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Wah enak-enak ya kulinernya
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan inaroses memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nasi gemuk kayaknya ajib. Bikin kenyang emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan inaroses memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kapan ya ke sana, jadi pingin nyicipin kulinernya. Semoga Corona cepat berlalu.
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan inaroses memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ga kuat liat pict pertama

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan inaroses memberi reputasi
Lihat 2 balasan
no 1 yummy bgt, sist.
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan inaroses memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di