CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Suka Duka Dunia per-K-POP-an di saat Pademi Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eef3c2a977513440851273b/suka-duka-dunia-per-k-pop-an-di-saat-pademi-covid-19

Suka Duka Dunia per-K-POP-an di saat Pademi Covid-19

Suka Duka Dunia per-K-POP-an di saat Pademi Covid-19
sumber gambar: pinterest
Bukan hanya dunia biasa yang terkena dampak Covid-19, tapi juga dunianya para k-popers. Tidak hanya secara fisik, namun juga secara batin. Tapi percayalah semuanya tidak selalu tentang hal buruk, tapi juga pasti ada hikmahnya baik itu dalam keadaan suka maupun duka.

Di zaman sekarang, siapasih yang tidak tahu k-pop. Walaupun pasti ada yang suka dan tidak suka, pasti mereka mengerti lah sedikit kpop itu apa.

Dunia per-kpop-an semua hal yang berbau musik dari Korea Selatan yang kebanyakan disukai kaum hawa dan tidak menutup kemungkinan kaum adam juga menyukainya. Bagi yang belum paham apa itu kpop, disini saya akan menjelaskan sedikit. K-pop merupakan singkatan dari Korean Pop, yang merupakan jenis musik popular yang berasal dari Korea Selatan.
Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negri dan popular di mancanegara. Kegandrungan akan music K-pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari yang namanya Demam Korea di berbagai negara.

Ngomong-ngomong tentang dunia per-kpop-an, Korea itu adalah negara yang kaya akan budayanya yang beragam. Biasanya musik-musik yang terkategorikan dalam genre kpop ini adalah genre campuran seperti music pop barat, rock, R&B, elektronik, jaz dan hip-hop.

Sekarang ini kita memasuki zaman generasi kpop keempat. Hal ini membuat kemajuan yang sangat besar dalam industri dunia kpop. Banyak pencapaian-pencapaian yang dilakukan oleh idol-idol kpop dalam rekor-rekor dunia. Semua pencapaian ini tentunya butuh kerja keras yang luar biasa. Walaupun mereka tetap harus dihadapkan dengan sebuah rumor atau skandal yang menimpa mereka. Tapi tak semua idol menganggap itu terlalu berpengaruh untuknya. Karena ada agensi mereka yang tetap harus melindungi mereka.

Ada hal yang baik dan juga ada hal buruk disaat pademi covid-19 ini bagi dunia per-kpop-an, baik dari agensi/idol ataupun dari fans.

Pertama, kita membahas hal baik dan buruk dari agensi/idol kpop. Disaat pedemi seperti ini para agensi k-pop harus memutar otak lagi karena banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan. Seperti konser dalam negeri atau luar negeri yang sudah terjadwal harus di batalkan karena adanya social distancing dan physical distancing. Hal tersebut merugikan berbagai pihak. Tapi semua itu untungnya bisa diatasi dengan mengadakan konser online yang sudah dilakukan oleh beberapa agensi tersebut sebagai konser langsung yang batal tampil. Ketika ada penghargaan acara musik setiap minggu, acara tersebut tetap berlangsung tetapi tanpa  penoton seperti pada acara Inkigayo, Music Core dan Music Bank. Jadi hanya artis/idol-idol yang bersangkutan yang hadir. Dalam kutipan dari laman kpopchart.net menjelaskan bahwa program-program tersebut telah memutuskan acara tanpa penonton karena sudah ada yang terjangkit virus corona. Dan juga fansign yang biasanya berinteraksi langsung, sekarang Cuma bisa lewat video call. Dari semua itu, idol tidak harus mengeluarkan tenaga yang lebih.

Next Kedua, kita membahas hal baik dan buruk dari fans. Covid-19 tentu saja membuat semua orang kecewa. Dari komentar-komentar dan info yang saya baca, sebelum pademi covid-19 ini ada beberapa konser k-pop yang akan dilaksanakan di berbagai negara dan harus batal ketika virus ini muncul. Tentunya fans yang sudah terlebih dahulu membeli tiket tiba-tiba konser dibatalkan, itu membuat guncangan tersendiri untuk mereka karena uang yang dikeluarkan tidak sedikit(tidak bagi yang sultan, ya) tapi sepertinya uangnya akan tetap dibalikkan. Tapi hal lebih membuat mereka kecewa adalah, mereka tidak jadi bertemu dengan idola mereka secara langsung. Untungnya hal tersebut bisa terobati karena masih bisa melihat konser mereka secara online. Banyak fans juga yang memang  sengaja membuat taggar di twitter untuk membatalkan konser dikarena mereka ingin melindungi idolnya. Ruri(22) salah satu kpopers, mengatakan dalam komentarnya mengenai suka duka sebagai seorang fans di saat pademi covid-19 “ karena kita disarankan untuk di rumah aja, jadi lebih banyak waktu untuk streaming, bisa nabung juga buat beli album atau merchandise kpop.  Tapi yang bikin sedih itu pengiriman barangnya banyak yang tertunda, jadi menunggunya agak lama dari pengiriman yang seharusnya ”. Memang hal ini juga sempat berdampak kemarin karena menurut informasi ada penutupan bandara, sehingga mereka mengurangi jumlah penerbangan untuk pengiriman barang. Bisa saja tidak menggunakan EMS agar pengiriman cepat, tapi terkadang tidak ramah di kantong.

Memang ada banyak hal yang menjadi pukulan besar untuk dunia per-kpop-an di tahun ini. Karena kita semua sedang dihadapkan dengan yang namanya Covid-19. Semua industri musik k-pop terkena dampak dari virus ini. Tidak hanya dari agensi, idol, promisi & comeback, bahkan jadwal untuk menyapa para penggemar diseluruh dunia tidak bisa dilakukan secara langsung seperti sebelum pademi covid-19 ini .Yang paling membuat khawatir adalah grub rookie yang sedang melakukan debut ditahun ini. Mereka akan sulit melakukan promosi saat keadaan seperti ini. Kecuali mereka memang sudah memiliki fandom yang sangat kuat.

Jadi dari semua ini memang banyak lika-liku. Tapi menurut saya pribadi, selagi ada masalah pasti ada jalan keluar menuju jalan lain. Saya juga sebagai k-popers merasa betapa beratnya tahun ini. Tapi bukan berarti kita menyerah, kita harus tetap selalu mendukung idol-idol kita agar mereka tetap semangat berkarya di saat seperti ini. Yang saya tahu, akhir-akhir ini para fans dari beberapa fandom bergerak mengumpulkan donasi untuk covid-19 ini. Akan bermanfaat sekali untuk kita semua.

Widihh, Keren banget gak tuh? Bangga lah pokoknya sama kalian yang punya semangat seperti ini. Semangat terus ya untuk para k-popers. Mari kita sama-sama berdoa agar pademi covid-19 ini cepat berakhir supaya kehidupan kembali normal seperti dulu. 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Nufa99
Meskipun covid ilang, kpopers modal kuota tetep aja ga bisa ketemu bias :'))
profile-picture
Nufa99 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
di korea sultan sultan k-wiz nonton concert via drive in
dimari mantengin sopiemoticon-Leh Uga
profile-picture
Nufa99 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Pusing ane bacanya. Rapiin tritnya ngapa
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan Nufa99 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dempulnya luntur krn salon dan klinik oplas pd tutup emoticon-Turut Berduka
profile-picture
Nufa99 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Semangat Kpopers 🙌🙌
profile-picture
Nufa99 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tetep semangat kpopers emoticon-thumbsup
profile-picture
Nufa99 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di