CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dahlan Iskan Bicara Taktik Pertamina Danai Proyek Ratusan Triliun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eef1b3582d4957d0332f284/dahlan-iskan-bicara-taktik-pertamina-danai-proyek-ratusan-triliun

Dahlan Iskan Bicara Taktik Pertamina Danai Proyek Ratusan Triliun

Dahlan Iskan Bicara Taktik Pertamina Danai Proyek Ratusan Triliun
Jakarta - 

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan kembali berbicara tentang PT Pertamina (Persero). Dia mengutarakannya melalui web pribadinya disway.id.

Seperti dikutip detikcom, Minggu (21/6/2020), Dahlan memberi judul tulisannya itu 'Ledakan Momentum'. Fokus tulisannya mengenai cara Pertamina menggarap 3 proyek kilang besar yang membutuhkan dana jumbo.

"Saya salut. Proyek kilang besar Pertamina ternyata tidak dihentikan. Khususnya yang di Balikpapan dan Cilacap. Dan juga Tuban. Hanya yang Bontang saya belum tahu. Dari mana dananya? Bukankah tiga proyek raksasa itu perlu --total-- sekitar Rp 450 triliun?" tulis Dahlan.

Menurutnya, terkait dana untuk kebutuhan proyek kilang tersebut kini penyelesaiannya bukan hanya masalah teknis tapi adalah taktik. Dalam taktik ini dibutuhkan ilmu entrepreneurship bukan lagi kemampuan manajerial.

Baca juga: Dahlan Iskan Cerita Baterai Mobil Listrik Made in China

"Ups... Bukan ilmu entrepreneurship, tapi kemampuan entrepreneurship. Ada perbedaan antara ilmu, skill, dan kemampuan. Dari tiga level itu entrepreneurship adalah kasta tertingginya. Jadi, dari mana pendanaannya? Bukankah kilang Balikpapan saja perlu USD 6,9 miliar? Cilacap USD 8,5 miliar? Dan Tuban USD 15,7 miliar? Ini sudah menyangkut bukan dari mana dananya. Tapi bagaimana taktik pendanaannya," tambahnya.

Dia menduga Pertamina menggunakan ilmu seperti yang digunakan pengusaha real estate. Ketika ada pembangunan perusahaan senilai Rp 100 triliun, saat memulai proyek pengusaha tersebut pasti hanya memegang usang secuil dari nilai proyek tersebut.

"Paling ia baru punya izin lokasi. Ditambah uang untuk membebaskan secuil tanah. Yakni tanah yang di posisi-posisi kunci saja. Sekaligus untuk mengunci tanah di belakangnya. Untuk membebaskan tanah selebihnya? Untuk membuat infrastruktur? Untuk membangun rumah atau apartemennya? Ia belum punya uang! Kok sudah dimulai? Sudah pula dijajakan kepada konsumen? Itulah kasta entrepreneur," terangnya.

Cara itu diyakininya juga diterapkan Pertamina. Proyek di tiga kilang itu tetap dijalankan meskipun dana internal tidak ada.

Meski tidak punya uang sebanyak itu, tapi Pertamina memiliki nama yang besar. Dengan modal itu tentu para kontraktor hingga pemasok rela antre demi mendapatkan proyek dari Pertamina.

"Lewat nama besar Pertamina itu, kontraktor, dan pemasok masih percaya. Tagihan pasti akan dibayar. Meski kadang harus kapan-kapan. Kontraktor dan pemasok masih akan rebutan. Inilah nafas proyek Pertamina yang sesungguhnya," tuturnya.

Dengan adanya kontraktor dan pemasok maka proyek kilang itu masih bisa jalan. Terutama bagi kontraktor dan pemasok yang rela dibayar kapan-kapan.

Itu baru sebagian dari sumber modal Pertamina untuk membangun 3 kilang tersebut. Sisanya, Dahlan yakin diambil dari keuntungan penjualan harian BBM yang dinilai harganya tidak wajar.

Baca juga: Apa Rasanya Kerja Bareng Ahok? Ini Kata Bos Pertamina

"Sebagian lagi kan dari Anda. Lewat pembelian BBM yang harganya lebih mahal dari seharusnya itu. Pertamina punya dana internal. Yang sebagian adalah pendapat harian jualan BBM itu," terangnya.

Dahlan mengaku mendukung taktik pendanaan seperti itu. Agar proyek tetap jalan Pertamina sedang menjalankan kemampuan entrepreneurial-nya.

Pertamina diuntungkan dengan jaminan produknya pasti terjual habis dengan cepat. Itu artinya Pertamina bisa menjaminkan punya pendapatan pasti.

Di titik itu Pertamina sudah berbeda dengan perusahaan properti yang tadi dijelaskan. Menurut Dahlan di titik itu Pertamina kalah kelas dengan perusahaan properti yang menjual rumah mengikuti harga pasar.

"Yang saya dukung adalah taktik entrepreneurship-nya di tiga proyek itu. Bukan soal harga jual yang dibuat kemahalan itu," ucapnya.

https://m.detik.com/finance/energi/d...usan-triliun/2
kata kadrun dgn khilafah bbm gratisemoticon-Toast

drun itu duitnya buat bangun kilang drunemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeflaide dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh albetbengal
Dulu pas jaman Dahlan jadi mentri, Pertamina ga bisa d lev yg sekarang dong....

emoticon-Big Grin
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
pertamina perlu belajar ama si felix kwetiaw biar bisa lifting minyak bumi dengan cost $0emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botol.mijon dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bbm hrs gratis...
Khilafah solusinya

profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
owh buat bangun kilang toh... bagus lah...lanjutkan... dan semoga dampaknya sangat kerasa bagi masyarakat...
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Pembiayaan buat eksplorasi migas yang dilakukan oleh pemerintah, pertamina yang ditugaskan, memang biayanya besar sangat. Mau pakai skema gross split dikombinasi dengan kemampuan ilmu entrepreneurship atau apa aja ya silahkan, yang penting saling menguntungkan, terutama buat negara kita. Tulisan yang menarik btw
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
muter2 bilang aja ngutang...tapi ga keren klo plek nyebut ngutang jadi lahirlah istilah "entrepeneurship" karena Indonesia itu jelek ga mau nyebut kepengusahaan atau kewirausahaan atau bisnis...supaya makin muter emoticon-Malu (S)


profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Baru dugaan, bukan kepastian.

Yg penting hasil akhir nya bisa bagus apa tidak.
Mau ngutang, mau ngepet atau apa aja dah..
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Nyatanya tidak satupun ada pembangunan kilang yg selesai hingga sekarang.

Padahal di kampanye presiden pertama joko janjinya adalaj bikin kilang.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Si dahlan baru keluar dari goa kah samoe ga tau ada institusi yg namanya perbankan ??.. emoticon-Malu (S)

Itu pulau CDG emang lo kira d bikin pake modal internal sedayu ma podomoro gitu ??.. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan ev103 memberi reputasi
Ooh gitu ya taktiknya..emoticon-Traveller
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Gw heran di saat dunia udah mulai bergerak ke arah energi terbarukan, pemerintah kita malah ngurusin minyak sama batu bara terus. Emang cadangan minyaknya sebanyak apa sih?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Modal seharusnya bisa lewat bank, likuidasi aset non-esensial, IPO, pinjaman dari shareholder.... Mosok iya dari duit penjualan BBM sehari-hari emoticon-Leh Uga

Katanya perusahaan gede, punya ilmu enterpreneur, kok nyari modal usahanya dari ngais receh emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan valkyr7 memberi reputasi
Quote:


Jualan bbm kok ngais receh itu gmn toh bosemoticon-Hammer2
hemm.. begitu tohh.. iyain aja deh, ane kaga terlalu paham soa begituan apalagi bener apa engganya hehe
Quote:


Harap maklum lah... bbrp org disini suka meremehkan hal2 yg penting dan bernilai.. justru hal2 yg ga penting yg lbh sering dipersoalkan.. dan ga usa ditanyakan apa itu ya gan.. nanti pada tersinggung.

Selama kebijakan membawa nilai utk kemajuan, seharusnya kita dukung secara penuh siapapun presidennya.
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di