CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eef146d68cc9508543fd8ba/inilah-8-permainan-masa-kecil-yang-bikin-kangen-nostalgia-yuk

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber : Pinterest

Halo hai GanSis! Apa kabaranya ni? Semoga Agan dan Sista selalu sehat dan bahagia ya!

Di thread kali ini Ane mau mengajak GanSis sekalian untuk bernostalgia permainan masa kecil. Hayo ... masih inget nggak nama-nama permainnya? Atau masih ingat nggak, siapa nama temen mainnya dulu?

Oke, tanpa berbasa basi. Langsung aja nih, Ane kasih 8 Permainan masa kecil yang bakal bikin kangen. Cekidot!


1. Petak Umpet

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber : Pinterest

Udah pada tau dong ya dengan permainan satu ini? Kalau di daerah Ane, nama permainan ini disebut Cindong GanSis.
Cara mainnya sama kek petak umpet pada umumnya, cuma namanya doang berbeda. Ane juga kurang tau sih kenapa namanya Cindong. Dulu tuh nggak kepikiran sampe sana, taunya main, dan yang penting seru. Hahaha.


2. Bongkar Pasang

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber

Umumnya permainan ini dimainkan oleh anak perempuan ya GanSis. Bongkar Pasang atau biasa disebut BP ini terbuat dari kertas yang berbentuk boneka. Bermacam pakaian terpisah yang bisa disatukan ke boneka, membuat permainan ini semakin menyenangkan. Harganya juga sangat murah, Ane dulu sering beli kalau ada uang jajan yang sisaemoticon-Big Grin


3. Lompat Tali

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber : Pinterest

Permainan yang satu ini biasanya juga dimainkan oleh anak perempuan ya GanSis. Kalau lompat tali ala Ane dulu, itu dibuat dari beberapa karet gelang yang dikaitkan, sampai menyerupai tali yang memanjang. Permainan ini sempat menjadi mainan favorit Ane GanSis. Walaupun setelah main, kaki Ane terasa linu karena kebanyakan lompat.emoticon-Big Grin


4. Masak-masakan

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber

Ini juga sering dimainkan bocah-bocah perempuan ya GanSis. Bikin kue dari tanah, masak sayur dari daun-daun, dan banyak hayalan-hayalan lainnya.

Ane dulu main ini sampe jari berdarah GanSis. Soalnya jarinya ikut keiris emoticon-Big Grinemoticon-Frown Habis itu kapok deh main masak-masakan pake pisau Emak.


5. Kelereng
 
Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber : Pinterest

Kalau di daerah Ane, permainan ini disebut Guli. Hah? Guli? Jangan tanya Ane, karena Ane juga nggak tau kenapa namanya begituemoticon-Frown

Anak laki-laki nih yang sering main permainan ini. Biasanya kelerengnya tuh yang jadi taruhan, akan ada satu orang pemenang dan dia berhak memborong semua kelereng yang udah dikumpulkan.

Waktu SD, Ane dan temen-temen perempuan yang lain juga nggak mau kalah sama permainan yang satu ini. Anak perempuan biasanya menyebutnya dengan nama serimbang. Mainnya satu lawan satu, berhadap-hadapan. Mana mainnya sambil jongkokemoticon-Big Grin tapi seru abis.


6. Engklek

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber : Pinterest

Siap-siap kakinya pegal linu kalau selesai main ini. emoticon-Big Grin Kotak-kotak yang dilukis di tanah akan menjadi media untuk permainannya. Melompat dengan satu kaki, dan dilarang menyentuh garis, menjadi tantangan tersendiri untuk yang main. Tak lupa pemain harus memiliki gacuk, yang biasanya terbuat dari pecahan batu, marmer, atau asbes.


7. Pecah piring

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber

Terbagi menjadi dua tim, di mana tim yang satu harus menyusun beberapa batu yang berserakan karena di lempar oleh tim lawan. Sedangkan tim yang bertugas menghancurkan susunan batu dari tim penyusun, harus pandai-pandai menghindar dari lemparan bola kasti oleh tim penyusun. Ini seru GanSis, mainnya lari-larian.


8. Kartu Gambar

Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Sumber

Selain BP, permainan dari kertas yang satu ini juga seru loh. Umumnya, kartu gambar biasanya berbentuk karakter kartun. Bermacam pula cara bermain dari kertas bergambar ini. Ada yang dengan cara tepukan, atau main pasang, antara pemain biasa dan bandar saling bermain. Di zaman Ane dulu, yang punya koleksi kartu gambar paling banyak dianggap jago GanSis. Padahal, karena keseringan beli bukan menang mainemoticon-Big Grin


Oke GanSis, itu dia 8 Permainan zaman dulu yang bikin ketika teringat akan masa kecil. Sekarang, mungkin permainan di atas sudah jarang dimainkan ya? Anak-anak sekarang lebih suka bermain gadget daripada bermain di luar. Mungkin masih ada, tapi ngga banyak. Apalagi sekarang lagi musim pandemi, mainnya ya di rumah aja.

Punya pengalaman seru seputar permainan masa kecil GanSis? Skuy bagi kisahnya di komentar ya!


Opini pribadi
Referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sofiayuan dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ismilaila
Halaman 1 dari 4
Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
paling sering main ke kali emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Galasin gak ada?? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yang paling inget, main papa-mama, sama temen cewek di kamar (seriusan kagak boong)

emoticon-Malu

========

Hi! Mau dibuatkan logo gratis!?
Khusus Kaskuser aja lho!

Silakan kunjungi ke thread: GRATIS & GRATIS TIS Buruan, sebelum banyak yang antri! emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
main dokter dokteran bre emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Main nikah2an, masak2an dik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
engklek sama nekeran, emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Ini dua permainan yg ane banget sih, sampek jualan kelereng saking banyaknya punya, menang terus sih
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sebenernya permainan jadul itu banyak banget, kayak main biji karet, congklak, galah gunung, galah sin, gobak sodor, gasing, dll.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
1,5,6. Udah bertahun2 ane gak liat ada anak2 kecil di lingkuangan ane yg main itu. Sedih emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Inilah 8 Permainan Masa Kecil yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!
Doblis gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
engklek ,nekeran, gobag sodor, njuk tali njuk emping, lompat tali, wah ngangenin banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ya ampun lompat tali dulu ane jago banget gak kalah2, jadi inget temen ane cowo ada yang sok2an ikut lompat tali malah celananya robek emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pernah ane mainkan semua waktu kecil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
seru ya jaman masih bocah dulu.. pilihan permainannya banyak dan seru².. apalagi maennya rame² ama temen² sambil bercanda gitu.. emang momen yg gk terlupakan sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kemarin di daerah rumah ane, bocil-bocil pada mainan petak umpet keknya seru amat hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ogut dulu seneng maen bungkus rokok bang
sampe jadi pemulung buat ngorek tong sampah ahahahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Membuat kita bernostalgia gan, dan sekarang ini barangkali sudah berbeda jamannya. Berhubung memang semua itu merupakan perubahan jaman yang ada di permukaan bumi ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pecah piring di sini nyebutnya boy boyan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nostalgia... mau cari kawan main dah gak ada.. emoticon-Turut Berduka.. bocah sekarang mainannya gadget..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Haduh rindu masa kecil. Hanya permainan kelereng yang ane kagak terlalu bisa emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di