CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Segudang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Agan Tau !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeeeff468cc9538424ef7de/segudang-manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan-tubuh-yang-perlu-agan-tau

Segudang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Agan Tau !

Hai... agan-agan semuanya, selamat datang dithread saya emoticon-Hai
Quote:

Daun kemangi adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering digunakan dalam berbagai jenis lalapan makanan. Berbagai macam makanan seperti ayam goreng, lele goreng, ikan bakar dan sejenisnya, adalah beberapa jenis makanan yang sering dipasangkan dengan daun kemangi. Wanginya yang harum dan rasanya yang segar menambah kenikmatan tersendiri saat sedang makan. Meskipun begitu, banyak juga orang yang tidak suka dengan tanaman ini. Banyak orang menganggap rasanya yang aneh dan aromanya yang terlalu menyengat, menjadi sebab banyak orang memilih membuangnyaemoticon-Nohope. Mereka beranggapan bahwa daun kemangi hanya dijadikan sebagai 'garnis' atau hiasan makanan saja. Tapi diluar itu semua, ternyata tumbuhan yang sering diremehkan ini, memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh loh.. Daun kemangi mengandung banyak zat baik seperti anti-oksidan dan antiflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Nah, apa saja sih manfaat baik daun kemangi ? emoticon-Thinking Untuk menjawab pertanyaan itu, langsung saja berikut telah saya rangkum beberapa daftarnya, cekidott... emoticon-thumbsup

1. Menjauhkan Bau Badan Dan Bau Mulut

Quote:


Poin penting yang harus digaris bawahi oleh agan-agan semuanya, meskipun banyak orang yang tidak menyukai aroma daun kemangi yang cukup menyengat itu, tapi faktanya daun kemangi memiliki khasiat baik dapat menghilangkan bau mulut dan bau badan loh. Kandungan minyak atsirih yang terdapat dalam daun kemangi, menjadi obat mujarab untuk menghilangkan bau mulut. Mengunyah daun kemangi mentah atau langsung, dapat menghilangkan kuman-kuman penyebab bau mulut yang bersarang disela-sela gigi, gusi dan lidah.

2. Meningkatkan Selera Makan

Quote:

Selain dapat menghilangkan bau mulut yang menyengat, aroma wangi yang terdapat dalam daun kemangi, ternyata dapat meningkatkan nafsu dan selera makan. Dan ini juga menjadi alasan kenapa beberapa orang gemar menambahkan daun kemangi kedalam masakan mereka, karena selain menambahkan aroma wangi dan rasa, penambahan daun kemangi kedalam masakan juga dapat merangsang selera makan. Jadi jika ada lalapan daun kemangi disamping makanan agan, jangan buru-buru dibuang ya gan,, emoticon-Big Grin

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Quote:


Daun kemangi memang memngandung berbagai macam zat baik yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan beta-karoten, magnesium dan kalsium yang tinggi dalam daun kemangi, merupakan mineral baik yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan gemar mengonsumsi daun kemangi, terutama yang masih segar akan sangat membantu menjaga jantung. Meskipun begitu konsumsi daun kemangi ini juga harus dibarengi dengan olahraga teratur dan pola hidup yang sehat tentunya.emoticon-Smilie

4. Menjaga Gula Darah Dan Mencegah Diabetes

Quote:


Manfaat daun kemangi yang tak kalah penting bagi tubuh adalah dapat menjaga kadar gula darah. Gemar mengonsumsi daun kemangi  dapat membantu proses pelepasan gula darah menjadi lebih lamban, sehingga cocok banget dikonsumsi oleh agan yang punya kadar gula tinggi. Selain itu, konsumsi daun kemangi juga dapatdigunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Kandungan minyak esensial dalam daun kemangi, dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk sering menjadikan kemangi sebagai teman makan bagi penderita diabetes.


5. Menjaga Kesehatan Kulit

Quote:

Bagi agan yang ingin selalu tampil awet muda dan kulit yang bebas jerawat, mungkin mulai sekarang bisa mencoba memanfaatkan daun kemangi. Kandungan minyak daun kemangi ternyata sangat cocok untuk membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan debu penyebab jerawat atau komedo wajah. Untuk cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah, agan yang perlu mengambil beberapa daun kemangi, kemudian tumbuk hingga halus dan jadikan seperti pasta. Agan bisa mencampur pasta tersebut dengan bubuk kunyit atau pasta cendana. Kemudian gunakan campuran pasta tersebut sebagai masker wajah.emoticon-thumbsup

6. Menjaga Kesuburan Organ Reproduksi

Quote:

Daun kemangi mengandung senyawa arginie yang dapat menjaga dan memperkuat masa hidup sel sperma. Senyawa arginie dalam daun kemangi juga kaya akan protein yang dapat merangsang hormon pertumbuhan yang bagus untuk kesehatan reproduksi wanita. Kandungan zat alami dalam daun kemangi juga dapat membantu merangsang proses pembentukan hormon estrogen dan androgen. Oleh sebab itu mengonsumsi daun kemangi sangat bagus untuk agan dan sista yang sedang mencoba program kehamilan.emoticon-Stick Out Tongue
7. Mengobati Masalah Perut Seperti, Kembung, Masuk Angin dan Maag

Quote:


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Productions dari Purdue University menyatakan bahwa daun kemangi memiliki manfaat yang dapat mengobati maag, perut kembung, masuk angin hingga masalah pencernaan yang lain seperti infeksi usus. Daun kemangi dapat menurunkan kadar asam lambung dan membantu meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi lambung. Manfaat lain dari daun kemangi adalah dapat membantu memperlancar proses pencernaan.

8. Mengurangi Depresi

Quote:

Daun kemangi mengandung minyak alami yang dapat berfungsi sebagai obat penurun stress. Kandungan minyak alami daun kemangi dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Zat antiflamasi daun kemangi dapat merangsang neurotransmiter yang mengatur produksi hormon kebahagiaan dan meningkatkan energi. Karena manfaatnya sebagai anti stress tersebut, daun kemangi artinya juga dapat menjaga dan meningkatkan imun tubuh.emoticon-thumbsup

9. Sebagai Anti Kanker dan Obat Radang

Quote:

Kandungan tinggi antioksidan dalam daun kemangi, dapat bermanfaat untuk memerangi sel-sel kanker dalam tubuh. Kandungan fitokimia yang beragam dalam daun kemangi dapat membantu mencegah berbagai macam kanker seperti kulit, mulut dan paru-paru. Selain antioksidan, kandungan antiflamasi daun kemangi juga dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Peradangan ini dapat berupa radang sendi, radang usus atau iritasi.

Tips mengolah daun kemangi:

Setelah kita tau beberapa manfaat baik daun kemangi untuk tubuh, sekarang saya akan memberikan beberapa tips mudah dalam mengolah daun kemangi yang bisa agan coba di rumah. Yang pertama dan yang paling mudah agan bisa mengambil beberapa daun kemangi lalu dihaluskan dan kemudian diperas untuk diambil sarinya. Sari daun kemangi tersebut kemudian dapat ditambahkan dengan bubuk kunyit atau madu dan bisa diminum sebagai jamu. Agan juga bisa mengkreasikan daun kemangi kedalam campuran jus buah naga, wortel, lemon atau buah lainnya.emoticon-thumbsup

Jika agan masih tidak suka mengonsumsi jamu kemangi, mungkin karena rasanya yang masih aneh dan baunya yang tidak terbiasa, solusi lainnya adalah agan bisa mengkreasikan sari daun kemangi kedalam adonan mie. Agan bisa membuat mie berbahan daun kemangi dengan berbagai aneka toping seperti ayam atau daging kesukaan agan.emoticon-Genit Selain itu, agan bisa menambahkan daun kemangi kedalam masakan sayur, seperti sayur lodeh atau sayur nangka. Karena selain memperkuat aroma dan rasa dalam sayur lodeh, penambahan kemangi juga dapat menambah gizi dalam masakan.emoticon-Genit

Nah,,, mengingat manfaat daun kemangi yang bagus untuk tubuh tersebut, alangkah baiknya mulai sekarang agan tidak terlalu menganggap remeh tumbuhan yang satu ini. Dan mungkin mulai sekarang, agan bisa coba untuk mulai gemar mengonsumsi tumbuhan satu ini, asalkan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebih. emoticon-Blue Guy Peace

Sumber penulisan: 123

Sekian,, Itu tadi adalah beberapa manfaat baik dari daun kemangi untuk tubuh dan beberapa tips untuk mengolahnya. Terimakasih atas kunjungannya,, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Salam cendols.... emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yogapranata0008
Halaman 1 dari 3
Reserved

sebelum keduluan,, hehehe..
Sambal daun kemangi gan... kesukaan ane banget emoticon-Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ini daun bikin bambah napsu makan... dulu ane ga doyan ini daun krn baunya, cuma pas udh masuk mulud nyeeeessss bgt sampe klo makan sambel ga pake daun ini ada yg aneh ... emoticon-2 Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jadi pengen makan pecel lele..
Tapi anehnya bnyk juga yg ga doyan daun kemangi emoticon-Hammer
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ane gak suka banget sama daun ini sampai skrg, karena bau nya itu
profile-picture
profile-picture
satmofri dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
minum aja air rebusan daun kemangi setiap pagi pas perut kosong, banyak kok manfaat kesehatannya
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wahh banyak bangett ya manfaat daun kemangi ini, daun kemangi paling mantep dimakan buat lalapan barengan sama pecel lele atau pecel ayam beuhhh mantapp dahh bikin nafsu makan meningkat emoticon-2 Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
dulu sempet nggak doyan sama ini daun kemangi buat lalapn pas nyobain dimakan barengan sambel pecel lele ternyata senikmat itu rasanya mantapp emoticon-2 Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jd pengen sambel + lalap...emoticon-Malu
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Aye prefer ke keningkir gan, biarpun kemangi jg masuk petut.
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jadi lalapan lbh mantap.... nanem gampang, tumbuh cepet...
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Katanya juga, bagus untuk bagian intim wanita biar ga bau . Katanya sih yg di berita online.
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nomer 7...

Besok beli kemangi ah buat lalap, kebetulan suka makan kemangi emoticon-Ngacir2:
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
temen mkn pecel nihhh
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Kalo beli pecel ayam mesti pada gak doyan ane minta aje semua kemangi punya temen daripada berakhir di tempat sampah
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ini sering banget ditemuin sama timun dan kobis gan 😁, tapi kok sampe sekarang ane kaga doyan ya Ama kemangi ini 😪
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sya pling ska.buat lalapan.ayam bkar smbalnya pdas lalapannya daun kemangi.rsanya bner2 mak yuss...gan.rsanya pngin nmbah mkan lgi...emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane drmh daun kemangi dibikin sambel, enak gan

profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Segudang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Agan Tau !

Segudang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Agan Tau !
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di