CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Salah Jurusan Ada Manfaatnya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeea286b8408877fc36a07c/salah-jurusan-ada-manfaatnya

Salah Jurusan Ada Manfaatnya?

Salah Jurusan Ada Manfaatnya?
Sumber

Assalamu'alaikum, selamat pagi GanSit. Jumpa lagi dalam thread bareng Adiva di sini. Kali ini, aku mau bahas tentang mahasiswa lagi dong. Ngomong-ngomong soal kuliah, kamu pernah mendengar mahasiswa berkata, "Ah, aku sepertinya salah masuk jurusan." Pernah, kan? Pastinya.

Nah, sebenarnya ada gak sih yang namanya salah jurusan? Mungkin emang iya, ada. Namun, setiap kejadian pasti ada hikmahnya bukan? Lalu, kaitannya dengan salah jurusan apa?

Dalam hidup, kita gak boleh loh melihat sesuatu dari sisi negatifnya terus. Cobalah untuk belajar mengambil hikmah, dan mencari sisi positif atau manfaat dari setiap kesalahan. Menurut kamu, ada gak manfaat yang kamu dapatkan dari salah jurusan tadi? Mari kita lihat.

1. Dapat Kesempatan Belajar Hal Baru

Hei, saat kamu berkata kamu salah jurusan. Coba deh kamu lihat kembali. Apa iya kamu rugi masuk di situ. Sepertinya tidak, justru menguntungkan loh. Karena apa? Karena kamu punya kesempatan untuk belajar ilmu baru. Ilmu di luar apa yang emang sudah kamu sukai sebelumnya. Kesalahan yang menguntungkan bukan?

Awal merasa kamu salah jurusan, mungkin memang berat. Tapi coba deh untuk belajar menyukainya, nanti pasti akan jatuh cinta juga. Dan sesuatu yang dilakukan karena cinta, pasti akan terasa lebih ringan dan menyenangkan.😁

2. Bisa Belajar Bertanggung Jawab

Manfaat lain dari salah jurusan adalah kamu bisa sedikit demi sedikit belajar untuk bertanggung jawab. Lah, kok bertanggung jawab? Kayak orang habis baperin anak orang saja.emoticon-Bingung (S)

Begini nih, kawan. Saat kamu salah pilihan, salah dalam melangkah, atau melakukan kesalahan apa saja. Kamu dituntut untuk bertanggung jawab bukan? Nah, sama halnya dengan kuliah. Saat kamu merasa salah jurusan, di situ kamu diuji dalam hal pertanggung jawaban. Pertanggung jawaban sama keluarga, diri sendiri dan jurusan kamu. Kenapa? Karena kamu sendiri yang memilih untuk masuk ke sana bukan?

3. Memiliki Beragam Pilihan Pekerjaan

Ini juga salah satu manfaat dari salah jurusan, loh. Misal nih, sewaktu SMA kamu sangat ahli dalam bidang IPA, kemudian saat kuliah kamu justru memilih jurusan yang mengarah ke IPS. Kamu yang awalnya memiliki ilmu hanya ilmu IPA, juga dapat ilmu dari IPS.

Di kedua jurusan itu, pasti ada pekerjaan yang nantinya bisa kamu lakukan. Bukan hanya tentang IPA, melainkan kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk pekerjaan yang berkaitan dengan IPS. Jadi lebih banyak sasaran lowongan kerja bukan?

Maka dari itu, jalani saja apa yang telah kamu pilih sejak awal. Mungkin saja hari ini kamu merasa menyesal. Tetapi di kemudian hari, kamu justru akan merasakan manfaat dari kesalahan kamu dan membuat kamu tersenyum bahagia.

Jangan pernah putus asa. Sebab, bisa jadi itu sudah digariskan Tuhan untukmu. Agar kamu bisa belajar banyak hal, dan mendapat bekal untuk menjalani hari-harimu di masa depan.

Itu 3 manfaat yang bisa Adiva sebutkan dan jabarkan kali ini. Masih banyak kok manfaat lainnya yang hari ini memang tidak kamu rasakan, tapi akan kamu rasakan suatu hari nanti. Syukuri setiap jalan takdir yang telah Tuhan gariskan. Jangan menyesali pilihanmu.

Jika kamu punya manfaat lainnya, boleh berbagi di kolom komentar.😁 Namun, jika kamu tidak sependapat denganku, itu juga tak jadi masalah. Kita semua punya pendapat dan pandangan yang berbeda. Tidak ada larangan untuk kita berpendapat.

Selamat pagi dan selamat berakhir pekan. Semoga liburanmu hari ini berkesan dan menyenangkan.

Spoiler for postingan akun instagram @kampusindonesia mengenai manfaat salah jurusan:


Sumber tulisan: opini pribadi dan potingan instagram @kampusindonesia


Sekian dariku, sampai jumpa di lain waktu. Wassalamu'alaikum.

Adiva Azzahra
Maros, 21 Juni 2020




profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Mari berpikir positif
Tuhan sudah punya skenario untuk hidupmu
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan bagashadi36 memberi reputasi
Mari belajar bersama
Nikmati aja
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane dulu juga salah jurusan, tapi ya emang ini takdirnya wkek
Malah banyak hal yg gak terduga terjadi gan wkwk
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane stm juga salah jurusan ... jarang banget naik bis yg ke jurusan sekolahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rainbow555 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dah kuliah salah jurusan, dapat kerja ga sesuai ijazah pulak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
itsmoll12 dan adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Manfaatnya ada, tapi pas ngejalaninnya setengah mati pasti sampe akhirnya bisa ikhlas jalanin aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pelet.com dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pernah gan...waktu mudik lebaran kemarin kemarin jam 2_3 pagi.
Rencana meh naek bus Eka jurusan jogja dr tirtinadi.
Pas naik kok bus sepi baget, cuek aja trus naek.
Sampe kartosuro, lih kok ndak belok kiri....
😆😆😆😆😆 Ternyata naik bus jurusan semarang.


😭😭😭😭😭.
Turun dengan rasa tidka hormat.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
bener gan. jd yg selama ini kita awam bgt jd tau tentang hal tsb
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane masih PR banget sama kata2 "belajar menyukai apa yang tidak kamu sukai" sampe sekarang ane pun juga masih belajar dan belajar
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waktu itu sih ngerasa salah jurusan tapi ga begitu nyesel sih karena emang pilihan sendiri. malah membuat pikiran ane jadi lebih terbuka
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
setiapp yg dijalani dengan lapang dada dan niat, pasti manfaat itu bisa didapatkan gannnn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane percayaa gini gann, manfaat itu sesuatu yg kita cari bukan yg kita nantii

jadi yaaa dimana pun dan apa pun keadannya, pasti ada manfaat. tergantung kita mau memandangnya seperti aPa
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


semangaaatt gannn, coba pelan2 mengerti dan menerimanyaa tuhh
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Awal ane sekolah dulu dipaksa masuk bangunan. Asli padahal dulu ane pengen masuk jurusan multimedia. Akibat ancaman nggak dibiayai sama babeh, Ane nurut aja.

Tapi semakin dilarang ane makin penasaran dan makin tertantang. Nggak sampe disitu kadang kalo pulang sekolah ane suka mampir ke lab. multi buat belajar nanya ini itu, sampe apal itu sekelas sama ane (orang nyasar)

Setelah lulus, baru berasa industri kerja banyak butuh orang yang paham konstruksi sama ngerti pengoprasian software. Nggak pake lama sebulan lulus kerja.

Sekolah bangunan, tertarik ke multimedia, kerja di interior design. Yah ada konstruksi sama multimedia dikit. On target lah

10 tahun berlalu anggapan salah jurusan berubah jadi paksaan bertemu kebandelan dan peluang..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan adivaazzahra memberi reputasi
Diubah oleh avsel
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rencana Tuhan pasti jauh lebih baik
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
semua ilmu pasti ada manfaatnya..

apa yg kita pikir baik. bukan brarti yg terbaik buat kita...
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Diubah oleh leonard21
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane aja sekarang salah mashok jurusan, masih SMK pula. Awalnya ane pengen masuk jurusan otomotif tapi maalah masuk ke mesin industriemoticon-Frown

Awalnya sih tertekan banget dan ngerasa pasrah aja deh, sampai ane demam tinggi gara gara stress. Setelah ane curhat dengan ibu ane dan diberi penjelasan biar ane tenang, ane dapat semangat sedikit sedikit dari pesan yang disampaikan oleh ibu ane

Dan sekarang ane malah jadi enjoy enjoy aja dan menikmati bangetemoticon-Big Grin sekarang gaada tuh namanya tertekanemoticon-thumbsup
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

/rif

kusalah naik jurusan
o oo oo oo ooo
kusalah naik jurusan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di