CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Kota Madiun Jadi Zona Hijau Pertama di Jawa Timur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eee6b38b840887def36c62e/kota-madiun-jadi-zona-hijau-pertama-di-jawa-timur

Kota Madiun Jadi Zona Hijau Pertama di Jawa Timur

Kota Madiun Jadi Zona Hijau Pertama di Jawa Timur

SURABAYA - Kota Madiun menjadi daerah pertama di Jawa Timur (Jatim) yang berubah statusnya menjadi zona hijau atau daerah yang berhasil mengkontrol penyebaran COVID-19.

Hal tersebut sebagaimana diumumkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat yang dinilai berdasarkan 15 indikator epidemiologis.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, hal ini menjadi kabar gembira bagi warga Kota Madiun dan juga warga Jatim.

Baca Juga:

Sebab setelah Jatim secara keseluruhan di 38 kabupaten kota menjadi zona merah atau risiko tinggi penularan covid-19, kini Kota Madiun menjadi daerah pertama yang berubah kembali menjadi zona hijau.

"Dengan ditetapkan sebagai zona hijau, maka Kota Madiun bisa dikatakan sebagai daerah yang berhasil mengontrol persebaran COVID-19," katanya Bakorwil Malang, Sabtu (20/6/2020) malam.

Tidak hanya zona hijau yang kini dimiliki Jatim di Kota Madiun, Gugus Tugas Pusat juga meng-update sejumlah daerah zona oranye dan zona kuning serta zona merah.

Dimana zona merah berkurang dan zona oranye serta zona kuning Jatim bertambah. Kini zona merah atau daerah berisiko tinggi penularan COVID-19 Jatim telah turun dari 12 daerah menjadi 7 daerah.

Yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Mojokerto

Sedangkan untuk zona oranye atau daerah dengan risiko sedang penularan COVID-19 yaitu Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Nganjuk.

Kemudian juga Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Lamongan.

Berikutnya untuk zona kuning atau daerah dengan risiko rendah penularan COVID-19 di Jatim meliputi Kabupaten Madiun, Kota Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan.

Kemudian juga Kabupaten Sumenep, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Lumajang.

Khofifah menjelaskan, memang berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, tingkat kematian kasus COVID-19 di Kota Madiun nol atau CFR 0 persen. Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Madiun selama tiga bulan tercatat hanya tujuh orang.

Testing melalui rapid test juga telah dilakukan secara massif yang dilanjutkan dengan pemeriksaan TCM. "Selain itu, tren penambahan jumlah pasien positif sangat rendah. Rata-rata hanya bertambah satu orang setiap satu hingga dua minggu," tandas Khofifah. (Baca: Masih Zona Oranye dan Merah, Malang Raya Batal Normal Baru).

Selain itu, Khofifah juga mengapresiasi bahwa salah satu yang menjadi alasan Kota Madiun berhasil menjadi zona hijau adalah tracing ratio di Kota Madiun bagus. Dimana setiap satu pasien terkonfirmasi positif rata-rata ditemukan tracing OTG/ODP sebanyak 30 orang dan segera di lakukan isolasi.

"Selama masa pandemi, PDP yang meninggal di Kota Madiun tercatat hanya tiga orang. Dimana semuanya swab negatif," pungkasnya.


Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/76...mur-1592661977

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kota Madiun Jadi Zona Hijau Pertama di Jawa Timur Kota Madiun Jadi Zona Hijau Pertama di Jawa Timur

- Kota Madiun Jadi Zona Hijau Pertama di Jawa Timur Pandemi Corona, Perusahaan Kerajinan di Sleman Rugi 70 Persen

- Kota Madiun Jadi Zona Hijau Pertama di Jawa Timur Perahu Terbalik, 3 Nelayan Pangandaran Terseret Ombak Sejauh 15 Km



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di