CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Koperasi Harus Jadi Solusi Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eee6a9b0577a963e4684e9c/koperasi-harus-jadi-solusi-pembiayaan-bagi-pelaku-usaha

Koperasi Harus Jadi Solusi Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha

Koperasi Harus Jadi Solusi Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pelaku usaha mikro dan ultra mikro sangat membutuhkan sosok dan kehadiran koperasi atau koperasi syariah (BMT) yang dekat dengan mereka. Teten menekankan koperasi atau BMT harus memahami kebutuhan pelaku usaha anggotanya, dengan memberikan kemudahan dalam memperoleh akses pembiayaan.

"Saya ambil contoh di pasar-pasar tradisional, ketika para pedagang membutuhkan modal, yang selalu hadir adalah kelompok rentenir," ungkap Teten di Jakarta, Sabtu (20/6/2020).

(Baca Juga: Timbulkan Keresahan, Perizinan Simpan Pinjam Koperasi Dimoratorium)

Baca Juga:

Padahal, lanjut Menkop, transaksi perdagangan di pasar tradisional sudah dimulai sejak tengah malam. "Rentenir paham betul kebutuhan modal pelaku usaha di pasar tradisional. Nah, tugas koperasi termasuk BMT yang harus masuk kesana", tandas Teten seraya berharap BMT mampu menjadi lembaga kredibel yang memahami problem keuangan masyarakat kecil.

"Koperasi atau BMT harus menjadi solusi masalah keuangan anggotanya, khususnya pelaku usaha mikro dan ultra mikro. Mereka butuh pembiayaan yang mudah. Percuma murah kalau sulit diakses," imbuhnya.

(Baca Juga: Teten Dorong Koperasi Jadi Benteng Ekonomi Masyarakat)

Bahkan Teten menginginkan ke depan seluruh pembiayaan UMKM melalui koperasi. Dengan catatan, seluruh koperasi yang bergerak di sektor simpan pinjam (KSP) berkinerja dan berpredikat baik. "Saya akui, meski KUR jumlahnya besar dan berbunga sangat murah, namun tidak mudah bagi UMKM untuk mengaksesnya," aku Teten.

Selain itu Menkop juga mendorong koperasi (dan seluruh anggotanya) untuk masuk ke sektor-sektor unggulan, seperti komoditi pangan, perikanan, perkebunan, dan sebagainya. Dalam catatannya, 98% sektor perikanan dimiliki UMKM, begitu juga dengan komoditi kopi dimana 95% masih merupakan rakyat.

"Koperasi harus konsolidasi untuk masuk ke sektor-sektor unggulan, karena masih ada peluang. Saya yakin, perbankan pun mau membiayai bila sudah ada offtaker," tukasnya.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/761...aha-1592654786

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Koperasi Harus Jadi Solusi Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha Menteri Basuki Dukung Perbaikan Kualitas Sungai Citarum

- Koperasi Harus Jadi Solusi Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha 6.000 Ton Bungkil Kelapa Diekspor ke India di Masa Pandemi Covid-19

- Koperasi Harus Jadi Solusi Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha Koperasi Harus Jadi Solusi Pembiayaan Bagi Pelaku Usaha



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di