CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Spiritual /
Sisi Gelap Dirimu, Apakah Kamu Tahu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eee22f665b24d4d3975a279/sisi-gelap-dirimu-apakah-kamu-tahu

Sisi Gelap Dirimu, Apakah Kamu Tahu?

Sisi Gelap Dirimu, Apakah Kamu Tahu?

Setiap kepribadian seseorang orang mempunyai dua sisi dalam dirinya yakni sisi terang dan sisi gelap, sama seperti bulan yang juga punya dua sisi. Sisi gelap kepribadian ini oleh psikolog sering kali disebutnya dengan sebutan shadow (bayangan diri).

Shadow dari kepridlbadian kita ini berisi kumpulan insting, naluri, dan dorong-dorongan negatif dalam kehidupan kita, yang dalam kaca mata agama sering kali di sebut sebagai nafsu yang bersemayam di dalam diri kita.
Bagi banyak orang, perjuangan melawan sisi gelap ini merupakan suatu pertempuran yang paling utama dalam sebagian besar perjuangan kehidupan manusia.
Realita menunjukkan selalu terjadi pertempuran antara sisi gelap dan sisi terang dalam diri kita hingga memunculkan salah satu pemenang. Jk sisi terang yg menang maka dipandang dari sisi norma kemasyarakat kita adalah org baik, tp jk sisi gelap yg menang maka kita masuk klasifikasi orang yang jahat.

Islam memandang pertempuran sisi gelap dan terang ini sebagai peperangan melawan hawa nafsu, yang merupakan peperang yg paling besar dan paling utama yg harus di hadapi oleh setiap orang. Sebagaimana yg rosululloh sampaikan dlm sebuah hadits yg diriwayatkan oleh Imam Al- Baihaqi,

“Kamu semua telah datang daripada tempat yang sebaik-baiknya. Kamu telah datang daripada jihad kecil menuju jihad yang lebih besar.” Dikatakan: “Apa jihad lebih besar itu?” Rasulullah s.a.w menjawab: “Seseorang hamba mujahadah melawan hawa nafsunya”.
Mujahadah adalah perjuangan sungguh-sungguh untuk melawan ego atau nafsu pribadi, dalam artian mengendalikan sisi gelap dari kepribadian kita.

Lalu bagai mana cara kita mengendalikan sisi gelap/ shadow/ hawa nafsu yg ada dlm diri kita….?

Baca referensi sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bromocool dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Koying01
gelap gan.. ga kliatan emoticon-Leh Uga
profile-picture
Koying01 memberi reputasi
🔦 tak kasi senter biar terang dikit😜
profile-picture
aryanti.story memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yah, di gue ada cuma ada sisi gelap sama sisi hitam gan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Koying01 memberi reputasi
Terus untuk mengetahui sisi gelap kita apaan tuh gimana gan
profile-picture
Koying01 memberi reputasi
tidak ada pribadi yang sempurna, semua kepribadian punya sisi kuat dan sisi lemah. Kalo sudah punya pasangan hidup baru bisa saling menutupi, melengkapi dan saling menerangi gan😃
profile-picture
profile-picture
Brengkengan dan putrateratai.7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yang terpenting adalah dekat dengan sang maha pencipta pasti akan dijauhkan dari hal² yang negatif gan 🙏
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan Koying01 memberi reputasi
nobody is picture perfect hehehe
profile-picture
profile-picture
Koying01 dan putrateratai.7 memberi reputasi
rambut gw gelep
nyalakan flash
percayalah mayoritas akan kalah kalo perang lawan hawa nafsu, nafsu yang ituemoticon-Leh Uga
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
semakinntinghi postif, negatifnya semakin rendah
profile-picture
profile-picture
Koying01 dan putrateratai.7 memberi reputasi
saya sedikit banyak tau dark versi saya sendiri gan NGOHAHAHAHA emang anjienng sih kalo tau dark versi diri sendiri
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
bayangan (simbolik) bagi setiap makhluk yang hidup 🙏🙇
Quote:


Tergantung pasangannya. Ada juga pasangan yang malah membuka aib.
pasangan ibarat baju, apalagi baju model sekarang ya? minimalis bahan. Heheheh
✌😁
Tdak ada mnusia yg suci dan brsih.krna Tuhan mncipta kita ada klbihan dan kekurangannya.psti ada 2 sisi yg brbda.ibratnya ada siang dan ada malam.itulah gmbran mnusia.ada sisi baiknya jga ada sisi bruknya.cma ALLAH lah yg bsa mnilai kita.
profile-picture
Koying01 memberi reputasi
Stiap orng psti thu sisi glapnya.tpi smua itu psti jga ada ssi baiknya.yg trpnting kita brsandar sma SANG PENCIPTA.agar trhndar dri kbrukan.
profile-picture
Koying01 memberi reputasi
turuti sj... sampe mana batasnya. sdh ndak kehitung gw injak2 kepala org2 yg sok iyes dgn isi kepalanya demi nuruti sisi lain diri gw

msh untung kl gw injek ke tanah, krn kadang gw bebesin ke taik
pada akhirnya disuruh baca sumber berita

kan bangke

sisi gelap ts ternyata agent dollar
profile-picture
Koying01 memberi reputasi
pastinya semua manusia mempunyai sisi gelap,tetapi manusia pun juga pasti punya sisi terang jugaa
profile-picture
Koying01 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di