CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Jajak Pendapat RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eee1bb62525c311fe040031/jajak-pendapat-ruu-haluan-ideologi-pancasila-ruu-hip

Jajak Pendapat RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP)

DPR baru-baru ini telah merampungkan penyusunan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU-HIP.

RUU ini adalah hak inisiatif DPR. PDIP menjadi promotor yang berinisiatif menyusun rancangan ini. Tim sudah dibentuk, semua fraksi tidak berkeberatan.

Selanjutnya, menurut agenda, setelah ini ada pertemuan dengan pemerintah. Jika disetujui atau disetujui dengan catatan, rancangan ini akan dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan DPR-RI.

Pada kenyataannya, kehadiran RUU-HIP ini menuai banyak perlawanan dari kelompok masyarakat dan para tokoh masyarakat dengan berbagai alasan

Nah, bagaimana sikap Anda menghadapi kehadiran RUU-HIP ini?
Anda diundang untuk mengikuti jajak pendapat yang berkaitan dengan kelangsungan RUU-HIP tersebut dengan memilih jawaban yang tersedia di bawah ini
Polling

Poll ini sudah ditutup - 40 Suara

Apa sikap Anda mengenai kelangsungan RUU-HIP? 
Apa sikap Anda mengenai kelangsungan RUU-HIP? 
5%
Ditunda
30%
Dilanjutkan
52.5%
Dibatalkan
12.5%
Tidak tahu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
ada yang punya draftnya ?

yang jadi keberatan monaslimin 212 n the gank apa ?
profile-picture
profile-picture
reyhan.jauza dan cebong.dongo memberi reputasi
lanjuttt donggg...

padahal ini draft nya bisa didiskusikan secara terbukaa...

cuma kadrun yg auto tolakkk..dan no diskusi.


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
geforce9800gtx dan cebong.dongo memberi reputasi
Quote:


itu yang di bold yang mana dan dari mana? emoticon-Big Grin
Jajak Pendapat RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP)
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
menunggu penjelasan detailnya nih... ane ga paham
Dari nama aja uda salah, mana ada ceritanya Pancasila itu ideologi? Sebutin satu aja aturan konstitusional yg nyebut klo Pancasila itu ideologi!
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Buat yang pro ama kontra, kasih tau sekilas RUU ya (ada di UU 12 Th 2011 diubah dgn UU 15 Th 2019 ttg Pembentukan PUU)

1. Kalo prakarsa DPR berarti semua fraksi udah setuju termasuk di dalamnya fraksi PKS/PAN yg katanya oposan dan paling islami menurut ente

2. Setiap penyusunan RUU harus ada partisipasi masyarakat, nah tuntut deh DPR nya karena nyusunnya diem2..ada Zonkie juga di dalamnya lho (No. Anggota 86)

3. Kalo ngga bisa di hadang di penyusunan, LBH2 macam Bang JAPAR atau ACTA yang oposan silahkan uji materi ke MK setelah RUU diundangkan, pernah ko ada UU No 9 Th 2009 ttg Badan Hukum Pendidikan yang baru diundangkan 2009 akhirnya di gugat ke MK dan akhirnya dibatalkan MK pada 2010 dan UU tsb dikubur

Jadi kalau merasa akademisi tapi kontra, jangan koar2 tanpa aksi akademik...sayang ijazahnya kuliah pada tinggi2 tapi demennya rusuh
profile-picture
idkfa memberi reputasi
Diubah oleh uray24
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan

gw ga setuju sama Nu....

justru harusss di bahassss..ini terbuka lohhh....



turun ke bawahhh ...ke masyarakatt..jangannn melihatt ke atasss teruuusss

contoh...
banyaakk kepercayaan2 di daerah2 yg belum diakuiiii..
bagaimana nasibnya kelakkk.?



Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tidak Paham.. sebenarnya Pancasila mau di apakan lagi ? Di revisi atau bagaimana ?
Yang dulu suka ngaku2 saya indonesia saya pancasila eh taunya malah mau otak atik pancasila.

Tolol
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
lanjut aja emang napa sih..
tapi ane mengerti kalau para elite ingin ditunda dulu.
karena sudah dituduh macem2 emoticon-Leh Uga
sampe itu para fraksi yang tadinya sepakat bawa ruu hip pada lepas tangan gara2 ga mau ikutan kena tuduh emoticon-Leh Uga
Yang setuju RUU HIP ini, tolong bantu jawab ya.
maklum ane ga ngerti nih

1. Sila Pertama akan diartikan atau berubah menjadi "Ketuhanan yang berkebudayaan"? ini bener atau gimana tolong jelasin?
2. Pancasila mau di kompresi isinya jadi eka sila? Ini bener atau gimana tolong jelasin?
3. Ada yang bilang, "Demokrasi tidak bisa ada ideologi? ini bener atau gimana, tolong jelasin?
4. RUU ini diartikan apa sebagai pengganti, penterjemah, pengaplikasian, pengawal, penunjuk, pedoman, atau apa?? tolong jelasin
5. Sebenarnya sudahkah Indonesia merdeka dan diakui kemerdekaannya oleh negara lain? jika iya berarti ideologi ga boleh diubah2 sama sekali bukan?
6. Kalau memang ideologi ga diubah tetep pancasila dan uud 1945, maka apa perlunya "Haluan Ideologi Pancasila"? siapa yang berhak menterjemahkan, mengartikan, mengejawantahkan, mengasimilasikan, dan sejenisnya, jika memang mau dibuat Haluannya?

Thanks before.
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan

Say Hallo buat para Baling-Baling

Hai...

Apa kabar baling semua?

Loh, apa itu baling?

Jawabku: Babi Keling Arabian


emoticon-Wkwkwk
Kalo mengganti ketuhanan yang maha esa aku setuju. Karena ngak semua agama menganut Tuhan yang Esa. Seperti Hindu, kan seharusnya punya banyak dewa-dewi. Masa harus dikompres jadi satu Tuhan hanya agar bisa sesuai dengan sila pertama? Seharusnya sila pertama cukup Bangsa Yang Berketuhanan. Mau agama punya 1 Tuhan, atau 10 Tuhan, itu hak mereka. Yang penting percaya pada Tuhan.
profile-picture
h.w1994 memberi reputasi
Diubah oleh Yuwen
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ga usah di utak atik
isinya apa yah...baca draf ruu aja belum pernah.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
uji k mk? mk nya punya siapa dlu nh?
Kadrun Neo PKI

Jajak Pendapat RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP)
Jajak Pendapat RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP)
Jajak Pendapat RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP)
Jajak Pendapat RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP)
Jajak Pendapat RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP)

Take Beer 🍺🍻

emoticon-Ngakak
YANG MASIH NYINYIR SOAL PANCASILA JADI HALUAN NEGARA, TOLONG BACA SENDIRI/ BACA ULANG MATERI SOAL PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN emoticon-Cool
Diubah oleh nowbitool
Ngapain dibahas lagi, Pancasila udah fix final.


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di