CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Mau bangun online networking? Cari tahu tipsnya dulu Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eee00f8f0bdb249ed6ce1c3/mau-bangun-online-networking-cari-tahu-tipsnya-dulu-gan

Mau bangun online networking? Cari tahu tipsnya dulu Gan!

 


Membangun networking tidak hanya dapat dilakukan dengan cara tatap muka langsung. Kamu pun dapat membangun online networking secara online. Gan

Tapi, bagaimana sebetulnya cara membangun online networking? Simak tips yang ane ambil dari artikel EKRUT berikut:
 
1. Mulailah dari LinkedIn 

LinkedIn sudah dikenal sebagai salah satu situs yang digunakan oleh para profesional untuk membangun jejaring dalam karier. Manfaatkanlah platform ini untuk membuka koneksi dengan mantan rekan kerja, rekan kerja hingga orang-orang baru. 

Meski begitu pastikan sebelum membangun jejaring dari LinkedIn, kamu sudah memperbarui profil LinkedIn kamu secara profesional ya.

2. Perluas platform media sosial yang digunakan 

Meski LinkedIn kerap dianggap salah satu platform yang tepat untuk membuka networking bagi profesional saat ini, namun tidak berarti kamu hanya dapat membangun online networking di sini saja. Jangan batasi diri hanya pada satu akun jejaring sosial. 

Kamu juga dapat membangun online networking misalnya dengan menggunakan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter, atau Pinterest dan Instagram  bila pekerjaanmu melibatkan komponen visual. 

Akan lebih baik lagi bila kamu dapat membangun situs pribadi sendiri. Selain berguna bagi personal branding, cara ini juga membuka peluang agar kamu dapat terhubung dengan orang-orang yang ingin mengenal dan mempelajari latar belakang profesional kamu.

3. Pertimbangkan jaringan yang ada 

Sebelum membangun online networking dengan orang-orang baru, cobalah menjangkau koneksi yang sudah ada terlebih dahulu. Ini adalah cara yang bagus untuk mulai membangun online networking kamu. Sebab memulai membangun jejaring dari kontak yang kamu miliki saat ini dapat menawarkan rasa dukungan dan koneksi yang lebih besar.

Karena itu cobalah memulainya dengan menanyakan kabar terhadap mantan rekan kerja dan rekan kerja. Dari menjaga hubungan dengan jaringan yang ada, kamu tetap dapat memperluas networking dengan meminta mereka untuk memperkenalkan kamu ke orang-orang dalam koneksi  mereka.

4. Bergabung dalam grup di media sosial 

Cari dan bergabunglah dengan grup di media sosial yang memiliki bidang minat yang kamu cari. Ini bisa jadi di LinkedIn, Twitter atau Facebook. Kamu dapat menemukan diskusi-diskusi di grup tersebut yang dapat menghubungkanmu dengan orang-orang yang tepat dan dari latar belakang profesi yang sama dengan kamu.  

5. Jangan ragu tawarkan bantuan  

Saat membangun online networking tidak ada salahnya kamu menawarkan bantuan pada jejaring. Misalnya jangkau mereka dan tawarkan dirimu untuk menjadi referensi mereka. Mereka akan cenderung mengingatmu dan tidak ragu untuk membalas budi meski hanya dengan cara sederhana. Sebab networking bersifat timbal balik. 

6. Coba terhubung ke kehidupan nyata 

Meski kamu tetap dapat membangun networking secara online, namun tidak ada salahnya kamu membawa online networking tersebut ke kehidupan nyata.

Misalnya jika ada seseorang yang terhubung dengan kamu secara online dan ingin mengenalmu lebih baik atau berdiskusi, sarankan untuk bertemu secara langsung misalnya sekedar minum kopi atau makan siang.

7. Bersabar

Membangun online networking butuh waktu agar hubungan tetap berkembang. Ketika kamu terus membangun hubungan dengan konsisten,  kamu dapat menyelami lebih banyak detail dalam hubungan profesional kamu dan jejaring lainnya. Tidak menutup kemungkinan ini akan membukamu pada peluang menemukan potensi pekerjaan baru yang cocok untuk karier kamu.

Meski begitu jangan terlalu memaksa, terutama bila tujuanmu adalah ingin mencari kerja dari jejaring yang ada. Hindari meminta pekerjaan secara langsung saat melakukan online networking. Cara ini justru akan merusak potensi keberhasilanmu di kemudian hari.


Itu dia Gan beberpa tips online networking. Untuk tips lainnya soal cara membangun networking bisa kamu lihat di artikel berikut. 

 





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di