CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Antara Menulis dan Berhitung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eedc9259a972e44a030ca5a/antara-menulis-dan-berhitung

Antara Menulis dan Berhitung



Bakat dan minat anak seringkali bisa terlihat sejak kecil, itupun kalau orang tua atau pendidiknya paham tentang apa yang ada di pikiran anak yang tertuang dalam tulisannya.

Contohnya saat kita membaca curhatan seseorang tua dari anaknya yang masih sekolah yang sudah hampir tiga bulan sekolahnya libur.

Kemarin menemani si bocah belajar, mengerjakan tugas dari sekolahnya.
Sesinya ranah kepribadian, bahasa. Tugasnya : menulis. Setelah 20 menitan zoom untuk mendapat arahan guru, dia masuk ke kamar. Tumben, ya. Biasanya ribut minta bantu sana sini. Ini bagaimana itu kenapa.

Kurang dari 25 menit, dia keluar. Di halaman bukunya sudah tertulis cerita singkat. Bunyinya :

Antara Menulis dan Berhitung


"Aku bosen di rumah aja, cuma main HP terus. Aku mau sekolah, aku mau main sama teman - teman. Aku juga mau ranah perpustakaan, nulis, baca buku, terus main bola bareng. Solat bareng, makan bareng, piket bareng, main, doa bareng, juga bisa pulang sama - sama"

Lancar dan orisinil sekali, batin saya. Membaca makna tulisannya, ada dua hal yang saya fikirkan.

Pertama, ini curahan hatinya, asli. Saya ikut trenyuh. Sejak sekolah diliburkan, dia yang biasanya penuh aktifitas fisik, jadi seperti terkurung. Kasihan. Cerianya dia adalah jika bisa lari - larian, main bola dan kegiatan lapangan lain. Pastinya dia sangat merindukan teman - temannya juga.

Kedua, membaca tulisan ini 180° berbeda dengan tugasnya sehari kemudian : ranah berhitung. Penjumlahannya payah, tulisannya apalagi. Angka 1 saja salah. Angka 7 menghadap ke belakang, angka 9 lebih mirip kue molen daripada nomor.

Sepertinya bakatnya sudah bisa diraba. Mungkin anak ini akan lebih menikmati menulis daripada berhitung. Saya sih ikut saja. Karena yang berhitung, biasanya kurang pandai menulis. Sedangkan dengan menulis, malah kadang bisa membuat perhitungan..

Nah, kurang lebih begitulah. Ada yang ngalamin serupa dengan anak dalam cerita di atas?

Tentunya banyak keseruan yang dialami para orang tua saat mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Dengan segala kelebihan dan keterbatasan yang ada.

Semoga para pembaca tulisan ini selama anak belajar di rumah malah lebih rajin, lebih giat membantu orang tua, dan berbagai hal atau kegiatan bermanfaat lainnya. Dari sana pula kita bisa melihat arah minat dan bakatnya bukan?

Thread ditulis oleh heane
Untuk dipublikasikan di Kaskus.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan 3 lainnya memberi reputasi
Cuma suka denger tetangga ribut krn ngajarin anak2 nya.. pagi2 udah rempong.. cucian blm selesai tapi mesti ngurusin anak non TVRI ngerjain tugas...

padahal anaknya tetangga juga jenuh kali yaa.. xixi
Wkwkwk terharu jadinya sama kaya bocah dirumah lelaguan bgitu modelnyaemoticon-nyantai
itumah ng*nt*t kali
Diubah oleh haysnairefohdir
Quote:


Sebenernya waktunya kan bisa dimenej, tugas anak juga gak mungkin jam 7 pagi

Coba ngobrol saja sama tetangga itu emoticon-Big Grin
profile-picture
aryanti.story memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Udah lama ternyata
Emang sekarang udah gak kedengeran lagi?
profile-picture
aryanti.story memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Tapi itu malah ungkapan dari hati anak emoticon-Big Grin
profile-picture
srusuut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tulisannya baguss om Momod hihii
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan srusuut memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Jangan bahasa inggris
Aku gak bisa emoticon-Embarrassment
Lihat 1 balasan
Quote:


Itu tulisan anak kecil emoticon-Big Grin
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
sepertinya ada bakat pada mengenal warna
🤔
Quote:


Kenapa mengarah ke pengenalan warna?
Quote:


Maksudnya gimana ya?
profile-picture
haysnairefohdir memberi reputasi
Quote:


Gimana sih caranya biar pinter english?
profile-picture
srusuut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Biasanya kalau suka main lebih suka melihat hal baru 🙏🙏👍👍👍
Dinamis om
Quote:


Oh begitu
Ada referensi bacaan gak?
ane sih mending nulis ketimbang ngitung, otak ane suka panas kalo disuruh mikir angka
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
Quote:


Lupa saya baca dimana om 🙏😅
Coba nanti insyaallah saya bikin treadh nya
Quote:


Tulisannya bagus-bagus ini pasti
Boleh ikut baca gak?
Quote:


Perlu dicoba tipsnya
Makasih ya share nya emoticon-thumbsup
profile-picture
srusuut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di