CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
HUT ke-493 Jakarta: di Bawah Kekuasaan Anies Makin Berantakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eedbf44f4d6953a433a8637/hut-ke-493-jakarta-di-bawah-kekuasaan-anies-makin-berantakan

HUT ke-493 Jakarta: di Bawah Kekuasaan Anies Makin Berantakan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Seorang rekan wartawan menelepon saya dan meminta tulisan dan pandangan tentang kinerja gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam rangka ulang tahun Jakarta ke-493.

Ya, memang pada tanggal 22 Juni 2020 ini kota Jakarta akan berulang tahun ke-493. Rekan wartawan itu bertanya dalam ulang tahun Jakarta ke 493 ini, Anies Baswedan sudah 3 tahun dan bagaimana kinerjanya?

Melihat bagaimana kinerja Anies selama 3 tahun menjadi Gubernur Jakarta, bisa dilihat dari pencapaian janji kampanye yang disampaikannya pada saat pilkada  gubernur Jakarta sekitar 4 tahun lalu, seperti apa pencapaiannya?

Dalam tulisan saya ini mengambil beberapa janji saat pilkada Jakarta  gubernur Anies Baswedan serta pencapaiannya.

Bidang transportasi Anies berjanji akan  membangun sistem transportasi umum yang terintegrasi dalam bentuk interkoneksi antarmoda, perbaikan model manajemen layanan transportasi umum, perluasan daya jangkau transportasi hingga menjangkau seluruh warga, pengintegrasian sistem transportasi umum dengan pusat-pusat pemukiman, pusat aktivitas publik, dan moda transportasi publik dari luar Jakarta.

Sejak Juli 2019 memang Anies Baswedan membangun program angkutan pemukiman yang namanya JakLingko. Layanan angkutan JakLingko ini dilakukan dari pemukiman dan diintegrasikan dengan Transjakarta.

Sempat berjalan beberapa bulan tetapi belakangan ini sudah tidak berjalan lagi. Masyarakat pun tidak mengetahui, keberadaan layanan JakLingko di area tempat tinggalnya ketika masih beroperasi.

Soal integrasi layanan Transjakarta dengan moda angkutan umum massal lainnya di Jakarta pun hingga saat ini belum juga dibangun.

Padahal di Jakarta selain Transjakarta, ada juga layanan Kereta Komuter atau KRL Jabodetabek dan MRT. Tetapi sampai hari ini ketiga layanan angkutan umum massal ini belum juga diintegrasikan dalam satu sistem layanan untuk mempermudah akses warga menggunakan angkutan umum massal.

Akibat nyata dari tidak adanya integrasi angkutan umum massal adalah kemacetan di Jakarta semakin parah. Kemacetan parah itu disebabkan tidak aksesnya layanan angkutan umum massal di Jakarta sehingga warga  lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor pribadi, mobil serta sepeda motor.

Kondisi macet ini selanjutnya menyebabkan buruknya kualitas lingkungan hidup, kualitas udara di Jakarta. Tahun 2019 Jakarta alami kualitas udara sangat buruk dan terburuk di di dunia.

Bahkan tahun 2019 lalu Jakarta beberapa kali alami  menempati posisi pertama kota paling berpolusi di dunia versi AirVisual hari ini. Tingkat polusi udara di Jakarta di bawah kota Kabul, Afghanistan dan Krasnoyarsk, Rusia.

Berdasarkan data dari AirVisual hari Minggu, 18 Agustus 2019 pada pukul 09.05 wib, Air Quality Index (AQI) Jakarta berada di 172 alias kategori tidak sehat. Namun, tingkat polusi ini tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Buruknya kondisi lingkungan hidup di Jakarta ini mempertanyakan Anies yang pernah berjanji dalam.pilkada Jakarta bahwa akan menjadikan Jakarta sebagai Kota Hijau dan Kota Aman yang ramah, sejuk dan aman bagi anak, perempuan, pejalan kaki, pengguna jalan, dan seluruh warga; menggalakkan kegiatan cocok tanam kota (urban farming); melakukan audit berkala keamanan kampung; serta memperluas cakupan dan menperbaiki kesejahteraan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Buruknya kualitas lingkungan hidup Jakarta juga disebabkan oleh buruknya pelayanan perawatab kota selama masa Anies Baswedan menjadi gubernur Jakarta  Bukan rahasia jika saat ini layanan kebersihan lingkungan yang biasa dilakukan oleh Pasukan Oranye PPSU, banyak dikurangi dan bahkan terhenti.

Saat ini banyak soal dan kampung jadi kumuh dan tidak terawat kebersihannya. Bahkan sampai hari korban masyarakat terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih terus banyak dan sering besar.

Begitu pula soal membangun Jakarta menjadi kota hijau hanya slogan saja. Coba kita ingat dan lihat ke belakang, awal tahun 2020 lalu terjadi pengrusakan lingkungan berupa pembatatan 200 pohon besar di  kawasan Monas.

Tindakan ini cukup mewakili bahwa memang Anies tidak memiliki komitmen membangun Jakarta menjadi kota Hijau. 

Begitu pula soal sarana air bersih, Anies berjanji memperluas cakupan dan memperbaiki kualitas layanan air bersih dengan prioritas pada wilayah-wilayah dengan kualitas air terburuk, dan memberikan subsidi langsung untuk warga tidak mampu.

Soalnya sekarang adalah layanan sarana air bersih ini masih saja sama dengan kondisi pada masa gubernur Jakarta sebelumnya padahal keputusan MA telah memerintahkan DKI terkait penyediaan air minum tidak boleh diswastanisasikan lagi. Hingga saat ini pemprov Jakarta tidak mampu menghentikan swastanisasi air minum dan tidak mampu mengembangkan  penyediaan air  bersikap menjadi air layak minum.

Bayangkan saja, Jakarta sebagai ibu kota dan kota Metropolitan sarana airnya belum layak minum.

Program perumahan rakyat, Anies pernah meluncurkan program Rumah DP Rp 0. Program ini pun sampai hari belum juga terwujud, terlihat bentuk rumahnya.

Bahwa beberapa waktu tersiar kabar bahwa lokasi atau laha  program Rumah DP Rp 0 bermasalah. Juga soal manajemen penanganan bencana banjir Jakarta.

Banjir Jakarta selama 4 bulan di tahun 2020 ini terjadi setidaknya 8 kali. Padahal sebelumnya banjir Jakarta itu siklusnya 5 tahunan. Tetapi mulai tahun 2020 ini siklusnya mingguan terjadi banjir.

Penyebab banjirnya sama selama 4 bulan itu yakni, tidak adanya perawatan saluran air atau drainase. Tidak adanya perawatan drainase dan banjir ini juga menjadi bukti bahwa perawatan kota Jakarta sangat buruk.

Ya beginilah kondisi Jakarta, 3 tahun di bawah kekuasaan Gubernur Jakarta Anies Baswedan tidak ada terobosan dan pembangunan yang berarti.

Kota makin berantakan dan warga Jakarta tidak menikmati pembangunan yang dibiayai oleh uang pajak warga.

Tidak ada layanan publik yang baru dibangun atau dibuat oleh pemprov Jakarta dari idenya atau janji Gubernurnya, Anies Baswedan.

Tinggal warga Jakarta, juga rakyat Indonesia bisa menilai dan mengevaluasi kualitas seorang Anies Baswedan.

Dipilih Presden Jokowi jadi menteri pendidikan tidak bisa kerja dan dipecat oleh presiden Jokowi.

Lalu  dipilih jadi gubernur juga tetap tidak bisa kerja. Apakah mau salah pilih Anies Baswedan lagi?

Jakarta, 20 Juni 2020
Penulis: Azas Tigor Nainggolan
Ketua Forum Warga Kota (FAKTA) Indonesia

https://www.netralnews.com/opini/rea...kin-berantakan
 
HUT ke-493 Jakarta: di Bawah Kekuasaan Anies Makin Berantakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DruiDs dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh joko.win
Halaman 1 dari 3
Gw heran sm logika banyak orang Indonesia. Ahok d tuduh korup gara2 beli tanah buat bikin rumah sakit... Tp saat anggaran APBD Jakarta ludes tp gak hasilkan apa2 pd diam aja...


Elo2 orang tolol d bodohi sm birokrat2 korup. Mereka mempengaruhi orang2 bodoh buat ngebenci pemimpin yg mo kerja dan pakai anggaran buat kepentingan rakyat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gikogaza dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Inilah pemimpin yang dipilih dari orang2 keblinger hasilnya pun pemimpin gabener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
HUT ke-493 Jakarta: di Bawah Kekuasaan Anies Makin Berantakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Ahok For Fleciden emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Bajer yg suka teriak bajer, datanglahhh emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
apa yg mau di harapin dari seorang gabeneremoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Waduh bang tigor bakal diserbu mca nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
rezim ke idiotan anues
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Jangan lupa formulaE bisa meningkatkan keuntungan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah, narasumber nya marga nainggolan. Hati2 aja klo tinggal di jakarta emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Berantakan macam si @buron.warteg waria bekasi penyembah kancut kulik bangunan emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
kebanyakan merangkai kata2emoticon-Wakaka
jobdesk nya doi apaan ya?emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Ora percoyo.

Rakyat Jekardah makin bahagia tuh di masa gaberner sekarang.
emoticon-Ultah

Wiwi juga melindungi beliau habis-habisan.
Banyak lembaga negara turun tangan memodifikasi cuaca Jekardah selama 2 bulanan atas perintah Wiwi.

Jekardag bagian utara dibanjirin Wiwi di awal 2020 agar pendukung fanatik gaberner di selatan Jekardah dan Jaksel gak kebanjiran.

Ane yakin gaberner bakal dimulusin jalannya sama Wiwi untuk 2 periode dan melenggang ke istana.

emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
bong..bong.. dipanggil kaka pembina bong, mau gajian katanya..
yg semangat bikin tritny ya....

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
SSGB ya gitu dah hasilnyaemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Belajarlah.

HUT ke-493 Jakarta: di Bawah Kekuasaan Anies Makin Berantakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 13 lainnya memberi reputasi
Warga Jakarta udah paham kok, semenjak jaman gabener Jakarta jadi auto pilot
Kegoblokan nya melebihi jaman si kumis
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
HUT ke-493 Jakarta: di Bawah Kekuasaan Anies Makin Berantakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Trip tanpa meme legend wan abud serasa jd hampaHUT ke-493 Jakarta: di Bawah Kekuasaan Anies Makin Berantakan
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coxoncoumo dan 8 lainnya memberi reputasi
gabener hasil ijtima PA 212 "wiro sableng"..
bakal calon pleciden 2024 rakyat jegardah,cuman jkt lho yah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di