CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Laut China Selatan Memanas, TNI AL Kerahkan 4 KRI ke Perairan Natuna Utara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eed9deec8393a33db220274/laut-china-selatan-memanas-tni-al-kerahkan-4-kri-ke-perairan-natuna-utara

Laut China Selatan Memanas, TNI AL Kerahkan 4 KRI ke Perairan Natuna Utara


Sabtu, 20 Juni 2020 – 07:40 WIBLaut China Selatan Memanas, TNI AL Kerahkan 4 KRI ke Perairan Natuna Utara

TNI siap menjaga kedaulatan wilayah dan keamanan di kawasan termasuk di Laut natuna. Foto: diambil dari www.tnial.mil.id/Portals

jpnn.comTANJUNGPINANG - TNI AL mengerahkan empat KRI untuk meningkatkan pengamanan perairan Indonesia tepatnya di Laut Natuna Utara, Kepri.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono menyebutkan, empat KRI itu dari jenis fregat dan korvet (kapal anti kapal selam).


Menurut Pangkoarmada I saat melakukan kunjungan kerja ke Tanjungpinang, Kepri, Jumat (19/6), upaya tersebut untuk menyikapi konflik yang terjadi antara China dan Amerika Serikat di Laut Natuna Utara.


Baca Juga:




Dia mengatakan, sebagai negara yang wilayahnya yang berada di kawasan konflik, sudah sewajarnya pemerintah Indonesia mengambil langkah mengamankan wilayah perairan Natuna Utara.


“Kita tempatkan 4 KRI, 2 jenis fregat dan 2 jenis korvet, adapun tugas mereka adalah melakukan penegakan kedaulatan hukum, masih banyak kapal – kapal asing yang masuk ke wilayah kedaulatan kita,” ungkapnya.


Menurutnya, keberadaan Kapal Perang Republik Indonesia di laut Natuna utara ini juga mengantisipasi dari dampak konflik di Laut Natuna utara, karena tidak menutup kemungkinan Natuna akan menjadi daerah persembunyian atau pendaratan oleh negara yang saat ini sedang ramai di perairan pulau terluar tersebut.


Baca Juga:




“Kita punya hak kedaulatan dan hak berdaulat,kita harus mempertahankan wilayah kita jangan sampai dia ganggu negara asing,” ucapnya.


Dia menjelaskan, situasi di Laut China Selatan saat ini semakin memanas.


Ketegangan meningkat usai militer Amerika Serikat mengerahkan kapal-kapal perang mereka ke wilayah itu.

Baca Juga:



Kabar terbaru, kata dia, Angkatan Laut dan Udara China memukul mundur USS Barry milik Amerika.

Kapal perusak nuklir itu dikejar karena secara sengaja menerobos masuk ke wilayah teritorial China di sekitar perairan Pulau Xisha.

Militer China menyebut perbuatan Amerika Serikat itu sengaja dilakukan untuk memprovokasi.

Kondisi ini pula tentu dikhawatirkan akan berdampak terhadap aktivitas penangkapan ikan oleh nelayan tradisional di Natuna, karena takut akan konflik yang terjadi di bagian utara.

Namun, Pangkoarmada I tetap meminta nelayan beraktivitas seperti biasa.


“Jangan takut untuk melakukan penangkapan ikan, kami dari TNI AL akan tetap mengawal kapal nelayan Indonesia saat menangkap ikan di laut,” tegas Pangkoarmada I. (antara/jpnn)



TAGS   

TNI TNI AL Kri Natuna Laut Natuna Laut Natuna Utara
  


BERITA TERKAIT
















profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan scorpiolama memberi reputasi
Prabowo lagi ngapain gan?
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Diubah oleh .noiss.
Lihat 2 balasan
good job AL emoticon-army

pertahankan kedulatan wilayah kita emoticon-shakehand
AU juga bukannya udah mulai latihan?
Yang penting jangan ada lagi oknum kaskuser cem dapinof yang ngejelek-jelekin tentara nasional kita.

Nyinyir doang bisanya, lah ente cuma ngetik doang sambil rebahan! emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan scorpiolama memberi reputasi
Lagi musim kemarau, bawaannya emang panas bray emoticon-Ngacir
Bukannya yang lalu sudah di temui jokowi langsung jiper pada pergi, kenapa datang lagiemoticon-Bingung apa enggak takut lagi sama pak jokowi emoticon-Marah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kalo laut cina selatan memanas berarti beneran global warming dong.... emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Sepertinya bakal seru nih... Opung Luhut sebagai menko kemaritiman bakal beraksi nih... emoticon-Matabelo
Buru pencet tombolnya sih emoticon-Mad kek bisul gak pecah pecah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kya yg punya kedaulatan aja,negara dijajah sana sini ngaku berdaulat emoticon-Wakaka
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Lihat 1 balasan
para fregat yang lagi jaga pekarangan rumah, sapa tau para destroyer yg lagi asik maen ga sengaja masuk
enakan nonton Pacific war masa PD-2

ngueng..... emoticon-Ngacir
kirim pasukan ebong bujeRp aj ke laut cinak selatan
suru bacotin xi ji ping ma trum
emoticon-Jempol
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Diubah oleh anuku20cm
Siap siaga nih, pastinya TNI-AU juga begitu
semoga kembali tentram
Dari kmrn panas2 melulu kapan perangnya??? emoticon-Bingung
Diubah oleh adamyvon


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di