CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Harga Tanah di Indonesia Mahal, Investor Lebih Suka Tanam Modal ke Vietnam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eed98b2b41d300b4e5f27dc/harga-tanah-di-indonesia-mahal-investor-lebih-suka-tanam-modal-ke-vietnam

Harga Tanah di Indonesia Mahal, Investor Lebih Suka Tanam Modal ke Vietnam

Pemerintah terus mendorong agar angka investasi asing ke Indonesia dalam bentuk penanaman modal langsung meningkat. Namun ternyata hal tersebut tidak mudah. Ada beberapa tantangan untuk mewujudkan hal tersebut.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, daya saing investasi Indonesia memang tertinggal dari Vietnam. Menurut dia, faktor utama yang menyebabkan investor asing enggan berinvestasi di dalam negeri yakni harga tanah di kawasan industri yang terlampau mahal.

Di Vietnam itu, harga tanah industri cuma Rp 1 juta lebih per meter. Bahkan ada yang gratis tanahnya atau dengan sistem sewa," kata dia dalam video conference via Facebook, Jumat (19/6/2020).

Sedangkan, lanjut Bahlil, harga tanah pada kawasan industri dalam negeri rata-rata dibanderol Rp 3 juta per meter. Bahkan, di kawasan industri tertentu harga tanah bisa mencapai Rp 4 juta lebih per meter.

BKPM sendiri telah mengantongi data terkait harga tanah pada kawasan industri di Asia Tenggara. Tercatat Indonesia menduduki peringkat pertama dengan nilai Rp 3,17 juta per meter, Thailand Rp 3,03 juta per meter, Filipina Rp 1,79 juta per meter, Malaysia Rp 1,41 juta per meter, dan Vietnam Rp 1,27 juta per meter.

"Jadi, tanah kita di kawasan industri itu rata-rata Rp 3 juta lebih per meter masih kurang menarik bagi investor. Karena, ada yang Rp 2 juta, ada yang Rp 1,5 juta," terangnya.


Kemudian, Bahlil mengimbau penyedia kawasan industri agar tidak mementingkan kepentingan pribadi demi memperoleh keuntungan yang besar. Sebaliknya penyedia kawasan industri harus bisa menghidupkan industri dalam negeri melalui penyediaan harga tanah yang lebih kompetitif.

"Tapi ada beberapa oknum, yang saya melihat kawasan industri ini jangan sampai dia berubah menjadi industri tanah. Artinya harganya mahal," tegas dia.

Oleh karenanya, BKPM akan lebih giat dalam mencari kawasan industri baru khususnya di wilayah Jawa Tengah. Selain itu, BKPM juga akan berkoordinasi dengan sejumlah BUMN di bidang konstruksi untuk membangun kawasan industri baru yang memiliki harga jual tanah lebih kompetitif bagi industri dalam negeri.

"Bila perlu kita sediakan gratis untuk industri. Atau nantinya kita kenakan sistem sewa yang lebih murah," pungkasnya.


https://m.liputan6.com/bisnis/read/4...al-ke-vietnam?

Apa yg membuat tanah disini mahal ?
Padahal tanahnya paling luas diantara negara Asia tenggara lain dan penghasilan juga gedean rakyat Malaysia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mbia
Halaman 1 dari 2
Lah, mrk caranya di jekardah.
Kl cari di boyolali, mungkin murah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Bikin kawasan pusat industri barulah. Didaerah ane harga tanah masih ada yg dibawah 500rb permeter emoticon-Hammer (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jumlah penduduk terlalu banyak, mungkin
profile-picture
profile-picture
bawui dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
upah juga mahal
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Makelar tanah Gan yg bikin mahal, sama perizinannya. Dgr mau jadi perumahan atau pabrik pasti bakal dinaikin harga tanahnya, blm ngurus perizinan yg harus nyiapin duit. Meskipun katanya pemerintah sudah memangkas birokrasi tapi masih cpt Vietnam dlm ngurus perizinan emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi

Semua harus satu paket lengkap.

Tanah lebih murah juga percuma kalau infrastruktur tidak memadai, energi mahal dan kurang mencukupi, upah tinggi, dan BUDAYA SETEMPAT (NAKER, PENDUDUK, DLL) tidak mendukung.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Apa yg membuat tanah disini mahal ?

Spekulan tanah
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Bisa juga beda orientasi ekonomi....

Thailand,Malaysia,Vietnam itu orientasinya ekspor....

Indonesia orientasinya konsumsi domestik...

Narik industri yg buat topang konsumsi domestik aja...kita mau gak mau ekspor ngandelin batubara,minyak sawit,gas,sama mineral aja...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 2 lainnya memberi reputasi
gpp slh satu prestasi indo.
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Istilah nya di sini emang ga menarik



Ibarat perempuan
meki Longgar
Badan bau tanah
Sering keringetan
Kulit kek buah melon


emoticon-Traveller

Cm over pride aja yg di gembor2kan kok
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Diubah oleh bajier
Lihat 1 balasan
karena venny yang selalu ngiklan harga segera naik

emoticon-Leh Uga
Tanah Indonesia mahal ???
tapi banyak lahan kebun sawit emoticon-Leh Uga

Pantai Indonesia dijadikan tambak oleh perusahaan Thailand emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tau ndiri lah senin harga naik gimana gak mahal lmfao emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
qavir memberi reputasi
Itu baru tanahnya.

Belum lagi setoran ke preman-preman daerahnya ntar kalau pabrik udah berdiri.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
biaya dll yg bikin mahalemoticon-Big Grin
banyak mafia tanahnya. jd investor males.
Ingin murah beli tanah subur campur taik kambing 3kg cuma 10ribu emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
bajier dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Yg mahal itu di daerah padat penduduknya... sebab begini, urus ijin utk ini itu mahal, makelar ongkosnya mahal, sewa org utk intimidasi warga target, ormas2 jg tidak ketinggalan, mrk2 ini bisa lebih untung drpd yg jual tanah loh.. yg punya tanah hanya pasrah sebenarnya.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
semua salah anies.. kagak becus ngurus negara.. pasukan lilin saatnya gulingkan wan jembud.. emoticon-Belgia
profile-picture
bajier memberi reputasi
Kalo kata invetor enak jaman mbah harto, dikendalikan satu pintu oleh kroni suharto emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
qavir dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di