CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
6 Fakta Unik Kantong Semar. Sudah Tahukah Kamu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eed9301af7e93027e3656ea/6-fakta-unik-kantong-semar-sudah-tahukah-kamu

6 Fakta Unik Kantong Semar. Sudah Tahukah Kamu?

6 Fakta Unik Kantong Semar. Sudah Tahukah Kamu?
Dokpri

Tahukah agan semua fakta unik mengenai kantong semar ? Mungkin diantara agan semua tahu tanaman ini bahkan mungkin ada yang yang menanam atau menjumpainya tumbuh di sekitar hutan. tapi faktanya tak banyak orang yang tahu bahwa kantong semar mempunyai keunikan-keunikan yang cukup dibilang langka. Apakah keunikannya tersebut??? Saya @prada567 akan mengulasnya di thread kali ini.

1. Memakan 6000 rayap dalam sehari.

Tanaman ini merupakan tanaman paling rakus di dunia, pasalnya mereka ternyata bisa memakan 6000 rayap dalam sehari untuk mendapatkan nutrisi. Bagian bibir kantong semar mengandung nektar yang disukai serangga. Namun setelah bagian bibir, bagian dalam memiliki permukaan licin yang membuat serangga mudah terperosok ke dalam kantongnya. Tidak ada serangga yang berhasil keluar melewati permukaan licin ini. Setelah itu ia akan mengatupkan bagian atas dan menyerap nutrisi dari serangga buruan yang terjebak di dalamnya.

2. Tak memiliki otak namun sangat cerdas.

Kantong semar memang tidak memiliki otak. Namun penelitian membuktikan bahwa kantong semar mampu mengembangkan strategi jitu untuk menjebak serangga. Kantong semar menonaktifkan katup agar tidak tertutup selama 8 jam untuk mengundang lebih banyak serangga yang datang. hal ini terkesan merugikan bagi kantong semar, tetapi nyatanya ini adalah strategi kantong semar untuk menjebak lebih banyak buruan. Kantong semar yang menonaktifkan katupnya selama 8 jam ternyata lebih banyak menjebak buruannya dari pada kantong semar yang katupnya diaktifkan sepanjang hari.

3. Toilet bagi kelelawar dibayar dengan nitrogen tinggi.

Simbiosis antara kelelawar dan kantong Semar mungkin sudah diketahui banyak orang, namun selama ini orang-orang hanya berpendapat bahwa kelelawar menjadikan kantong semar sebagai toiletnya, dan kantong Semar tidak mendapatkan apa-apa, padahal kebiasaan ini membuat kantong semar beradaptasi dan memanfaatkan hobi kelelawar yang bertengger pada kantong mereka. Urine dan feses kelelawar digunakan untuk nutrisi terhadap kantong semar. Menurut penelitian 33,8% nitrogen yang ada pada kantung semar diperoleh dari urine dan feses kelelawar. dalam hal memangsa, kelelawar tidak pernah memangsa serangga yang terperangkap dalam kantong semar. Wah benar-benar simbiosis mutualisme ya gan?

4. Merias diri untuk hewan malam.

Tahukah agan jika kantong semar merias tubuhnya dengan zat berpendar berwarna biru yang menyala dalam gelap? Warna ini mampu menarik perhatian mangsa mangsanya di malam hari. Warna dari zat ini sangat penting untuk mendapatkan makanan di malam hari, karena serangga yang biasanya menjadi makanan utama bagi kantong semar tidak keluar pada malam hari, maka dari itu tanaman ini ini merias dirinya untuk menjebak hewan di malam hari.

5. Sanggup memakan seekor tikus.

Salah satu spesies kantong semar ternyata sanggup memakan seekor tikus. Spesies ini bernama Nepenthes attenboroughii, ini merupakan spesies tanaman karnivora terbesar yang mampu menampung air sebanyak 1.5 liter. Lebar kantungnya mencapai 14 cm sehingga memungkinkan bagi seekor tikus masuk ke dalamnya. Tikus yang masuk akan ditangkap, cairan asam dan enzim yang ada di dalam kantong akan menghancurkan tubuh tikus sehingga yang tersisa hanya tulangnya saja.

6. Dapat menetralkan PH air.

Bagi para petualang yang kehabisan air, bertemu kantong semar dengan posisi kantong tertutup merupakan sebuah keberuntungan. Air yang terdapat di dalam kantong semar yang tertutup bisa diminum untuk menghilangkan haus dahaga. Karena kantong semar mampu menetralkan PH air sehingga baik untuk diminum. Namun disarankan untuk mengambil air di dalam kantong semar yang tertutup, karena jika kantong yang terbuka air tersebut sudah terkontaminasi dengan serangga yang terjebak masuk ke dalamnya. Bagi penduduk di tepi hutan mempercayai bahwa air yang ada dalam kantong semar yang tertutup dapat menyembuhkan penyakit salah satunya sebagai obat batuk.

Pic: Dokumentasi Pribadi.
Threadh : Opini dan penelitian.
Tulisan : @prada567

Nah itulah tadi fakta-fakta unik mengenai kantong semar yang tidak banyak orang tahu. Diantara kaskuser semua, tahukah fakta unik kantong semar yang belum saya tuliskan di atas? Silahkan tambahkan komentar di bawah.


Original Posted By @prada567
6 Fakta Unik Kantong Semar. Sudah Tahukah Kamu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anthony305 dan 8 lainnya memberi reputasi
pejwan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan prada567 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Yuck. Makan urin dan feses kelelawar 🤮
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan prada567 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bgus infonya gan. baru tau kantong semar sedahsyat itu....
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
keren sih baru tau juga kalo nih kantong semar bisa makan tikus, penasaran gimana
profile-picture
profile-picture
prada567 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
serem nih gan wkwkwk
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
dulu waktu sering ikut ortu berkebun di hutan sering nemuin kantong semar disini bilangnya kantong monyet, ada mitos bilangnya bagus buat anak yg telat ngomong...
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sama kayak @gaygene tidak memiliki otak tetapi bodoh dan juga suka merias diri di malam hari untuk laki laki hidung belang
profile-picture
prada567 memberi reputasi
buat bikin nasi lemang enak nih
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hahahahaha coba diteliti lagi Sepertinya penelitinya kurang teliti dah emoticon-Jempol
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Tambah satu lagi ...
Harganya cukup mahal ... emoticon-Frown
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
siapanya kantong menyan nih ? emoticon-Leh Uga
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kok bentuknya anu
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nepenthes
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Taneman ini kalo di film Warkop padahal artinya jorok yak wkwkk ternyata taneman beracun
profile-picture
prada567 memberi reputasi
ane jadi penasaran sama kantong petruk dan kantong gareng
emoticon-Leh Uga
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo dibaca dengan teliti & pemahaman yg mendalam tentang tumbuhan kantong semar ini kok amazing banget yah, dia seperti punya ikrar janji antara si kantong semar ini dengan si kelelawar, kelelawar hinggap di kantong semar & dia kencing disitu & secara alami kencingnya kelelawar itu malah nambah nutrisi utk si kantong semar itu sendiri, sementara si kantong semarnya cukup dikencingin aja sama si kelelawar & dia ngga berusaha utk memakan si kelelawar itu & si kelewar juga ngeliat ada serangga didalam kantong semar dia juga ngga berusaha utk ngambil serangga itu, cuma melakukan tugasnya aja, yaitu kencing disitu & pergi, selesai! Gua bener2 respect & takjub banget sama ciptaan TUHAN yg 1 ini.... Artikel tentang keistimewaan katong semar ini bagus banget!!
profile-picture
prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
seram ya
profile-picture
prada567 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di