CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kenapa Erick Thohir Tunjuk Pemuda 34 Tahun Jadi Direktur Telkom?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eed8e5e337f930f01628f81/kenapa-erick-thohir-tunjuk-pemuda-34-tahun-jadi-direktur-telkom

Kenapa Erick Thohir Tunjuk Pemuda 34 Tahun Jadi Direktur Telkom?

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir menunjuk Fajrin Rasyid mengisi posisi sebagai Direktur PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom.

Fajrin diplot sebagai Direktur Digital Telkom menggantikan Faizal R. Djoemadi lewat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019.

Fajrin sendiri merupakan wajah baru di BUMN telekomunikasi tersebut. Pria berusia 34 tahun ini sebelumnya merupakan Co-founder dan Presiden Bukalapak.

Erick Thohir mengungkapkan, pemilihan Fajrin sebagai Direktur Telkom didasarkan atas segudang pengalamannya mengelola Bukalapak. Apalagi, Telkom saat ini tengah fokus menggenjot pendapatan di luar segmen telekomunikasi.

Baca juga: Fajrin Rasyid Jadi Direksi Telkom, Bukalapak: Dia Orang yang Tepat

“Dengan rekam jejak dan pengalaman meski masih berusia muda, Fajrin adalah figur yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital Telkom," jelas Erick dalam keterangannya seperti dikutip pada Sabtu (20/6/2020).

"Seperti yang pernah saya sampaikan beberapa waktu lalu, Telkom harus merubah dan memperkuat strategi bisnisnya terutama di era pasca-Covid-19 terutama dalam memperkuat bisnis Telkom,” kata dia lagi.

Beberapa waktu lalu, Telkom sempat jadi sasaran kritik Erick. Bisnis perusahaan telekomunikasi pelat merah itu dinilai gagal mengikuti perkembangan zaman.

Menurut Erick, Telkom bahkan sangat mengandalkan anak usahanya, Telkomsel, sebagai penyumbang laba. Telkomsel sendiri menyumbang sekitar 70 persen dari laba Telkom.
Meski kontribusi laba Telkomsel sangat besar, Telkom juga masih harus berbagi keuntungan dengan Singapore Telecom atau Singtel yang memiliki 35 persen saham.

“Enak sih Telkom-Telkomsel dividen revenue digabung hampir 70 persen, mendingan enggak ada Telkom. Langsung aja Telkomsel ke BUMN, dividennya jelas,” ujar Erick di Jakarta, Rabu (12/2/2020) lalu.

Erick menjelaskan, seharusnya saat ini Telkom mulai serius menggarap potensi bisnis seperti ranah big data. Sebab, bisnis tersebut saat ini masih dikuasai oleh perusahaan asing.

Dikatakan Erick, Telkom malah melempem di bisnis seperti komputasi awan. Padahal, itu bisnis yang sangat potensial di saat sekarang dan masa depan.

Dia mencontohkan, saat menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) 2018 lalu, dirinya terpaksa menggunakan layanan komputasi awan dari perusahaan China, Alicloud.

Selain jadi ladang bisnis menggiurkan, kata Erick, komputasi awan juga punya peranan vital dalam urusannya menjaga keamanan negara. Telkom malah tidak bergerak lincah memanfaatkan peluang tersebut.

“Makanya kita mau Telkom berubah ke arah salah satunya ke database, big data, cloud, masa cloud-nya dipegang Alicloud. Masa database kita diambil negara lain,” kata Erick.

Setelah RUPST Tahun Buku 2019, Erick telah menetapkan target-target bagi para direksi Telkom yang baru. Namun, dia tak merinci target apa saja yang telah dicanangkan bagi jajaran petinggi Telkom tersebut.

“Dengan tantangan yang semakin besar, semua jajaran direksi Telkom yang baru memiliki KPI yang terukur. Saya sudah sampaikan pada mereka bahwa harus siap dicopot bila tidak memenuhi target-targetnya,” kata Erick.

Fajrin merupakan Presiden Bukalapak. Dia menduduki jabatan tersebut sejak 25 Juni 2018. Selama ini dia sudah tak asing dengan dunia digital, utamanya e-commerce Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai Presiden Bukalapak, Fajrin telah menjalani jabatan Chief Financial Officer selama tujuh tahun yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan. Pada tahun 2016, Fajrin terpilih menjadi CFO of The Year versi Majalah SWA.

Fajrin juga merupakan salah satu Co-Founder Bukalapak. Pria kelahiran Jakarta, 33 tahun lalu, ini merupakan lulusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB), dengan IPK 4.0 dan predikat Summa Cum Laude.

Sebelum bergabung di Bukalapak, Fajrin pernah bekerja sebagai konsultan di Boston Consulting Group (BCG). Fajrin juga aktif tampil di berbagai forum internasional dan terpilih sebagai Endeavour Entrepreneur pada tahun 2016.

https://money.kompas.com/read/2020/0...elkom?page=all

Saatnya berinovasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Mau siapapun yg menjabat

Terserah
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
baguslah, yang muda2.
slama ini yg tua udah gagal.
saatnya perubahan..

Ini yg terbaru, mantab jokowi
Kenapa Erick Thohir Tunjuk Pemuda 34 Tahun Jadi Direktur Telkom?
Diubah oleh ikardus
Lihat 1 balasan
Biar pada nggak salah nangkep dan di goreng2 emoticon-Ngacir

Kenapa Erick Thohir Tunjuk Pemuda 34 Tahun Jadi Direktur Telkom?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yxgk
Lihat 6 balasan
Termasuk bagi bagi jabatan nggak nih?
Semoga semakin banyak inovasi dan gebrakan positif ya gan
Gebrakan positif dimulai dari Indihome yang speednya dewa tanpa ada gangguan emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan Curuuuuut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Berarti otaknya cerdas respect masih muda sukses emoticon-Shakehand2
ah, bukan bagian garap indihoe ternyata,
emoticon-Ngakak


jadi tetep aja indihoe paket mahal, putus nyambung, FUP seuprit emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trimusketeers dan 2 lainnya memberi reputasi
34 tahun masih pemuda? jadi malu aku
Lihat 2 balasan
Mau siapapun direkturnya percuma kalau layanan indihomo masih blangsak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
di sisi lain juga bagus buat regenerasi kepemimpinan
2 taun lebih muda dari Zuckerberg CEO facebook
semoga bisa kerja dengan bagus

ane udah lama kaga make telkom sih
ane pakenya xlemoticon-Smilie
Diubah oleh ushirota
layanan yg sedang jalan juga perlu diperbaiki kualitasnya
FUP tiap ganti direksi makin Mengecil.
Biaya registrasi makin caur.
pasti ada yang sesuatu yang bikin si E.Thohir kesengsem. mantap pak!
FUP tetep aja mengecil, indihome harus lebih murah lah, dan persaingan dalam inovasi jangan cuma blokir .emoticon-Ngakak
profile-picture
qavir memberi reputasi
baguslah emang idealnya usia 30 an yang mimpin

yang tua2 nanti kayak engkong, ngomongnya ngaco mulu
Gile 34 taon jadi dirut emoticon-Big Grin
Ay umur 34 masi belajar nanem cabe buat masak indomi
Lihat 1 balasan
Gak masalah.

Yang penting bukan si pengecut macam Zaki yang ngabur dari bukakapak setelah twit nyinyirnya bikin bukakapak dihujat, rating satu koma, dan disemprot investor.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
neranai dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bagus lah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di