CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Rasa Iba Yang Merusak Generasi Bangsa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eed2b53e83c7209dc1ec60b/rasa-iba-yang-merusak-generasi-bangsa

Rasa Iba Yang Merusak Generasi Bangsa

Sosok wanita dengan membawa serta anak-anak kerap kita temui di persimpangan lampu merah. Dengan berpenampilan sedikit lusuh, mereka menengadahkan tangan kepada pengguna jalan yang berhenti menunggu lampu lalu lintas dengan harapan mendapat sedekah untuk membeli makan atau susu untuk anak kecil yang mereka ajak.
Entah anak tersebut anak kandungnya untuk dia paksa ikut mengemis ataupun anak kecil sewaan untuk memancing rasa iba.


Rasa Iba Yang Merusak Generasi Bangsa
Dok Satpol PP Tulungagung


Atau remaja dua sampai tiga orang dengan usia yang masih belasan tahun, bermodal gitar kecil, bahkan hanya bertepuk tangan dan bernyanyi, mereka meminta modaluntuk mereka bersenang-senang dari pengguna jalan.


Rasa Iba Yang Merusak Generasi Bangsa
Dok Pribadi


Setiap hari mereka mengharap uluran tangan dari orang yang merasa iba kepada mereka. Minimal mereka mendapat uang receh lima ratus rupiah dari tiap pengendara yang merasa iba, atau bahkan uang dua ribuan.
Uang tersebut mereka dapatkan dengan jeda 15 sampai 30 detik sekali ( waktu normal lampu merah menyala 30-60 detik dan lampu hijau 15-60 detik).

Bayangkan jika mereka dalam sehari melakukan pekerjaan tersebut dalam 4 jam, berapa pendapatan mereka dalam 1 hari?? 1 minggu?? 1 bulan????

Faktanya mereka biasa dengan mudah kalau hanya sekedar mendapatkan uang paling sedikit 1,5 juta perbulan.
Dengan penghasilan pekerjaan mudah seperti itu,mereka dapat mencicil satu atau dua buah sepeda motor,membangun rumah atau bagi remaja belasan tahun bisa untuk membeli gadget,nongkrong di warung2 kopi bahkan miras ataupun narkoba gan.



Dok Satpol PP Tulungagung


Miris memang, ketika mengeluarkan sedikit rejeki kita kepada orang yang kita pandang membutuhkan untuk membeli susu anak mereka atau untuk biaya sekolah,tetapi kenyataanya sebaliknya.

Ada pula sebagian yang acuh,terserah mau diapkai apa uangya,yang penting mereka bersedekah. Urusan menipu,itu urusan mereka dengan Tuhan nya.

Menipu??
Mereka tidak menipu kita,karena mereka tak mengatakan mereka miskin.
Mereka juga tidak mengatakan kalau uangnya akan dipakai untuk biaya cicilan motor,untuk berfoya-foya atau membeli narkoba sekalipun.
Kita yang terlalu bodoh untuk percaya kepada penampilan mereka.

Banyak orang malas bekerja yang akhirnya memilih untuk menjadi pengemis karena hasilnya menggiurkan dengan tanpa bersusah payah memutar otak atau memeras keringat. Bahkan dengan memaksa anak mereka untuk ikut mengemis.
Malu ketemu dengan orang yang kita kenal??
Gampang, tinggal mencari daerah operasi diluar kota tempat tinggal kita.



Dok Satpol PP Tulungagung


Apabila kita terus bersikap acuh seperti itu, kita juga turut andil merusak generasi muda. Dengan mendidik mental mereka untuk meminta-minta.

Mari mulai sekarang kita berfikir ulang untuk memberi uang kepada pengemis.
Kita masih bisa ber amal di tempat ibadah maupun lembaga resmi dari negara.
Mari kita hentikan kebiasaan iba kita yang berakibat merusak generasi muda gan sis.

Sekian thread dari saya, semoga bisa bermanfaat dan membuka wawasan kita bersama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Blitzboy dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pang5biru
Setujuuh breeh..
Mending sdekahin ke tempat yg pas...semisal pembangunan Musholla/Mesjid atau sedekah ke Anak Yatim dan orang tua jompo
Rasa Iba Yang Merusak Generasi Bangsa
profile-picture
profile-picture
rinfast dan stucklyst memberi reputasi
Ya, kebanyakan dari "mereka" memanfaatkan kita (memanfaatkan rasa iba) atau lebih tepatnya lagi suka mempermainkan perasaan
emoticon-Matabelo
profile-picture
dieq41 memberi reputasi
selama ini kasian ke orang yg lebih kaya
Quote:


Hu uh, betul
Bagaimana kalau ada orang yang butuh pertolongan ?
Pasti nanti disamakan dengan orang yang pura-pura

Quote:


Begitu ya
makanya kalo ngasih meteka sedekah kasih aja makan, jangan kasih uang
kan mereka sendiri yg bilang cari makan

emoticon-Cape deeehh
Lihat 1 balasan
Dihabisi ajalah pengemis2 sehat enggak cacat masih muda! Eksekusi ditempat!
Lihat 2 balasan
Say sering kasih tahu bapak saya jangan kasih uang ke pengemis, tapi bapak saya ngotot bilang investasi ke pahalaemoticon-Hammer (S)
profile-picture
monkeydfarly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
"...Ada pula sebagian yang acuh,terserah mau diapkai apa uangya,yang penting mereka bersedekah..."

"....Apabila kita terus bersikap acuh seperti itu, kita juga turut andil merusak generasi muda...."

baca KBBI,
bedakan "acuh" dan "tidak acuh"
Diubah oleh cacarakan
Rasa Iba Yang Merusak Generasi Bangsa
Makanya ane cuma ngasih ke org tua yg emang udah gak punya daya buat bekerja. Kalo masih muda mah ngapain emoticon-Matabelo
Karna di mari di utamakan minta maap
jeleknya tuh malah dimanfaatin sama orang2 yg gamau kerja tapi pengen banyak duit
emoticon-Cape d...
musti dibina dari usia dini agar mandiri
ditambah sekolah gratis emoticon-Ngacir
'Nggak seperti itu juga, lah ... Tapi bedain dengan golongan anak punk, yah.
Mereka sendiri (anak jalanan) tidak memilih untuk dilahirkan pada sikon seperti itu.
Kalau mereka mampu sekolah segala macam, mungkin mereka akan memilih itu ketimbang harus mencari duit di jalan.
Terkait ini, sebetulnya kita tidak sedang bicara mengenai iba, tapi cenderung mawas diri, terkait sikon yang ada pada diri kita dan masyarakat sekitar kita.

Yang perlu dibina/dibimbing/diarahkan itu adalah agar mereka bisa memanfaatkan uang hasil perolehannya itu dengan benar. Ditabung buat sekolah, atau beli tanah di desa buat saat tua nanti atau semacamnya.
pengemis musiman itu ada koordinatornya,
secara fisik lebih bersih, lebih seger, ga singkron sama pakaian lusuh yang di pake pengemis musiman.
rata2 tuh pengemis musiman dari luar daerah, klo didaerahnya ga layak disebut pengemis
(ada yg punya rumah bagus, motor banyak, sampe punya mobil juga)

emang klo mau sedekah sih bebas2 aja sama siapa.
tapi ada baiknya, sedekah ke orang yang bener2 butuh.

#cerdas dalam sedekah.
biar tujuan membantu nya tercapai.
Salah satu hal yang sering membuat ane mikir sih ini, kadang tuh kita selalu berusaha ngasih uang buat pengemis, tapi kalo ada yang jualan sesuatu yang jelas-jelas udah berusaha malah kita cuekin, emang jadi renungan buat kita semua sih
profile-picture
Blitzboy memberi reputasi
Welcome to negeri dimana rasa iba dan simpati lebih bisa menjual daripada keringat kerja keras


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di