CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eecad25a2d19578fa12bab3/5-mitos-transmisi-manual-dan-otomatis-yang-salah-kaprah

5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah


5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah

5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah

Transmisi manual dan otomatis merupakan dua jenis transmisi yang digunakan di berbagai moda transportasi darat seperti sepeda motor dan mobil. kedua jenis transmisi ini memiliki cara penggunaan dan mekanisme yang sangat berbeda satu sama lain.

Akibat perbedaan keduanya, ada banyak perdebatan yang terjadi di antara para pengguna kendaraan. Beda manual dan otomatis seringkali menjadi perbincangan yang tak kunjung usai. Padahal, sejatinya kedua jenis transmisi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Sebagai akibat dari perdebatan yang tak kunjung usai, kini ada banyak sekali mitos seputar transmisi manual dan otomatis yang sebenarnya tidak memiliki dasar alias salah kaprah. Mitos-mitos ini cenderung menyesatkan para pengguna kendaraan sehingga perlu untuk dicari tahu kebenarannya. Berikut adalah beberapa mitos tersebut:


Kendaraan dengan Transmisi Otomatis Perawatannya Lebih Mahal


5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah

Mitos yang satu ini tentu pernah Anda dengar; kendaraan dengan transmisi otomatis memiliki nilai perawatan mesin yang jauh lebih mahal daripada transmisi manual. Faktanya, perawatan kendaraan dengan transmisi otomatis cenderung lebih murah daripada kendaraan dengan transmisi manual.

Selain itu, jangka waktu perawatan transmisi otomatis lebih panjang daripada transmisi manual sehingga biaya perawatan yang dikeluarkan tidak sebesar yang Anda bayangkan.


Mobil Bertransmisi Otomatis Tidak Bisa Diderek


5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah

Banyak orang percaya bahwa mobil bertransmisi otomatis yang mogok di jalan tidak bisa diderek, padahal, faktanya mobil dengan transmisi otomatis pun bisa diderek sama seperti mobil dengan transmisi manual.

Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum menderek mobil matic adalah dengan mencari tahu letak penggerak mobil. Pastikan posisi penggerak mobil matic Anda berada dalam posisi terangkat mobil derek. Apabila posisi penggerak berada di depan, maka bagian depan mobil harus terangkat dan hanya ban belakang saja yang menyentuh jalan. Hal ini akan mengurangi risiko katup valve pada mobil matic rusak saat diderek.

Kendaraan Bertransmisi Otomatis Lebih Boros


5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah

Faktanya, boros tidaknya pemakaian bahan bakar pada kendaraan tidak hanya berasal dari sistem transmisi saja. Kondisi jalan, cara mengemudi, serta tipe mesin yang digunakan turut memengaruhi intensitas konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan.

Sebagai catatan, pada jalur bebas hambatan, transporter kendaraan otomatis justru lebih irit daripada manual. Sementara di jalur yang lebih padat, kendaraan harus sering melakukan stop and go, transmisi manual memang sedikit lebih unggul.

Kopling Pada Transmisi Manual Boleh Diinjak Setengah Saat Pindah Gigi


5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah

Sebagian besar pengendara mobil percaya bahwa kopling pada transmisi manual boleh hanya diinjak setengah saat hendak melakukan pergantian gigi. Faktanya, menginjak kopling setengah-setengah justru dapat memperpendek usia kampas kopling karena kopling akan bergesekan dengan pelat mesin.

Supaya mesin aman dan kopling awet, injaklah kopling hingga habis saat hendak melakukan pergantiaan gigi pada kendaraan bertransmisi manual.

Tranmisi Manual Lebih Kencang dari Transmisi Otomatis


5 Mitos Transmisi Manual dan Otomatis yang Salah Kaprah

Pada dasarnya, kecepatan transmisi kendaraan dipengaruhi oleh rasio gigi dan gardannya. Oleh sebab itu mitos yang satu ini dapat dikatakan salah kaprah. Beda manual dan otomatis tidak memiliki hubungan dengan kecepatan sebuah kendaraan melainkan bergantung pada kepasitas mesin yang digunakan.

Itulah 5 mitos seputar transmisi manual dan otomatis yang salah kaprah. Anda selaku pengguna kendaraan sebaiknya tidak mudah percaya dengan berbagai isu seputar mesin kendaraan yang tidak berdasar tanpa melakukan riset mendalam terlebih dahulu. Sebagai saran, gunakan juga jasa asuransi kendaraan bermotor dari ACA agar kendaraan Anda mendapatkan jaminan perlindungan dari berbagai risiko kerusakan.



SOURCE : https://aca.co.id/Product-News-Detai...g-Salah-Kaprah


profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Untuk poin pertama gw rasa bukan mitos ya soal tranmisi matik perawatan nya lebih mahal dr manual ... Karna awal muncul kendaraan metik. . kl ada kerusakan cari teknisi nya susah .. mesti ke tempat bengkel resmi itu pun ada beberapa pengalaman ... Setelah keluar bengkel resmi permasalahan nya blm tentu clear banyak permasalahan yg timbul .( Kondisi awal muncul kendaraan matik ) sedang manual kl terjadi kerusakan kebengkel abang2 pingir jalan aja masalah bs diatasi .. suku cadang nya pun banyak pilihan ... Kl sekarang mungkin udah gak gitu bedaa
profile-picture
SenaP99 memberi reputasi
yang nulis kayaknya belum pernah ngrasain ngrawat mobil matic ye..
profile-picture
profile-picture
decodeca dan SenaP99 memberi reputasi
kendaraan pribadi ane pake matic gan, dan boros semua... hehehe
kalo kend opr kantor pake manual dan irit krn pake solar hahaha
profile-picture
shofisco memberi reputasi
Udah jamannya otomatis emoticon-Recommended Seller
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
ane dimarahin pas latian mobil manual, injek koplingnya gak full wkwk
Jangan heran nanti ada sopir ga mau mengendarai mobil metik emoticon-Big Grin,
bukan sombong Gan emoticon-Hammer (S),
krn byasanya pengendara mobil manual tahu rasio tiap tenaga gear ktika berkemudi lincah untuk cepat, ya ada engine brake gitu untuk nangangani pengereman besar tiap pindah gear emoticon-Big Grin,
klo dipaksain ngendarai metik malah bisa bahaya Gan emoticon-Big Grin krn mereka biasa mamfaatin mesin juga untuk pengereman optimal emoticon-Hammer2
Lihat 2 balasan
Keren ya kemajuan zaman
Save manuals


kelak banyak orang nggak bisa pake transmisi manual.
kalau transmisi matic biasanya di lampu merah baiknya di posisikan ke N atau tidak ?
aduhh manual emg oke sihbwkwk apa lg manual elektronik
wah bener nihh hal.hal kecil.kaya gini harus kita perhatikan supaya mobil kita awet dan ga membahayakan diri kita dan orang lain nih gan sis
kalo ane si lebih pilih naik angkutan umum ya gan sis dengan biaya yang murah juga bisa mengurangi polusi nih gan sis
makasih gan infonya menarik dan bermanfaat banget buat ane jadi tau lebih bnnyak soal transmisi mobil kaya giniii keren banget deh thread nyaa


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di