CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Gallery & Tutorial /
Cara Mengatasi Mainboard PC Hanya Mau Hidup Tanpa Case
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeca8135cf6c45e334b9241/cara-mengatasi-mainboard-pc-hanya-mau-hidup-tanpa-case

Cara Mengatasi Mainboard PC Hanya Mau Hidup Tanpa Case

Bebagi pengelaman dalam hal service dan Install Komputer yang baru saja saya selesaikan. Saya mendapatkan job service komputer yang cukup membuat saya super pusing dan menghabiskan waktu satu hari lebih untuk memperbaikinya.

Singkat cerita, ada salah satu pelanggan saya yang mengeluh dimana ketika komputer dinyalakan dan start booting windows namun tidak sampai selesai tiba-tiba saja komputer mati dan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Sudah dipastikan kondisi koneksi listrik melalui kabel power dan tombol power aman, dan juga power supply dalam kondisi masih prima.

Setelah saya cek ala kadarnya dan coba ganti Power Supply meskupun sudah dipastikan power supply bawaan PC tidak bermasalah, komputer tetap tidak mau hidup sama sekali. Saya pun merasa penasaran, biasanya hal seperti ini langkah untuk cek lebih mendalam adalah dengan mengeluarkan mainboard dari case dan mencoba menyalakannya tanpa case dengan melepas komponen tambahan seperti VGA Card. Hasilnya Mainboard masih hidup dan bisa menyala dengan normal.

Cara Mengatasi Mainboard PC Hanya Mau Hidup Tanpa Case

Dari sini saya menarik kesimpulan, penyebab komputer tidak mau hidup adalah karena adanya komponen mainboard yang ngeground dengan case melalui baut. Solusinya adalah dengan melapisi baut menggunakan karet khusus seperti tampak pada foto di bawah ini:

Cara Mengatasi Mainboard PC Hanya Mau Hidup Tanpa Case

Biasanya setelah baut dilapisi karet, masalah komputer yang tidak mau hidup karena adanya masalah ground mainboad dapat teratasi. Untuk memastikan masalah adanya ground mainboard penyebab komputer tidak mau hidup adalah dengan menghidupkan mainboard di luar case. Baca Selengkapnya...



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di