CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPK: Kartu Prakerja Berpotensi Fiktif dan Tidak Efektif
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eec8c2f97751355951e1f57/kpk-kartu-prakerja-berpotensi-fiktif-dan-tidak-efektif

KPK: Kartu Prakerja Berpotensi Fiktif dan Tidak Efektif

Ada empat aspek Program Kartu Prakerja yang bermasalah berdasarkan tinjauan KPK, salah satunya Materi Pelatihan.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!
 
KPK Sebut Program Kartu Prakerja Tidak Efektif, Kenapa?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan adanya potensi kerugian keuangan negara serta permasalahan dalam tata kelola dalam program pemerintah terkait kartu prakerja.

Potensi kerugian negara didapat setelah KPK melakukan kajian, bahwa metode pelatihan dalam program tersebut dilakukan secara daring sangat tidak efektif.

"Metode pelaksanaan program pelatihan berpotensi fiktif, tidak efektif, dan merugikan keuangan negara," ungkap Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengutip dari ayobandung.com, Jumat (19/06).
 
Berdasarkan pemaparan KPK, ada empat hal yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Pertama, data PHK yang dirilis Kemenaker bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ada 1,7 juta pekerja yang dirumahkan dan di-PHK.

Namun faktanya, yang terdaftar program Kartu Prakerja secara daring sekitar 143.000 orang.

KPK: Kartu Prakerja Berpotensi Fiktif dan Tidak Efektif
 
Kedua, ada anggaran yang tidak efisien sebesar Rp 30,8 miliar untuk fitur face recognition untuk pengenalan peserta program Kartu Prakerja.
Pasalnya, penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dianggap sudah memadai.

Ketiga, masalah yang sudah disorot dan sudah diduga sebelumnya, yakni keterlibatan delapan perusahaan platform digital tidak melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Adapun, KPK menemukan lima dari delapan perusahaan ini punya konflik kepentingan dengan lembaga penyedia pelatihan.

Kelimanya adalah Skill Akademy (Ruangguru); Pintaria (HarukaEdu), Sekolahmu, MauBelajarApa.com dan Pijar Mahir.

Konflik kepentingan terjadi karena lembaga pelatihan juga merupakan platform digital atau kolaborator dalam program Kartu Prakerja.

KPK menilai pelatihan daring dalam program ini dianggap tak memenuhi kompetensi yang memadai. Dari total 1.895 pelatihan, hanya 13% yang memenuhi syarat dari sisi materi dan penyampaian secara daring.

KPK: Kartu Prakerja Berpotensi Fiktif dan Tidak Efektif
 
Keempat, materi pelatihan tidak berbayar. Kajian KPK menyebut dari 1.895 materi pelatihan daring ini ternyata 89% tersedia di internet, termasuk di laman prakerja.go.id.

"Dari 1.895 pelatihan kita ambil contoh 327 pelatihan secara acak lalu kita cek di internet ada tidak yang menyediakan secara gratis? Ternyata 89 persen ada! Nama dan kontennya saja yang berbeda, jadi hanya 11 persen dari pelatihan yang benar-benar pantas dibayar atau hanya sekitar 200 pelatihan," Ungkap Alex mengutip dari bisnis.com.

KPK berpendapat pelatihan daring berpotensi fiktif dan tidak efektif sehingga merugikan keuangan Negara karena program pelatihan seperti ini bersifat satu arah dan tidak ada pengawasan.
 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Program Kartu Pra Kerja yang ditandanganinya pada 26 Februari 2020.

Dalam situasi pandemi covid-19, program tersebut diharapkan menjadi instrumen untuk penyaluran bantuan sosial.

Program ini memiliki anggaran mencapai Rp 20 triliun dengan target peserta mencapai 5,6 juta orang.

Adapun rincian total insentif pasca pelatihan sebesar Rp 2,4 juta per orang, intensif survei kebekerjaan sebesar Rp 150 ribu per orang, dan bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta per orang.
 KPK: Kartu Prakerja Berpotensi Fiktif dan Tidak Efektif
 
Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.
 
Sumber Referensi:
Finansialku.com - https://www.finansialku.com/empat-pr...artu-prakerja/


Vendy Yhulia Susanto. 19 Juni 2020. KPK merekomendasikan program Kartu Prakerja dikembalikan ke Kemenaker. Kontan.co.id
Redaksi. 19 Juni 2020. Polemik Kartu Prakerja, KPK Sampaikan 7 Rekomendasi kepada Pemerintah. Kabar24.bisnis.com
Roy Franedya. 19 Juni 2020. KPK Minta Kartu Prakerja Gelombang 4 Disetop Dulu, Nah Lho! Cnbcindonesia.com
Redaksi. 18 Juni 2020. Program Kartu Prakerja, KPK Sebut Ada Potensi Kerugian Negara. Ayobandung.com



profile-picture
Mister.Fampir memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
jadi gimana menurut kaskuser? emoticon-Big Grin
kartu pran kerja...kpk kayak polusi india...duit dah pada ngalir ke platform baru ngehe klo ada yg gak beres...kan gubluk
profile-picture
profile-picture
ashardwiastanto dan hantumasam memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Program prematur dipaksa lahir
yang penting kan bagi2 duit dolo sama buzzer


ntar tinggal ngutang aja kalo menkeu bilanh gak ada duit
profile-picture
profile-picture
syahwani.kaskus dan alslakraditossh memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
lah dari awal juga udah banyak yang bilang begitu.
cuma kupingnya aja pada budeg ketutupan duit triliunan. lol
kita lihat apakah kpk mau ngusut
profile-picture
sagutumbuk memberi reputasi
Cuma berpotensi doang
Ga bakal diusut juga soal penunjukkan app online kartu prakerja
kpk auto kadrun emoticon-Leh Uga
Baru skrg? trus dr polemik awal kemana aja anemoticon-anjing ..
anggap aj kayak bansos
Kelas online dibayar triliunan. Kan begoemoticon-Leh Uga
profile-picture
chisaa memberi reputasi
mana saya tahu

kok tanya sayaemoticon-Marah
Tapi bukannya ini kerjaan BPK? Udah ada audit belum?
Harusnya tag team lah, supaya klo emang ada pelanggaran bisa langsung ditindak KPK
Klo cuma gini doang terkesan hanya lempar isu doang, ga ada penindakan
Salah satu program gagal
Harsnya pemerintah membuat program padat karya yang berhubungan dengan penanganan wabah
kemana aja bos? baru nongol sekarang.
pahlawan kesiangan emoticon-Wkwkwk
program yang dari sejak awalnya masih berupa ide di kampanyekan di pilpres sudah menjadi kontroversi...

gua masih inget politisi muda PSI waktu itu sapa namanya gw lupa debat di TV mati2an membela program ini...

gw pengen liat mukanya tu politisi skr pada saat ini kek gimana ya ?


..............emoticon-linux2
profile-picture
chisaa memberi reputasi
KPK berani gitu? KPK yg baru kan belum ada kabarnya emoticon-Big Grin
Sudah dinikmati buzzer seperti @smogal program sia-sia, ruang guru uda g di usut
yg penting anggaran cair.... paham kan
Belva cs bakalan gak bisa tidur kayae ini program mulai di colek kpk
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di