CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa itu Internet of Things (IoT)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eec445ef4d69537f31a69c0/apa-itu-internet-of-things-iot

Apa itu Internet of Things (IoT)

Apa itu Internet of Things (IoT) Mengenal IoT
 
Monstermac.id – Mengenal IoT. Sudah saat nya kalian tahu tentang IoT seperti apa? kenapa IoT ini berpengaruh di kehidupan sehari-hari kita.  Bukan hanya di film-film menggunakan teknologi yang benar-benar keren tetapi secara nyata bisa di aplikasikan di dunia nyata ini.
Internet dalam penggunaan sistem IoT nya sangat mempengaruhi. Jaringan Wi-Fi menjalankan semua kegiatan kita. Menjalankan mesin air, menemukan barang yang hilang pembayaran dll. Itu semua terhubung dengan smartphone anda. Segala sesuatu yang hanya dibayangkan kini dengan Internet Of Things (IoT), Semua itu bisa menjadi kenyataan. Begitulah konsep dari Internet Of Things (IoT).

Sejarah
Kevin Ashton pada tahun 1999 mengeluarkan konsep di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lagi lainnya.
Pernah denger “The Next Big Thing” tentang teknologi informasi IoT diprediksi seperti itu saking banyaknya perusahaan yang menggunakannya. 

Internet of Things di kembankan perusahaan untuk mengembangkan program tersebut. Salah satu yang menyediakan program ini adalah Intel dengan IoT Developer Program mereka.
Jika kita melihat dari artinya Internet of Things adalah Internet dari peralatan-peralatan/ perangkat-perangkat. Jika di artikan dengan mudah adalah bagaimana koneksi internet dari peralatan-peralatan yang biasa digunakan.

Definisi Internet Of Things (IoT)
Berikut ini merupakan penjelasan dari definisi Internet Of Things (IoT) dari beberapa sumber yang dirangkum:

Casagras (Coordination and support action for global RFID-related activities and standardisation)
Menurut Caragas, IoT adalah sebuah infrastruktur jaringan global, yang dapat menghubungkan perangkat keras dan virtual melalui eksploitasi data capture serta kemampuan komunikasi. Dalam Infrastruktur terdiri dari jaringan yang sudah ada dan internet serta pengembangan jaringannya.Sehingga, IoT ini menawarkan objek, sensor dan kemampuan koneksi agar dapat menyediakan layanan dan aplikasi kooperatif yang independen.

SAP (Systeme, Anwendungen and Produkte)
Menurut SAP, bahwa dunia Internet Of Things (IoT)  merupakan sebuah benda-benda perangkat keras yang diintegrasikan ke dalam jaringan informasi secara berkesinambungan, serta di mana benda-benda fisik tersebut dapat berperan aktif dalam proses bisnis.

ETP EPOSS
Menurut ETT EPOSS, Bahwa IoT merupakan jaringan yang dibentuk oleh benda yang memiliki identitas,  Pada dunia maya dengan cara beroperasi di ruang itu dengan menggunakan kecerdasan perangkat untuk terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna, konteks sosial dan lingkungan. Internet Of Things merupakan sebuah konsep yang memiliki fungsi untuk memperluas konektivitas pada Internet yang tersambung secara terus – menerus. Internet of Things atau biasa disebut dengan IoT sudah berkembang pesat diseluruh dunia.

 
Unsur-Unsur yang harus ada di Internet Of Things
Anda perlu mengetahui beberapa unsur yang masuk sebagai bahan dasar dari pembuatan Internet Of Things (IOT), perangkat-perangkat ini sangat mempengaruhi bagaimana Internet Of Things (IOT) bisa berjalan. Berikut ini unsur-unsur yang diperlukan dalam membentuk Internet Of Things (IOT)

Sensor – Sensor merupakan perangkat yang sangat canggih dimana alat ini bisa menangkap atau mendapatkan informasi terkait dari hal-hal tertentu seperti sensor gerak, suhu, udara, panas, dan lainnya.

Konektivitas – Konektivitas disini berfungsi sebagai penghubung dan pertukaran informasi yang terjadi pada Internet Of Things (IOT). Konektivitas ini biasanya yang dibutuhkan harus stabil namun tidak perlu dalam bentuk yang besar juga.

Perangkat yang Berukuran Kecil – Perangkat kecil ini dapat mendukung dan meningkatkan ketepatan, skalabilitas dan fleksibel dalam pengembangan IoT. Dan teknologi memang seperti itu makin kecil makin murah dan lebih kuat.

MonsterMac saat ini telah mendalami IoT. Dari produk MonsterMac salah satunya berhubungan dengan pertanian. Ada beberapa kategori yang buat oleh MonsterMac ini

Security:
Smart IoT ATM Protection (SIAP)
Smart IoT Panic Button System (SIPANICS)

Farming, Medical, & Tracking:
Smart Tani
Smart Infusion Medical System (SIMEDICS)
Smart IoT Parking System (SIPARKING)

Artificial Inteligence:
Autonomous IoT Robotics
Inteligence Computer Vision

Semoga dengan informasi ini anda dapat Mengenal IoT lebih dalam.
[hr]

Whatsapp
Klik dibawah ini untuk  mendapatkan penawaran spesial!
Whatsapp
DOWNLOAD OUR COMPANY PROFILE






profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan riendzy92 memberi reputasi
Pertamax berhasil diamankan

Laporan selesai...
emoticon-Cool
Jadi inget pelajaran TIK waktu SMA yak kalo baca yang beginian hahaha
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
mungkin jaringan internet di Indonesia kecepatan nya minimal harus setara dengan yg ada di korea. ±28 mb/sekon, baru nyaman dah pake IoT 👍
apalagi untuk bisa menggerakan suatu sistem energi yang vital


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di