CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Tips Menyimpan Rempah dan Bumbu Dapur Agar Tahan Lama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eec23848d94d006452b6c63/tips-menyimpan-rempah-dan-bumbu-dapur-agar-tahan-lama

Tips Menyimpan Rempah dan Bumbu Dapur Agar Tahan Lama

Di Indonesia, sepertinya kurang pas kalau masakan tidak memakai rempah-rempah atau bumbu dapur ya. Rempah dan bumbu dapur merupakan elemen penting yang tidak bisa dipisahkan, maka dari itu dibutuhkan rempah dan bumbu yang berkualitas dan masih segar. Penyimpanan yang salah akan mempengaruhi rasa bumbu dapur dan membuat nya cepat rusak. Nah, kira-kira bagaimana sih cara menyimpan bumbu dapur dengan tepat gan and sis? 

1.  Beli bumbu dalam keadaan utuh
Agar bumbu dan rempah bisa bertahan lama, beli lah dalam keadaan utuh, jangan yang sudah digiling atau diolah. Karena walau terlihat praktis, bumbu yang sudah diolah lebih rentan rusak, menggumpal, dan berjamur jika tidak disimpan dengan benar. Bukan hanya itu saja, melainkan bumbu yang dibeli secara utuh memiliki aroma yang lebih harum.
 


2.  Jangan terkena matahari secara langsung
Seperti jenis makanan lainnya, bumbu dapur tidak boleh terkena sinar matahari langsung, karena bisa membuat bumbu berubah warna, berbau busuk, serta mengering. Contoh bumbu yang cepat membusuk adalah tomat dan cabai

 

3.  Sangrai dahulu sebelum disimpan
Menyangrai terlebih dahulu dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kandungan airnya sehingga tidak mudah terkontaminasi oleh mikroorganisme yang menyukai tempat lembab dan basah.

-


-
-

Masih ada beberapa tips untuk menyimpan bumbu dapur dengan benar nih gan and sis! Selengkapnya cuma di website Goodlife.id klik link disini yaemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di