CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Penting!!!? Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dibandara Saat Corona (Agar Bisa Berangkat)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb9e18c8208443c23b855d/penting-hal-hal-yang-perlu-disiapkan-dibandara-saat-corona-agar-bisa-berangkat

Penting!!!? Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dibandara Saat Corona (Agar Bisa Berangkat)

Assalamu'alaikum wr. Wb agan2 dan sista sekalian, pada kesempatan kali ini ane akan berbagi tips kepada teman-teman sekalian hal-hal ap saja yang perlu dipersiapkan bagi teman-teman yang ingin berpergian dengan menggunakan mode transportasi udara (pesawat) pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Apa yang akan ane sampaikan berdasarkan pengalaman ane saat melakukan perjalanan dari jakarta (Bandara Soekarno Hatta) menuju Banjarmasin (Bandara Syamsuddin Noor)..

Oke daripada putar-putar kaya sepatu roda, mari langsung ane jelaskan hal yang perlu dipersiapkan, yang Pertama: hal terpenting yang perlu teman-teman Siapkan yakni surat keterangan Non-reaktif rapid ataupun Surat Keterangan Negatif SWAB covid-19, eitz.. perlu diingat masa berlaku surat keterangan Non-Reaktif hanya 3 hari terhitung mulai dari hari pelaksanaan Rapid-Test sementara untuk Surat Keterangan Negatif Swab-Test masa berlakunya selama 5 hari terhitung mulai dari hari pelaksanaannya, jadi untuk agan dan sista yang ingin melaksanakan perjalanan pastikan melaksanakan Rapid dan Swab dengan jangka waktu yang dekat pada waktu keberangkatan,, kalau ane sih sehari sebelum keberangkatan..

Hal kedua yang perlu agan dan sista siapkan yakni sebelum ke Bandara anda sebaiknya memfotocopy surat keterangan Rapid ataupun Swab yang anda miliki, karna namti ada beberapa lembar yang akan diambil oleh petugas pemeriksaan. Pengalaman ane karna belum tahu kalau perlu di fotocopy banyak sopir dadakan yang jadi tukang anter fotocopy dan minta bayaran yang lumayan.

Hal terakhir yang perlu anda siapkan yakni dengan mendownload Aplikasi EHac Indonesia yang tersedia di Playstore hanya untuk android sementara untuk pengguna IPHONE akan melakukan registrasi melalu website. Dan paling terakhir polpen gan.

Disetiap bandara dibagi beberapa pos pemeriksaan, pada kesempatan ini juga ane akan meberikan alur perjalanan ane mulai dari pintu keberangkatan sampai ke ruang tunggu ataupun ke bandara tujuan. Baik yang ke-

1. Pos Masuk pintu keberangkatan.
Petugas akan mengecek surat ket. Agan dan sista sekalian, apakah masa berlaku nya sesuai atau tidak, apabila sesuai dipersilahkan Masuk.

2. Pos antrian input Aplikasi
Dipos ini agan dan sista harus menginput Aplikasi yang bernama Aplikasi EHac Indonesia, tersedia di playstore untuk cara inputnya anda akan diajarkan oleh petugas di pos tersebut, cukup mudah. Berikut gambar

Penting!!!? Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dibandara Saat Corona (Agar Bisa Berangkat)

Penting!!!? Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dibandara Saat Corona (Agar Bisa Berangkat)

Penting!!!? Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dibandara Saat Corona (Agar Bisa Berangkat)

*Download di playstore
*Masukkan email dan kata sandi yg anda inginkan
*Buka pengunjung
*Tambah Ehac-Ehac Domestik Indonesia.
*Isi form yang telah disediakan dan simpan.

3. Pos verifikasi surat keterangan.
Dipos ini surat ket. Rapid ataupun Swab akan diverifikasi lebih rinci lagi dan apabila memang sesuai prosedur akan diberikan cap tanda verifikasi. dicap dilembaran asli dan fotokopi nya, dan beberapa lembar fotokopinya disimpan oleh petugas

Penting!!!? Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dibandara Saat Corona (Agar Bisa Berangkat)

4. Setelah itu selesai, agan dan sista sudah dapat melakukan chek-in. Syarat untuk check-in yaitu memberikan selembar fc surat ket yang telah dicap verifikasi.
Petugas chek-in juga memberikan kertas kuning (Kartu Kewaspadaan Kesehatan) yang harus diisi oleh penumpang (pakai polpen yang sudah dibawa), daftar yang harus diisi di kartu ini hampir sama dengan di aplikasi Ehac Indonesia.

Penting!!!? Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Dibandara Saat Corona (Agar Bisa Berangkat).

Sekarang agan dan sista sudah dapat berangkat sesuai dengan bording pass yang kalian dapatkan,, ingat yah jangan sampe ketinggalan pesawat.

5. Pos Tujuan
Setelah anda sampai ketujuan kalian, anda cukup memperlihatkan barcode yang ada di aplikasi Ehac kalian atau dengan memperlihatkan kartu kuning tadi

Bagaimana...??? Rumit bukan, kalau ad yang mau nanya tinggalkan aja di kolom komentar ,
saran aja nih kalau ingin berangkat harus lebih cepat jangan sampai ntar kelamaan ngantri dan waktu check in nya udah habis, kan kasihan hehe,
Dan Satu lagi kalau emang gak mendesak gak usah kemana2 dulu, mending tiduran dirumah jadi Anggota Rebahan Indonesia hahaha.

Ya udah gini aja yah tips dan trik bagi agan2 dan sista yang mau beerpergian menggunakan Moda transportasi udara,, semga bermanfaat yah, hehehemoticon-Lempar Bataemoticon-Ngamukemoticon-Repost



Biaya Swab Test mahal gan, bisa sampai ratusan hingga jutaan....
betul gan, kalau kemarin ane bayar 300 untuk buat surat ket. rapid,, kalau buat ket. Swab akan lebih mahal lagi, tapi kayaknya tarif tiap daerah beda-beda sih....
Agan TS, surat2 minimal dipotokopi berapa banyak,
terus menurut TS, bagusan beli tiket atau tes dulu, kalo beli tiket dulu terus tes reaktif, buanglah itu tiket, kalo tes dulu baru beli tiket, bisa jadi mahal amat karena beli yang besok atau 2 hari lagi, atau malah g ada seat pula, buang la itu surat tes? 🤔
kalau ane 10 lembar cukup ada lebihnya lagi buat jaga2. memang aturannya gitu mas, kalau kemarin ane tes dulu setelah hasilnya non reaktif, ane baru mesan untuk penerbangan esoknya untung masih ada.
Kalo udah ada EHac, ngapain ngisi kartu kuning lagi? inilah yang dimaksud oleh Australia, birokrasi kita tidak efisien...
kalau sudah sampai di kota tujuan, apakah akan di karantina dulu gan? emoticon-Bingung
ketika sampai di bandara tujuan gak dikarantina mas,, tpi ketika sampai ke alamat yang dituju tergantung pemerintah setempat


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di