CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Palembang /
Ketahui 5 Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Lezat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb8d28c8393a18db5d2950/ketahui-5-makanan-khas-palembang-selain-pempek-yang-lezat

Ketahui 5 Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Lezat

Ngomongin makanan khas palembang, ralat ding, sebenarnya makanan-makanan yang akan saya bahas di sini nyebar ke seluruh daerah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, termasuk daerah saya Lubuklinggau.

Tapi karena Palembang yang lebih terkenal, maka nggak masalah kalau judul postingan ini saya bikin demikian. Baca juga 5 Fakta tentang Palembang.

Berikut ini Makanan Khas Palembang Selain Pempek
Selama ini mungkin yang banyak diketahui oleh orang-orang makanan khas Palembang itu adalah Pempek. Setidaknya ini yang terkenal dari Sabang sampai Merauke barangkali. Nah postingan kali ini saya harap bisa menambah pengetahuanmu tentang makanan khas Palembang lainnya.
1. Laksan
Laksan adalah turunan dari Pempek, bahan dasarnya hampir sama kayak bahan yang dipakai untuk membuat Pempek. Hanya saja disajikan dengan cara yang lain.
Jika Pempek cukup direbus lalu digoreng dan dimakan pakai "cuko", Laksan menggunakan kuah santan. Jadi kalau kamu beli Pempek, dan pengen nyobain makan Pempek dengan sensasi yang lain, ada baiknya mencoba Laksan ini.
Ketahui 5 Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Lezat

Cara membuat Laksan
Anggap saja Pempeknya sudah punya. Jadi tinggal bikin kuah santannya aja. Siapkan aja beberapa bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, santan, garam, gula, dan merica.
Bumbu di atas jumlahnya sesuai selera aja, kalau pengin pedas ya cabainya dibanyakin. Intinya bumbu utamanya sih cuma itu aja. Kalau sudah disiapin, haluskan semua bumbu sampai benar-benar halus.
Kalau sudah, tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak secupnya. Tunggu sampai muncul aroma harus mewangi dan menggoda. Lalu tuangkan santan ke dalamnya.
Aduk-aduk, siapkan potongan Pempek, maksudnya Pempek yang ada dipotong-potong, lalu masukkan ke dalam santan tadi, masak sebentar, cicipi, kalau sudah sip, angkat. Selesai, Laksan khas Palembang siap disajikan.
Selengkapnya silakan simak di https://lagendamahsuri.com

Diubah oleh mahsuri


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di