CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Aceh Memang Beda, Satu2nya Provinsi yg Bisa Lobi Arab untuk Dapat Kuota Haji Sendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb66fa88b3cb4abc770691/aceh-memang-beda-satu2nya-provinsi-yg-bisa-lobi-arab-untuk-dapat-kuota-haji-sendiri

Aceh Memang Beda, Satu2nya Provinsi yg Bisa Lobi Arab untuk Dapat Kuota Haji Sendiri

Aceh Memang Beda, Satu2nya Provinsi yg Bisa Lobi Arab untuk Dapat Kuota Haji Sendiri


JAKARTA – Pemerintah Aceh diminta memanfaatkan kondisi pandemi Covid-19 untuk melobi Arab Saudi agar memberikan kuota haji secara terpisah kepada Aceh, di luar kuota nasional. Jika dapat kuota khusus, maka daftar tunggu haji Aceh yang kini mencapai 29 tahun bisa dipangkas lagi.

Hal itu disampaikan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Muhammad Fadhil Rahmi menyusul pemerintah sudah membatalkan pengiriman jamaah Indonesia pada penyelenggaraan haji 2020 akibat wabah virus corona.

"Karena tahun ini pemerintah Arab Saudi tidak menerima jamaah haji dengan alasan Covid-19, ini menjadi momen bagi Aceh untuk mewujudkan rencana tadi. Aturan disiapkan dan mungkin lobi untuk kuota haji terpisah. Ini memungkinkan karena kita memiliki histori tersendiri dengan Arab Saudi," kata senator lulusan Al Azhar Kairo ini di Banda Aceh, Senin (15/6/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Syech Fadhil, Aceh bukan sesuatu yang asing bagi Arab Saudi. Aceh memiliki aset di Makkah berupa Baitul Asyi atau rumah orang Aceh yang merupakan wakaf dari ulama Aceh Abdurrahman Bin Alwi Al-Habsyi atau lebih dikenal dengan Habib Bugak Al-Asyi.

"Salah satunya mungkin melalui Baitul Asyi di sana. Jadi berbicara Aceh tak asing. Yang perlu sekarang adalah bekerjasama para pihak-pihak terkait di Aceh," ujarnya.

Fadhil juga meminta pemerintah menyempurnakan regulasi yang memungkinkan Aceh memberangkatkan jamaah haji secara independen atau terpisah dari nasional. "Hal ini merujuk pada Undang Undang Pemerintah Aceh, Pasal 16 poin 2 huruf e," ujar anggota Komite III DPD RI yang membidangi agama.

Pada Pasal 16 poin 2 disebutkan,”urusan wajib lainnya yang menjadi kewenangan Pemerintahan Aceh merupakan pelaksanaan keistimewaan Aceh yang antara lain meliputi (a) penyelenggaraan kehidupan beragama dalam bentuk pelaksanaan syari’at Islam bagi pemeluknya di Aceh dengan tetap menjaga kerukunan hidup antarumat beragama, (b) penyelenggaraan kehidupan adat yang bersendikan agama Islam, (c) penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas serta menambah materi muatan local sesuai dengan syari’at Islam, dan (d) peran ulama dalam penetapan kebijakan Aceh.

Kemudian pada poin (e) disebutkan,'penyelenggaraan dan pengelolaan ibadah haji sesuai dengan peraturan perundangundangan'. "Jadi poin ini memungkinkan untuk kita untuk melaksanakan keberangkatan jamaah haji secara independen," katanya.

"Legislatif dan eksekutif Aceh bisa menyempurnakan regulasi yang sudah ada maupun yang masih kurang untuk lebih optimal pada tahun depan. Harapannya Raqan (rancangan qanun) Haji dan Umrah yang sedang disiapkan sekarang harus fokus untuk mengejewantahkan isi pasal 16 Undang-Undang PA tersebut, jangan hanya sebagai raqan yang menjiplak UU Haji regulasi nasional," ujarnya.

Jongos Arab


subhanallah, aceh memang beda,
aceh mampu mendikte dan memeriintah majikannya arab saudi, dibanding pemerintah pusat emoticon-Mad (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ntar jadi covid klaster arab saudi
profile-picture
profile-picture
qavir dan extreme78 memberi reputasi
segitunya emoticon-Big Grin
serah kalian dah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
qavir dan extreme78 memberi reputasi
AsEmmmmm.
Kalo sudah nolak, malah malu
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
gertakkk saja saudi.... kall ga mau nurutin kamj ga akan hajii lagiiii...


emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
I.Just.Run dan extreme78 memberi reputasi
Kuota berdasarkan negara
Mana ada provinsi emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini memungkinkan karena kita memiliki histori tersendiri dengan Arab Saudi," kata senator lulusan Al Azhar Kairo ini di Banda Aceh, Senin (15/6/2020).

mungkin loh ya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
saudi memang mau kasih kuota? sedangkan ngga ada satu pun negara yg dikasih masuk buat haji.

bangsa aceh merasa superior yaah?
LOL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
I.Just.Run dan 2 lainnya memberi reputasi
aceh merasa menjadi sebuah negaraemoticon-Leh Uga

Tapi mank sihemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
Ga kapok juga ini acehnistan kena cobaan 2 kali, DOM ama tsunami
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
29 tahun daftar tunggunya. emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Urusin dulu provinsi elu, biar keluar dari predikat provinsi termisqueen se sumatra, baru sesumbar minta kuota haji khusus, jgn ampe ada masyarakatnya yg tdk mampu nabung puluhan tahun cm abis buat haji, balik ke aceh cuma dpt title haji, dana hari tua di abisin di serambi mekah ori, balik ke serambi mekah kw sengsara kembali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Biarkanlah mereka tetap bermimpi
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Urusan haji sigap, urusan kesejahteraan masyarakatnya kapan atuh, kayanya emang ga ada rem orang" fanatiknih emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
lah hasilnya gimana? kalo soal lobi2an ya ga usah di gembor2in alias pencitraan sehidung eh semata
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Aceh Memang Beda, Satu2nya Provinsi yg Bisa Lobi Arab untuk Dapat Kuota Haji Sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69.style dan 3 lainnya memberi reputasi
Harus dapat quota, sudah serambi Mekkah masa ga dapat?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Gimana gak dapat quota sendiri. Wong di sana ngejalanin hukum yang ada unsur aturan dari arab kok. Makanya dibilang serambi mekah. Soalnya udah jadi anak buah arab. Jelas dikasih. Gak usah banggain yang kayak gitu. emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
nggak kepikiran apa ya kalo ntar bisa aja membawa virus kesana atau sebaliknya
emoticon-Ngakak kadrun memang tak tau malu. coba dipikir ya. itu haji ditutup buat seluruh dunia. jangankan aceh, penduduk mekkah sendiri aja gak bisa haji taun ini
Lihat 1 balasan
Quote:


Belom tentu ah gan. Kalo ganja bebas ditanam, mungkin papua yg bakal jadi propinsi terkaya karena luas wilayahnya. Apalagi lahannya masih banyak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di