CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Asal Usul Sensor Dan Nasibnya Kini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb5862c0cad743876b4a4a/asal-usul-sensor-dan-nasibnya-kini

Asal Usul Sensor Dan Nasibnya Kini

Asal Usul Sensor Dan Nasibnya Kini

Pasti udah pada kenal dengan sensor kan? Sensor adalah penekanan terhadap kebebasan berbicara atau pemberantasan materi komunikasi yang bertentangan atau tidak sesuai dengan pemerintah atau organisasi media yang saat ini kita kenal sebagai lembaga sensor.

Lalu sejak kapan sensor ini ada? Sensor sudah dikenal sejak jauuuuuuhhh sekali sejak tahun 399 SM. Saat itu filsafat terkenal Socrates mengajarkan hal hal yang dianggap berbahaya kepada murid muridnya. Pemerintah Yunani pun langsung menghukum mati Socrates dengan menyuruhnya minum sianida.

Jadi sensor itu sebenarnya bukan hanya soal film namun juga media media lain seperti radio atau bahkan ucapan sekalipun. Di masa presiden soeharto dulu ada banyak orang yang menghilang hanya karna salah berucap, itu adalah salah satu bentuk sensor.

Namun sekarang sensor paling terkenal adalah sensor yang biasa kita lihat di televisi. Sensor itu dapat berupa pemotongan adegan, blur atau hitam putih.

Asal Usul Sensor Dan Nasibnya Kini

Awalnya sensor ini tidaklah begitu mengganggu namun seiring berjalannya waktu sensor ini terasa semakin menyebalkan. Memang fungsi sensor adalah untuk melindungi penonton akan konten konten yang mungkin menganggu atau tidak membuat nyaman seperti adegan berdarah atau pornografi namun sensor saat ini (terlebih di indonesia) sudah terasa kelewat batas.

Asal Usul Sensor Dan Nasibnya Kini

Coba lihat foto sendy si tupai diatas. Apakah jika blurnya dihilangkan itu akan mengganggu anda? Atau apakah anda punya fetish terhadap tupai sehingga foto diatas membuat anda s*nge? Kalau iya segera periksalah ke dokter.

Sensor film saat ini sangatlah mengganggu karna dinilai terlalu berlebihan. Kata kata semacam 'bodoh' dan sedikit belahan dada pun di sensor. Ini jelas mengurangi kenikmatan dalan menonton film. Percaya atau tidak dulu sensor film tidaklah separah itu.

Namun jika anda berpikir sensor di indonesia sangat parah maka anda salah. Indonesia hanya mendapat skala 6 dalam keketatan sensor.

Asal Usul Sensor Dan Nasibnya Kini

Negara dengan sensor tertinggi adalah korea utara dimana segalanya dipantau oleh pemerintah sehingga rakyat bahkan tak boleh bebas memilih gaya rambut.

Di negara lain film atau kartun juga di sensor dan ada lo yang lebih parah dari indonesia. Contohnya thailand yang belahan dada pria pun ikut di sensor.

Asal Usul Sensor Dan Nasibnya Kini

Namun anehnya kenapa sensor di indonesia hanya ketat terhadap kartun saja? Banyak sinetron yang konten ceritanya jauh lebih dewasa dan tidak pantas seperti pelakor atau poligami namun bebas dari sensor. Ini adalah pertanyaan besar bagi perfilman negara ini.

Sensor memang baik karna bisa menjaring hal hal yang mungkin membuat masyarakat cemas namun penyensoran yang berlebihan tidaklah baik karna dapat semakin meningkatkan rasa penasaran akan hal yang di sensor. Contohnya rokok, tanpa di sensor pun kita tau jelas itu rokok dan banyak sekali orang yang merokok di tempat umum jadi apa gunanya menyensor rokok?

Semoga lembaga sensor mau berkaca akan keterbukaan dan sifat transparan. Bila ini terus berlanjut maka suatu saat seluruh layar kaca televisi hanya akan berisi blur.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 8
btw lembaga sensor indonesia itu bukan kpi tapi lembaga sensor film alias lsf. jadi kalau protes sensor protes sama lsf, bukan pada kpi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mapaygawir dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Ralat :
Sensor pd film memang dilakukan sama LSF..
Tp utk tayangan tv, yg melakukan sensor ya tv itu sendiri secara mandiri, berdasarkan panduan P3SPS..
Jd tdk benar kalau dikatakan yg melakukan sensor di tv itu LSF..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
robicodeone dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
"Bila ini terus berlanjut maka suatu saat seluruh layar kaca televisi hanya akan berisi blur."
semoga hal ini tidak terjadi
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evvhanzz dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Lebih suka sensor yang begini emoticon-Big Grin

Asal Usul Sensor Dan Nasibnya Kini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nozomi.tojo dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Quote:


Hmm.
LSF itu urusannya sama film yg tayang di bioskop Gan.. dia jg yg melakukan sensor ..
Kalau KPI itu urusannya sama konten tv.. tp tv sendiri yg melakukan sensor.. sensor ini dilakukan berdasarkan rambu2 yg dikeluarkan sama KPI dlm bentuk peraturan yg dikasih nama P3SPS..
Tp kalau tv melanggar, KPI yg bakal ngasih sanksi..
Semoga bisa mencerahkan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irmanator dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
mungkin layarnya ber embun emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evvhanzz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sebenernya bagus, tapi kadang aneh juga si jatuhnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evvhanzz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ud mls nntn tv youtube atau neflix plingan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evvhanzz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Kenapa kocak yak jadinya wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evvhanzz dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Quote:


Nah iyaaa tempat kita jadinya maksa, mana tetep mbayang kan malah waguuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
justru disensor orang penasaran, ada apa dibalik kabut putih itu ? emoticon-cystg
jaman dulu film2 di tv paling dipotong bagian ciuman doang yg lainnya ga...
misal kek serial Baywatch dulu ga pake blur2an emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Dah lama gak nonton TV jadi ga tau perkembangan sensor tipi emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
udah semua aja disensor, blurin aja dah
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kasihan bener si socrates disuruh minum sianida. sianidanya masuk ke kopi kan?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 4 balasan
pernah dngar bhw tg menyensor bukan KPI tpi dari pihak televisi yg terlalu takut mendpat teguran KPI. Jadi dripada kena tegur, sensor aja sesuai aturan
masalahnya yg buat aturan di KPI, beberapa fanatik yg cenderung condong terhdap suatu ajaran dimana interpretasi dia masih diperdebtkan, cohtoh kartun berbeha apakah di sensor atau tidak.

klau kyak gini trus dunia televisi disitu2 aja, kayak azab. ide cerita jadi terbatasin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh steven.thereds
Yg gw suka gedeg tuh, film action tapi bagian berantemnya dipotong. Lagian tayang udah jam tengah malem, mana ada bocil yg nonton, anak gw aja dah mimpi indah di kasurnya wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
natashyaa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nenen sapi aja kena sensor.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Sensor banyak dilakukan dalam menampilkan video atau gambar lainnya, serta tulisan. Nasibnya kini sudah hampir repot, karena media sosial sudah semakin vulgar dan masif.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mending nonton radio lama2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 4 balasan
sensor jaman sekarang sudah kelewatan batas,
banyak film2 barat di kolam renang saja di potong atau di skip, sampai ga jelas isi filmnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di