CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Spiritual /
Bagaimana Meditasi Secara Islami
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb56a6facb95183107d134/bagaimana-meditasi-secara-islami

Bagaimana Meditasi Secara Islami

Bagaimana Meditasi Secara Islami
Artikel ini membahas kebajikan dari perhatian dan keheningan dalam tradisi Islam. Ini benar mengkonseptualisasikan meditasi dalam Islam dan menyajikan latihan praktis untuk perhatian sehari-hari yang dapat membantu kita mengolah muraqabah dengan Allah dan batin kita.

Kebajikan Perhatian
Mindfulness secara linguistik didefinisikan sebagai “kualitas atau keadaan sadar atau sadar akan sesuatu,” dan lebih khusus lagi, “Keadaan mental dicapai dengan memfokuskan kesadaran seseorang pada saat ini, sementara dengan tenang mengakui dan menerima perasaan, pikiran, dan sensasi tubuh seseorang. , digunakan sebagai teknik terapi. ” [1] Dalam konteks psikologi modern, perhatian adalah “alat yang dapat kita gunakan untuk memeriksa kerangka kerja konseptual.” [2] Dengan mengamati dengan cermat bagaimana kita berpikir dan merasakan, kita memperoleh kemampuan untuk mengubah kerangka kerja konseptual kita, atau pola pikir, untuk keuntungan kita sendiri. Ketika kita berada dalam keadaan lalai, kita bereaksi terhadap pikiran dan emosi secara spontan dan membiarkan mereka menuntun kita ke mana pun mereka mau. Sebaliknya, menumbuhkan kondisi perhatian memberi kita kemampuan untuk mengikuti atau tidak mengikuti pikiran kita seperti yang kita pilih.

Dengan kata lain, perhatian adalah bentuk metakognisi (“kesadaran akan kesadaran seseorang”), kesadaran diri akan apa yang sebenarnya terjadi di dalam pikiran dan hati seseorang. Ini adalah fenomena yang menarik perhatian para psikolog dan profesional kesehatan, menghasilkan ratusan makalah ilmiah, studi, dan buku tentang kesadaran setiap tahun. Menumbuhkan perhatian, bahkan dalam konteks non-religius atau netral, telah ditunjukkan untuk memberikan manfaat kesehatan dan kesejahteraan yang terukur. Menurut American Psychological Association, banyak studi peer-review menunjukkan bahwa praktik mindfulness (seperti relaksasi atau meditasi) membantu mengurangi stres, meningkatkan memori, meningkatkan fokus dan konsentrasi, mengurangi reaktivitas emosional, dan meningkatkan hubungan pribadi. Praktek mindfulness juga mempromosikan empati dan kasih sayang dan secara efektif digunakan dalam terapi kognitif klinis. [3] Bidang perhatian yang berkembang, dalam sains dan praktik spiritual, adalah perkembangan menarik yang patut diselidiki secara kritis.

Dalam konteks Islam, perhatian adalah keutamaan dari muraqabah , sebuah kata yang berasal dari akar makna “untuk menonton, mengamati, menghargai dengan penuh perhatian.” [4] Kita sudah dapat melihat kedekatan etimologis dan linguistik antara “perhatian” dan muraqabah . Sebagai istilah spiritual teknis, ini didefinisikan sebagai “pengetahuan konstan tentang hamba dan keyakinan dalam pengawasan Kebenaran, kemuliaan bagi-Nya, atas kondisi luar dan batin seseorang.” [5] Artinya, seorang Muslim dalam keadaan muraqabah adalah dalam pengetahuan penuh yang terus menerus bahwa Allah sadar akan dirinya, secara batiniah dan batiniah. Ini adalah kondisi kesadaran diri yang penuh kewaspadaan dalam hubungan seseorang dengan Allah dalam hati, pikiran, dan tubuh. Dasar dari muraqabah adalah pengetahuan kita bahwa Allah selalu mengawasi kita setiap saat dan, sebagai konsekuensinya, kita mengembangkan perhatian dan kepedulian yang lebih besar terhadap tindakan, pikiran, perasaan, dan kondisi batin kita sendiri. Seperti yang Allah katakan, “Ingatlah bahwa Tuhan tahu apa yang ada dalam jiwa Anda, jadi perhatikanlah Dia.” 

read more


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di