CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bingung Daftar Jurusan SBMPTN Atau Nyiapin Jurusan Buat Ujian Mandiri? Ini Tipsnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb2f3482d495326c138aa4/bingung-daftar-jurusan-sbmptn-atau-nyiapin-jurusan-buat-ujian-mandiri-ini-tipsnya

Bingung Daftar Jurusan SBMPTN Atau Nyiapin Jurusan Buat Ujian Mandiri? Ini Tipsnya

Bingung Daftar Jurusan SBMPTN Atau Nyiapin Jurusan Buat Ujian Mandiri? Ini Tipsnya
Semangat buat kalian kalian yang SBMPTN tahun ini ya, Walaupun gosipnya tesnya lebih gampang, jangan underestimate yang penting belajar terus aja udah bodo amat mo gampang mo susah. Bagus juga kalau ikut bimbel bimbel sana sini buat ngatur waktu belajar juga. Jangan kasih kendor ya walaupun corona ini, jadiin kesempatan aja walaupun saingannya banyak, udah gapapa gas terus.

Bingung Pilih Jurusan?
Aku cerita dari pengalaman aja ya. Gini ni, aku kasih contoh misal ada 2 pilihan. Simpel aja milihnya , pilihan pertama itu pilihan yang emang kalian sukai. Misal kalian hobby kimia, pilih deh teknik kimia. Nah pilihan yang kedua itu pilih yang sekiranya sesuai dengan kemampuan kalian. Misal gini nih kan biasanya ada tingkat kesulitan jurusan tuh. Nah misal gini Teknik Sipil lebih susah masuk daripada Teknik Metalurgi, nah kalian ga bisa nerapin kaya judi ngawur aja aku pilih teknik sipil karena ak lebi suka disana. Inget kalian cuma punya 2 pilihan dan jangan kualifikasi pilihanya sama.

emoticon-Coolcoolemoticon-Cool

Kalau misal bingung ngukur kemampuan kalian sampai mana, rajin rajin lah latian soal. Perbanyak jam terbang kalian di latihan soal biar kalian bisa kenal personality soal tu kaya gimana. Ibaratnya pilihan kedua ini lebih realistis lagi, udah misal kemampuan kalian di jurusan B misalnya udah terima aja. Kecuali kalau kalian masih mau nyoba di ujian mandiri yang ini bisa lebih susah lagi, dan biasanya kena uang gedung malah. Kebanyakan universitas tuh kasih tagihan uang gedung biasanya tinggi loh, jarang ada yang sukarela gitu. 

Bingung Daftar Jurusan SBMPTN Atau Nyiapin Jurusan Buat Ujian Mandiri? Ini Tipsnya

Tips Pilih Jurusan Yang Kurang Kenotice
Aku awalin dulu ya sebelum masuk ke inti. Nggak sedikit stigma yang beredar di masyarakat tentang jurusan yang kurang ke notice ini jelek gitu kayak langsung kenak stigma mau jadi apa ntar. Nah belum tentu gan, aku kasih contoh ya kayak ini misalnya ya bukan aku nyiptain stigma baru. Ini aku jelasin gini karena emang pengalaman dan kondisi masyarakat tu emang gini. Misal nih ada jurusan pertanian, nah stigmanya terus mau jadi apa? . Sebenarnya kan banyak banget ilmu yang bisa digunain di situ kayak rekayasa pertanian misalnya trus kalian bisa jd pengusaha botani, weh gede loh penghasilannya. Sebenarnya pilihan pertama kalian yang didasari hoby itu ujiannya disini biasanya, kalo udah mantep yaudah biarin orang ngomong apa. Gini loh, pantai please ini 2020 dan masih ada yang bilang kalau masuk jurusan B mau jadi apa? itu old school, biarin aja.

Bingung Daftar Jurusan SBMPTN Atau Nyiapin Jurusan Buat Ujian Mandiri? Ini Tipsnya

Aku kasih contoh aja ya ini. Contoh ni, pasti jarang ada yang denger Teknik Metalurgi padahal prospeknya bagus banget. Jadi belajarnya tentang pengolahan logam, dari yang ngolah dari sesudah ditambang, terus rekayasa sifatnya, lalu sampe bikin ke produk jadi. Misal nih baru baru ini MIT pake ilmu itu buat neliti alatnya yang katanya bisa ningkatin kualitas alatnya ( cek di Techspot.com). Nah tapi jarang orang yang notice, orang taunya sipil, kedokteran, farmasi. Padah tipe tipe jurusan kayak gini tuh banyak loh. Aku jelasin maksud kurang dinotice disini tuh peluang ketrimanya lebih gede daripada yang terlalu di up dan dunia kerja butuh banget. Misal kaya aktuaria , kriminologi, trus oseanografi. Nah jadi banyak banyak baca biar tahu sebnere apa si yang dibuthin biar aku bisa berkontribusi. 

Bingung Daftar Jurusan SBMPTN Atau Nyiapin Jurusan Buat Ujian Mandiri? Ini Tipsnya

Gitu Yaaaa
Semangat buat yang mau menempuh SBMPTN. Ada sisa satu peluan di ujian mandiri. Gunain peluang ini sebaik mungkin dan jangan putus asa. Semua bidang keilmuan itu terpakai gan, jangan dengerin stigma yang berkembang di masyarakat. Calon mahasiswa harus bisa open minded dan bisa memilah milah mana info bener dan mana info cuman opini aja. Kan udah diajarin mana fakta mana opini, jadi harus bisa bedain mana yang udah terbukti benar dan mana yang belum terbukti. 

Source : Pengalaman Pribadi emoticon-angelangelemoticon-Angel
Kalo saran dari ane sih harus udah tau apa tujuan ke depannya, harus ngulik soal lapangan kerja
profile-picture
cyoga17 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di